6 Rekomendasi Wisata Alam di Bandung Barat Instagramable


Bandung Barat menjadi salah satu wilayah yang memiliki banyak keindahan yang masih alami dan belum banyak terjamah, mulai dari curugnya yang indah, mata airnya yang jernih, pemandangan bukitnya yang menawan, danaunya yang luas lagi penuh misteri, dan berbagai jenis wisata menarik lainnya. di kawasan ini juga terdapat lumayan banyak penginapan murah yang bisa dipesan melalui berbagai aplikasi pemesanan hotel online yang ada.

Ada banyak jenis wisata yang perlu disambangi saat berlibur ke wilayah Bandung Barat, mulai dari jenis wisata buatan maupun alaminya. Berikut ini ada beberapa jenis wisata alami yang bisa menjadi rekomendasi saat berlibur ke wilayah Bandung Barat dan keren buat update isi konten instagram kamu :

  • Curug Malela

curug malela

Curug yang berada di lokasi tersembunyi dan memerlukan perjuangan untuk dapat menuju ke tempatnya ini memang memiliki panorama yang super indah, bahkan masyarakat maupun wisatawan yang mengunjungi tempat ini menyebutnya sebagai hidden paradise. Lokasinya berada di desa Cicadas kec. Rongga Gununghalu, sebuah lokasi yang berada di kabupaten dan cukup jauh dari hotel di Bandung yang bisa ditemukan.

Curug yang satu ini memang terbilang unik, karena pesonanya selain dari ketinggiannya yang mencapai 60 meter namun curug ini memiliki 5 buah jalur air yang mengalir sehingga memiliki lebar curug 70 meter. Ada aliran waduk atau sungai di bawah curug ini, sehingga pengunjung bisa melakukan kegiatan bermain air ataupun berenang. Namun sebaiknya jangan mengunjungi curug Malela saat musim hujan, selain karena alirannya yang deras dan bisa berbahaya namun area trekking juga semakin licin dan berbahaya untuk dilalui. Lihat gambar curug malela di google maps.

  • Sendang Geulis Kahuripan

sendang geulis kahuripan

Anda tidak akan bisa menemukan keindahan air bersih alami yang amat sejuk jika berada di wilayah perkotaan, karena hal seperti ini hanya bisa ditemukan di wilayah pedesaan yang lokasinya berada di pedalaman hutan yang belum banyak terjamah manusia. Salah satu keindahan alam yang satu ini bisa ditemukan di wilayah Bandung Barat, namanya Sendang Geulis Kahuripan.

Sendang Geulis Kahuripan merupakan sebuah mata air jernih yang berada di kec. Cikalong Wetan Bandung Barat, lokasinya masih jauh dari keramaian dan tentunya masih asri sehingga akses ke lokasi ini memang cukup sulit dan memakan waktu. Airnya sangat jernih dan kabar menyebutkan bahwa jika pengunjung berendam di mata air ini maka tubuhnya akan lebih sehat dan jauh dari penyakit, selain itu mata air ini juga bisa membuat kulit lebih cantik, halus, dan awet muda.

  • Hutan Pinus Cikole PAL 16

Hutan Pinus Cikole 16 PAL

Ada banyak penginapan murah di sekitaran lokasi tempat wisata yang baru saja diresmikan ini, namanya Hutan Pinus Cikole PAL 16. Lokasinya berada di kawasan Cikole kawasan Lembang. Pemandangan di kawasan hutan ini tentu sangat indah dan mengagumkan, karena ada banyak pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan daun yang rindang. Selain itu udara di lokasi ini sangat sejuk dan tentunya jauh dari polusi, karena ada banyak pepohonan yang menghasilkan oksigen di lokasi ini.

  • Stone Garden

Stone Garden

Sebuah kawasan gunung batu kapur ini memang wajib untuk dijelajahi oleh Anda saat berkunjung ke wilayah Bandung Barat, tepatnya di kampung Girimulya desa Gunung Masigit kec. Cipatat. Meski dinamakan Stone Garden, namun masyarakat sekitar wilayah ini lebih populer menyebutnya dengan nama Pasir Pawon.

Keindahan alam yang bisa dijejali di kawasan ini memang luar biasa, padang rumput yang hijau, bebatuan nan indah, dan yang lebih menarik adalah sejarah tempat ini sendiri yang benar-benar menarik.

  • Situ Lembang

Situ Lembang

Ada banyak hotel di Bandung yang lokasinya berada dekat dengan Situ Lembang, sebuah situ atau danau yang berlokasi di desa Parongpong/Ketawangi kec. Cisarua Lembang Bandung Barat. Sebuah danau buatan yang dulunya dibuat pada masa penjajahan kolonial belanda ini memang menyimpan keindahan alami yang luar biasa, terlepas dari statusnya sendiri sebagai danau buatan.

  • Curug Cimahi/Pelangi

curug cimahi pelangi

Curug yang satu ini memang memiliki banyak nama, ada yang menyebutnya sebagai Curug Pelangi karena curug yang satu ini bersinar pada malam hari (berkat bantuan lampu yang dipasang di sekitar curug) namun ada juga yang menyebutnya sebagai curug Cimahi yang menjadi sebutan paling umum curug yang satu ini.

Lokasi ini sudah berada di bawah pengelolaan Perhutani sehingga wajar jika lokasi yang satu ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Bukan hanya curugnya saja yang sangat indah namun juga pemandangan di sekitar curug ini memang sejuk dan asri, terlebih di lokasi curug masih banyak ditemui monyet yang hidup pada habitatnya. Lokasi Curug Cimahi sendiri berada di Jl. Kolonel Masturi Cisarua Bandung Barat.

Untuk memasuki berbagai tempat wisata tersebut terbilang murah meriah dan tidak memerlukan budget yang begitu besar, hanya saja lokasi wisata yang dituju rata-rata sulit untuk dicapai karena berada di kawasan pegunungan yang jalur trekkingnya sendiri sulit dilalui. Untuk bisa mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut, ada juga penginapan murah di Bandung yang bisa dipesan dengan harga yang murah dan fasilitas yang sangat memadai di berbagai wilayah tersebut.

Disqus Comments

Advertisement