10+ Review Tentang Pantai Lovina di Bali ! Lihat Ada Sejarahnya


Kita tahu bahwa di Lovina Bali menyuguhkan banyak sekali tempat wisata, rekreasi dan juga pemandangan yang begitu luar biasa indahnya. seperti kamu #eaaaa. Salah satunya adalah tempat yang bakal kita review bagaimana cantiknya tempat ini sampai-sampai terdengar saking indahnya keluar negeri karena banyak sekali para wisatawan asing yang berlibur ke tempat ini. Tahukah tempat yang saya singgung ini ? ya betul Pantai Lovina di Bali.

Mari Kita Mengenal Ada Apa sih di Pantai Lovina Bali ini!

1. Sejarah Tentang Pantai Lovina Di Bali

keindahan pantai lovina

Menyinggung sejarah mengenai Pantai Lovina, pastinya tak bisa lepas dari sosok Anak Agung Panji Tisna. Nama Panji Tisna, yang juga sering ditulis Pandji Tisna, sekitar tahun 1950’an, beliau ini sering sekali melakukan perjalanan wisata termasuk ke beberapa negara di benua Eropa dan juga Asia. Yang membuat beliau merasa tertarik adalah terutama ketika beliau mengunjungi India dan melihat kehidupan bermasyarakat di sana. Selama beberapa minggu, beliau tinggal di daerah Bombay, mengamati kondisi dan cara hidup di sana, kemudian dari hasil pengamatannya ini, beliau kemudian terinspirasi dan mempengaruhi cara pikir juga wawasan beliau ke depan untuk pulau Bali, khususnya untuk pembangunan kesejahteraan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Buleleng.

1.1 Sosok Pandji Tisna dan Latar Belakang Pantai Lovina Bali

pandji tisna

Sementara itu, Pandji Tisna juga mengamati suatu tempat yang ditata dengan indah bagi orang-orang yang berkunjung dan berlibur di pantai. Tanah tersebut mempunyai kesamaan dengan yang beliau miliki di Pantai Tukad Cebol, Kabupaten Buleleng. Hal itu menginsipirasi beliau untuk menciptakan tempat peristirahatan bagi turis seperti apa yang sudah beliau temui tersebut.

1.2 Asal Muasal Nama "Lovina" di Bali

lovina bali

Sekembalinya beliau dari melancong ke luar negeri, pada tahun 1953, Pandji Tisna segera mengungkapkan inspirasinya kemudian mulai membangun sebuah pondok di tanah yang beliau miliki. Pondok tersebut ia beri nama “Lovina”. Tempat itu dimaksudkan untuk para pelancong atau wisatawan atau turis yang ingin beristirahat. Pondok itu dilengkapi dengan kamar tidur sebanyak 3 buah untuk menginap serta sebuah mini restaurant di dekat pinggir pantai. Dengan demikian, Lovina Bali sukses beliau bangun.

1.3 Bisnis Pandji Tisna Tentang "Lovina" di Bali Belum Menarik Wisatawan

bisnis pandji tisna

Namun para pengamat budaya lokal menyatakan bahwa bisnis Pandji Tisna tersebut tidak dapat berjalan lancar. Terlebih lagi nama “Lovina” terdengar asing di telinga masyarakat Bali. Mereka menilai bahwa pembuatan pondok tersebut masih terlalu dini. Pada tahun 1959, Pandji Tisna memindahtangankan bisnisnya ini kepada salah seorang kerabatnya yang bernama Anak Agung Ngurah Sentanu. Di bawah pengelolaan Ngurah Sentanu, bisnis ini cukup baik meski belum ada turis yang singgah, hanya ramai oleh teman Pandji Tisna yang berasal dari Eropa dan Amerika serta pejabat pemda dan pengusaha-pengusaha yang datang berlibur.

1.4 Perekonomian di Lovina Berkembang Hingga Saat Ini

wisatawan lovina bali

Setelah sempat mengalami masa-masa keterpurukan akibat menurunnya perekonomian di Singaraja serta anjuran pemerintah untuk tidak menggunakan nama Lovina namun diganti dengan nama-nama lokal saja, akhirnya Lovina bangkit dan dihadirkan kembali atas permintaan para pebisnis serta agen perjalanan. Lovina diubah menjadi “Lovina Beach Hotel” dan tak lama kemudian menjadi sebuah nama pemersatu 6 pantai di sekitarnya yaitu Pantai Binaria, Pantai Banyualit, Pantai Kubu, Pantai Penimbangan, Pantai Temukus serta Pantai Tukad Cebol. Pantai-pantai tersebut tergabung dalam jajaran “Pantai Lovina”.

2. Lovina Bali, Pantai Penuh Pesona di Pulau Dewata Bali

pesona lovina bali

Sedang berlibur ke Bali? Atau Anda berencana berlibur ke Bali? Mungkin, belum banyak dari kita yang tahu bahwa Bali itu tak hanya Kuta dan Sanur saja. Masih ada pantai-pantai lainnya yang tak kalah menarik. Memang, Pantai Kuta dan Pantai Sanur layaknya primadona bagi wisatawan yang berkunjung di Bali, namun siapa yang bisa menikmati keindahan pantai jika kondisinya terlalu padat dan ramai? Jika demikian, mengapa tak mencoba ke Lovina Bali saja? Ini dia kelebihan yang dimiliki dari Lovina Bali.

2.1 Pantai Lovina sering disebut juga Si Hitam Manis

pasir pantai lovina

Meski tidak berpasir putih seperti Kuta, pantai ini tetap tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebutan “Si Hitam Manis” layak disematkan untuk pantai ini. Berjajar perahu nelayan serta panorama yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri pantai ini bagi para turis asing maupun lokal. Jadi tak ada salahnya, Anda mencoba berkunjung ke sini.

2.2 Pantai di Lovina Bali ini, Ada Atraksi Lumba Lumba

atraksi lumba lumba

Pantai berpasir hitam ini, selain masih alami lokasinya dan banyak perahu tradisional nelayan yang beraneka warna yang berjajar rapi di pantai ini. Pantai Lovina memiliki pesona lainnya, yaitu adalah atraksi lumba-lumbanya. Jika di pantai-pantai lainnya kita tidak bisa menemukan atraksi menakjubkan oleh para lumba-lumba, maka disinilah tempat yang cocok.

2.3 Jadwal Atraksi Lumba-Lumba di Pantai Lovina Bali Pagi Hari

jadwal atraksi lumba lumba lovina

Kawasan obyek wisata Lovina memang sangat terkenal dengan adanya pertunjukan lumba-lumba liar yang bisa Anda saksikan tanpa harus membayar lebih layaknya sirkus lumba-lumba di kebun binatang. Selain itu, disini, Anda bisa sekaligus menyaksikan sunrise karena atraksi lumba-lumba liar ini biasanya muncul antara jam 6 sampai jam 8 pagi. Wow.. Pati sangat menarik bukan? Ada lagi, travelers, jika ingin menikmati perjalanan dengan menggunakan perahu nelayan juga bisa. Anda tinggal menyewa perahu nelayan dan minta diantar berkeliling di lautan sekitar pantai. Dijamin aman dan sangat menyenangkan karena arusnya tenang sehingga banyak wisatawan yang juga menyukai hal ini.

2.4 Begini Cara Supaya Bisa Melihat Pertunjukan Lumba-Lumba di Lovina

cara melihat lumba lovina

Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba liar, Anda bisa berlayar dengan perahu pada jarak sekitar 1 kilometer dari bibir pantai. Ratusan lumba-lumba akan berkumpul di sekitar Anda, berenang-renang dengan ceria, melompat ke permukaan air laut atau ada yang berenang dengan santai. Dijamin, tak akan membosankan. Betapa tidak, kapan lagi bisa melihat atraksi alami semacam ini? Kesan pertama melihatnya pasti akan membuat Anda merasa takjub dan terharu. Betapa indah dan lucunya hewan-hewan ini seolah menyambut kedatangan Anda.

Nah.. Akan sangat disayangkan bukan jika Anda melewatkan pesona dan daya tarik pantai ini ketika Anda sedang ke Bali? Ayo jangan sampai ketinggalan. Segera rencanakan liburan Anda ke pulau Bali dan nikmati keindahan Lovina Bali ini

3. Keunikan Yang Ada di Pantai Lovina Bali

keunikan pantai lovina

Travelling atau berlibur di Pulau Bali jangan hanya mengunjungi Pantai Sanur atau Pantai Kuta saja, sempatkanlah diri Anda untuk travelling di Lovina Bali. Pantai ini tidak kalah istimewanya dari pantai-pantai lain di Bali, termasuk Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Pantai Lovina terletak di Desa Kalibukbuk, termasuk dalam wilayah Kabupaten Buleleng, Bali. Pantai ini berjarak sekitar 9 kilometer dari Kota Singaraja.

3.1 Keunikan Pantai Lovina Memiliki Pasir Pantai yang Berwarna Hitam

pasir hitam pantai

Pantai Lovina juga memiliki keunikannya tersendiri, tidak kalah pamor dengan pantai-pantai lain. Meski pantainya berpasir hitam, pantai ini memiliki pesona lain. Pesona pantai ini adalah ombak pantainya tidak terlalu besar seperti di Pantai Kuta, angin nya sejuk membuat Anda merasakan ketenangan dan kenyamanan. Berjemur dan berenang di pantai ini bisa menjadi pilihan Anda melepas rasa penat dan lelah.

3.2 Keunikan Lovina Memiliki Ombak yang Tenang


Karena ombak yang tenang ini pula lah yang membuat para wisatawan tertarik untuk travelling di Pantai Lovina Bali. Para wisatawan bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling, menikmati keindahan dan ketenangan lautan. Biasanya nelayan akan mengajak Anda menikmati keindahan Pantai Lovina dan lautan di sekitarnya selama kurang lebih 3 jam dengan perahu-perahu mereka. Waktu yang cukup lama untuk merilekskan diri dan berfoto-foto saat berada di tengah lautan.

3.3 Keunikan Pantai Lovina Memiliki Keindahan Panorama Terbaik

panorama lovina bali

Tidak hanya itu saja, yang paling menarik dari pantai ini selain keindahan panorama dan ketenangan ombaknya, Anda juga bisa menikmati atraksi lumba-lumba liar yang ada di tengah lautan yang berjarak tak jauh dari kawasan pantai. Itulah sebabnya mengapa pantai ini juga disebut “Dolphin Beach” atau Pantai Lumba-lumba. Memang atraksi tersebut yang menjadi keistimewaan pantai pasir hitam ini. Biasanya, para lumba-lumba ini muncul pada pagi hari, mulai jam 6 hingga jam 8-9 pagi. Dalam momen yang tepat, Anda bisa saja ikut berfoto dengan kawanan lumba-lumba lucu dan cantik ini ketika mereka muncul di permukaan. Bukan hanya itu, di jam-jam tersebut tentu Anda bisa sekalian menikmati sunrise atau matahari terbit di tengah-tengah lautan. Sungguh luar biasa bukan?

3.4 Keunikan Lovina Memiliki Rekreasi dan Hiburan Menyenangkan

bawah laut lovina bali

Jika Anda terlambat untuk mengikuti dan menyaksikan atraksi lumba-lumba liar tersebut, jangan berkecil hati. Anda masih tetap dapat menyewa perahu dan menikmati angin sepoi-sepoi di tengah lautan luas, atau menyewa peralatan snorkeling lalu mulailah menyelam dan menikmati keindahan biota dalam laut serta ikan-ikan yang indah pula. Untuk urusan kuliner pun, tidak usah khawatir, berjejer warung makan atau restoran di sekitar pantai yang menjual aneka kuliner seafood siap untuk mengusir rasa lapar Anda.

4. Lokasi Daerah Pantai Lovina Strategis



5. Review Hotel Murah Yang Ada di Pantai Lovina Bali

Rekomendasi Daftar Hotel Bintang 1 di Pantai Lovina Bali

Lovina Central Hostel


Hotel bintang 1

Angsoka Hotel Lovina



Hotel bintang 1


Rekomendasi Daftar Hotel Bintang 2 di Pantai Lovina Bali

Funky Place Lovina


Hotel bintang 2

Hotel Melamun



Hotel bintang 2


Hotel Puri Manik Sari Lovina



Hotel bintang 2


Rekomendasi Daftar Hotel Bintang 3 di Pantai Lovina Bali

Lovina Beach Hotel



Hotel bintang 3


Lovina Oasis Hotel



Hotel bintang 3


Lovina Life Room & Cafe



Hotel bintang 3




Rekomendasi Daftar Hotel Bintang 4 di Pantai Lovina Bali

THE LOVINA Bali Resort


Hotel bintang 4

Villa Teman Lovina



Hotel bintang 4


Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus berlibur dan merasakan kehangatan dan ketenangan saat berlibur ke Pantai Lovina di Bali. Tidak hanya itu saja, saya yakin Anda akan merindukan tempat ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kamu untuk bisa berlibur bareng disini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Disqus Comments

Advertisement