-

Mengenal Bagian Otot Panggul dan Gangguan Berkemih Lebih Detail

Advertisement

Di saluran kemih pada bagian bawah yang meliputi kandung kemih serta uretra menjadi tempat penyimpanan dan juga keluarnya urine. Untuk sebagian orang, pada usia lanjut terutama, gangguan berkemih ini kerap sekali terjadi. Gangguan yang dimaksud yakni keinginan buang air kecil yang sulit sekali ditahan sehingga kerapkali mengompol. Sebetulnya ini adalah efek dari adanya gangguan di otot kandung kemih serta uretra. Bagian otot panggul adalah yang berhubungan langsung dengan kondisi ini.

Otot bagian panggul yang tidak bisa rileks atau justru terlalu aktif ketika pengisian kandung kemih menjadikan kondisi gangguan dalam berkemih. Gejala pada gangguan berkemih sebetulnya sangat luas. Beberapa gejala umumnya yakni dengan frekuensi buang air kecil tinggi, gangguan tidur saat tengah malam lantaran kerapkali terbangun, hingga buang air kecil yang rasanya tidak tuntas. Penyebab dari hal ini adalah karena saraf yang ada di sekitar organ berkemih terganggu. Penyebab lain yang bisa terjadi yakni gangguan di otot dasar panggul.

Otot dasar panggul sendiri merupakan sekelompok otot yang ada di antara dua paha dan bentuknya memanjang dari bagian tulang pubis menuju dasar tulang belakang. Otot ini berfungsi untuk bisa menahan organ pada panggul misalnya rahim, vagina, ujung saluran cerna dan juga kandung kemih agar bisa tetap di tempatnya. Otot dasar panggul ini juga memiliki peran untuk bisa kendalikan keinginan dalam berkemih. Otot nantinya akan relaksasi ketika kandung kemih berkontraksi sehingga urine pun bisa dikeluarkan.

Ketika seseorang bertambah usianya, otot dasar panggul ini lama kelamaan menjadi melemah. Perempuan yang baru saja melahirkan pun memiliki resiko untuk alami pelemahan di bagian otot dasar panggul ini. Itulah mengapa bisa terjadi gangguan berkemih. Untuk bisa mengatasi gangguan berkemih ini, maka ada latihan otot dasar panggul yang bisa dilakukan. Salah satu latihan yang bisa dilakukan adalah dengan senam kegel. Latihan yang satu ini adalah terapi perilaku sehingga bisa atasi kondisi gangguan berkemih yang terjadi. Tujuannya tentu saja adalah untuk meningkatkan fungsi pada organ yang terlibat di proses berkemih.

Senam kegel banyak juga disebut dengan senam pelatihan otot bagian panggul bawah dimana manfaatnya adalah memperbaiki kondisi otot bagian panggul bawah. Beberapa kondisi yang bisa menjadikan otot bagian panggul bawah ini menurun misalnya persalinan, penuaan, berat badan berlebih, hingga operasi sehingga bisa menurunkan fungsi dan juga kekuatan pada otot di bagian panggul bawah ini. Ternyata senam kegel memiliki ragam manfaat, diantaranya:


Mengenal Bagian Otot Panggul dan Gangguan Berkemih Lebih Detail


  • Untuk fungsi yang paling utama biasanya untuk bisa membantu dalam menjaga kontrol otot yang berperan dalam buang air. Sesuai yang dijabarkan tadi, maka tak heran jika senam kegel direkomendasikan bagi yang memiliki gangguan berkemih.
  • Tak hanya gangguan berkemih saja, senam kegel ternyata juga bisa bermanfaat dalam meningkatkan performa seksual jika dilakukan oleh pria. Hal ini karena senam kegel bisa kencangkan otot bagian panggul bawah ketika berhubungan intim dan bisa kelola ereksi dan tunda ejakulasi.
  • Untuk para Ibu hamil, senam ini pun bisa menjadikan proses persalinan yang lancar. Otot bagian panggul yang kuat dan elastis akan bisa bermanfaat sehingga buka jalan lahir.

Bagi Anda yang mengalami gangguan berkemih, maka jangan sampai kondisi ini mengganggu aktivitas. Pastikan pakai popok dewasa Confidence sehingga urine yang keluar bisa tertampung. Agar kondisi gangguan kemih mereda, maka lakukan latihan otot panggul secara rutin.

Previous
Next Post »