-

Ini Dia Beberapa Makanan Khas Pulau Kalimantan yang Tak Boleh Dilewatkan

Advertisement

Pulau Kalimantan atau juga dikenal sebagai pulau Borneo menyimpan banyak kekayaan alam baik nabati maupun hewani. Di pulau ini hutan masih sangat lebat dengan suku pedalaman yang tetap bertahan. Meski begitu, bukan berarti tak ada pemukiman modern di sana. Di ibukota provinsi dan kota-kota sekitar sudah menjadi perkampungan modern yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur atau menikmati kebudayaan asli Kalimantan. Selain kebudayaannya yang pasti berbeda dengan kebudayaan Jawa, ada makanan khas yang juga tak boleh dilewatkan kala sudah di sana. Masakan khas Kalimantan juga menjadi penarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri karena rasanya yang khas. Berikut ini adalah beberapa contoh kuliner khas negeri Borneo bagi Anda yang memiliki rencana untuk mengunjunginya:

1. Ketupan kandangan.

Makanan khas melayu yaitu ketupat ini disajikan dengan cara yang berbeda. Jika di Jawa, Anda akan sering menjumpai ketupat dengan ayam ataupun daging sapi, di Kalimantan, ketupat kandangan merupakan campuran antara ketupat dengan ikan. Ikan yang sering digunakan adalah ikan gabus yang terlebih dahulu di panggang sebelum disajikan bersama ketupat dengan kuah santan yang gurih.

2. Chai kue.

Dari namanya mirip dengan makanan khas Tiongkok. Memang benar, Chai kue atau choi pan merupakan makanan atau snack khas Kalimantan yang diadaptasi dari makanan Tiongkok. Merupakan cemilan yang nikmat dari isian lobak serta ebi menjadi salah satu makanan ringan yang menggugah selera. Disajikan bersama dengan sambal pedas dan asam akan membuat Anda tak ingin berhenti mengunyahnya.

3. Pekang.

Sekilas Anda akan mengatakan bahwa makanan ini mirip lemper di Jawa. Namun selain dari bentuknya yang berbeda karena Pekang memiliki bentuk segitiga, ternyata bagian dalamnya juga memiliki perbedaan. Meski sama-sama terbuat dari ketan, pekang memiliki isian dari udang ebi dan disajikan dengan saus kerang pedas. Makan pekang lebih mirip dengan makan nasi dengan lauk dibandingkan seperti lemper yang lebih mirip cemilan.

4. Soto banjar.

Meski sudah banyak soto khas Jawa yang Anda rasakan, namun jika belum merasakan soto banjar, akan kurang lengkap. Tak seperti soto kebanyakan, soto banjar adalah soto yang dimasak bersama dengan kayu manis. Meski kini soto banjar juga telah mulai dipasarkan di Jawa, namun tentu saja menikmatinya di kota asal akan lebih nikmat dan seru.

Selain keempat makanan khas Kalimantan di atas tentunya masih banyak lagi menu makanan baik berupa cemilan maupun makanan besar yang ada di Kalimantan. Rasa dan proses pembuatannya yang khas akan membuat Anda ketagihan sehingga selalu ingin merasakan kembali makanan khas bumi Borneo ini. Jangan lupa untuk juga membawa pulang oleh-oleh berupa cemilan sehingga keluarga di rumah juga bisa merasakan enaknya makanan khas pulau Kalimantan.
Previous
Next Post »