-

Cara Mudah Merawat Kamera Fujifilm Mirrorless dengan Benar

Advertisement
Trend penggunaan kamera digital untuk berbagai kebutuhan dokumentasi membawa dampak besar pada kemajuan teknologi fotografi itu sendiri. Kini kamera digital yang digunakan bukan hanya kamera saku dengan ukuran mini saja, namun juga kamera besar yang dulunya hanya dipakai untuk kegiatan fotografi komersil. Kemudian terciptalah kamera DSLR yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur setting kamera sebelum mengambil gambar. Setelah DSLR kemudian muncul lagi kamera mirrorless yang lebih kompak dengan kualitas yang tak kalah dari DSLR. Kamera Fujifilm sebagai merk kamera pioneer memproduksi semua jenis kamera digital tersebut dan kini bisa didapatkan di Indonesia dengan rentang harga yang luas untuk semua kalangan.

Dari ketiga jenis kamera digital tersebut, kamera mirrorless menjadi yang paling dicari saat ini. Hal tersebut dikarenakan harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kamera DSLR. Meski begitu kamera mirrorless juga memiliki kualitas hasil gambar yang maksimal tak kalah jauh dibandingkan kamera DSLR. Mirrorless dari Fujifilm menjadi salah satu yang paling difavoritkan sehingga pasti ada di etalase toko kamera. Dengan kualitasnya yang di atas rata-rata mirrorless dari Fujifilm menjadi andalan untuk berbagai kebutuhan dokumentasi fotografi.



Namun meski kualitas Fujifilm sudah tak diragukan lagi termasuk dalam hal keawetannya, bukan berarti Anda sebagai pengguna bisa memakai kamera tersebut dengan sembarangan. Ada cara-cara penggunaan yang baik agar kamera menjadi awet karena dipakai dengan semestinya. Ada juga cara perawatan yang perlu diketahui agar kamera tak mudah rusak karena keteledoran pemakai. Berikut ini adalah cara umum yang bisa Anda lakukan agar kamera mirrorless Anda bisa dipakai dalam waktu lama dan tak mudah mengalami kerusakan:

  • Penyimpanan kamera.
Saat tak digunakan, simpanlah kamera pada dry box yang mencegah kamera terpapar sinar matahari langsung dan debu. Dry box yang baik memiliki suhu yang sesuai dengan anjuran di manual book Fujifilm. Selain menyimpan di dry box, Anda juga harus memiliki tas kamera saat akan membawa kamera bepergian agar aman dari debu dan benturan.

  • Cara membersihkan.
Setiap pemilik kamera wajib memiliki alat kebersihan seperti kain microfiber, blower kecil, cotton bud dan kuas kecil untuk membersihkan kamera dari debu.

  • Service.
Saat Anda merasakan ada yang tak biasa dengan kamera meski masih bisa digunakan, segeralah lakukan service di service centre resmi Fujifilm. Jangan tunggu hingga terjadi kerusakan karena dapat memperlama proses service.


Selain melakukan cara-cara di atas, pastikan Anda tidak terlalu lama membiarkan kamera Fujifilm menganggur tanpa digunakan sama sekali. Kamera yang tidak dipakai akan mudah mengalami macet mesin begitu juga dengan tombol dan roda-roda yang jarang digunakan. Setidaknya lakukan pemotretan seminggu sekali meski tak keluar rumah untuk menjaga kinerja kamera Anda.
Newest
Previous
Next Post »