Yuk, Cari Tahu Apa Fungsi Google Analytics! 

Semakin maju teknologi, memudahkan para pebisnis dalam mengembangkan usahanya. Salah satu metode yang tengah populer yakni digital marketing, seperti penggunaan website. Supaya tahu perkembangannya, Anda perlu memantau traffic atau lalu lintas website tersebut. Sebab dari situ dapat menjadi bahan evaluasi pengembangan bisnis Anda. 

Mengapa traffic? Karena dari situ Anda bisa melihat banyaknya pengunjung dan seberapa besar animo pada produk tersebut. Oleh karenanya, Anda wajib mengecek traffic melalui tools seperti Google Analytics contohnya. Apa fungsi Google Analytics? Ini penjelasannya! 

Fungsi Google Analytics Bagi Bisnis 

Ketika Anda memanfaatkan website sebagai salah satu media promosi dalambisnis, maka perkembangan dapat dilihat dari lalu lintas situs tersebut. Berapa banyak pengunjung dan juga analisis lainnya. Di sinilah manfaat Google Analytics akan terasa begitu krusial untuk keberlangsungan usaha Anda. 

Jadi, apa sebenarnya fungsi Google Analytics? Berikut ini penjelasan lengkapnya! 

1. Memantau Traffic Secara Real Time

Fungsi yang pertama yaitu memantau lalu lintas pengunjung yang membuka situs Anda. Tidak hanya sampai di situ, selain jumlah pengunjung tetapi juga beragam aktivitas yang mereka lakukan saat berkunjung ke situs Anda pun akan terlihat analisisnya. 

Data tersebut akan diperbaharui dengan cepat, sehingga informasi yang Anda peroleh sudah pasti terkini. Dari data tersebut, pihak digital marketer akan lebih mudah mengevaluasi, meningkatkan lalu linta dan memastikan kinerja bisnis Anda berlangsung optimal. 

2.  Informasi Pengunjung 

Fungsi lain dari alat ini adalah memberikan data terkait informasi pengunjung. Sebut saja seperti usia, jenis kelamin, aktivitas ketika berkunjung, ketertarikan, perangkat yang digunakan, lokasi, dan lain sebagainya. 

Apa fungsi informasi tersebut bagi bisnis digital Anda? Tentu saja untuk bisa mengetahui kebutuhan pasar, preferensi mereka akan produk serupa, serta memastikan pengunjung merupakan potential customer atau target yang relevan bagi bisnis Anda. 

3. Menganalisa Kinerja SEO 

Anda dapat memantau kinerja SEO atau optimasi mesin pencarian dari informasi kata kunci paling dicari, perangkat yang mereka gunakan, serta aktivitas mereka kala berselancar di situs tersebut. 

Dari situ, Anda bisa menentukan langkah atau strategi pembuatan konten berikutnya agar lebih banyak dikujungi. Semakin besar volume pengunjung, otomatis pemasaran lebih luas dan peluang pengembangan bisnis jauh lebih besar. 

Dari penjelasan di atas, jelas sudah bahwanya fungsi Google Analytics sangat bereperan penting bagi kelangsungan dan perkembangan bisnis digital yang memanfaatkan layanan dihital ads. Jadi, jika Anda salah satu pebisnis yang memanfaatkan periklanan online, akan lebih baik jika memaksimalkannya.

Caranya, yaitu dengan menggandeng jasa profesional di bidang digital marketing dan optimasi SEO seperti boleh dicoba.  Dengan didukung tenaga profesional di bidangnya dan telah mengantongi sertifikat, boleh dicoba akan memaksimalkan kinerja website untuk memastikan bisnisi berjalan dengan baik. 

Jangan ragu! Karena boleh dicoba telah membuktikan kualitasnya, dengan membantu lebih dari 800 mitra. Sebuah kepercayaan yang tidak akan didapat tanpa kinerja yang optimal pastinya.