-

Cara Mudah untuk Membiasakan Diri Bergaya Hidup Sehat

Advertisement
Kebiasaan manusia atau gaya hidupnya akan menjadi penentu banyak hal khususnya untuk kesehatannya. Karenanya membiasakan diri sejak dini untuk melakukan hal-hal yang berdampak positif bagi tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Meski sebaiknya melakukan kebiasaan tersebut haruslah sejak dini atau kanak-kanak, namun bagi Anda yang sudah dewasa dan baru menyadari pentingnya gaya hidup sehat, maka tak ada kata terlambat untuk memulainya. Permulaan bisa dari hal yang kecil namun dilakukan dengan sungguh-sungguh dan rutin sehingga membawa dampak perubahan yang positif.



Untuk melakukan perubahan, tak perlu langsung melakukan hal yang besar untuk memulainya. Anda bisa melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu kemudian meningkatkannya menjadi lebih besar. Berikut ini adalah beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk memulai kebiasaan baik setiap harinya:

1. Konsumsi air putih.

Bagi sebagian orang, jumlah konsumsi air putih dalam sehari sangat kurang sehingga dapat mengakibatkan masalah gangguan kesehatan terutama untuk organ ginjal. Jumlah yang paling sehat adalah 8 gelas setiap hari untuk menjaga suhu tubuh serta memungkinkan darah dan organ melakukan fungsinya dengan mudah. Sebagai permulaan tingkatkan konsumsi air putih yang Anda lakukan secara bertahap. Gantilah menu teh, kopi apalagi minuman bersoda dengan air putih yang lebih sehat.

2. Berjalan kaki.

Jika sehari-hari Anda selalu menggunakan motor atau mobil untuk bertransportasi, maka sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk berjalan meski hanya untuk jarak dekat saja. Berjalan bisa menjadi awal kebiasaan baik yang akan memberikan dampak positif pada kesehatan. Semakin lama, tambahlah rute perjalanan Anda baik ketika melakukan olahraga pagi dengan treadmill ataupun berjalan ke sekolah atau ke kantor.

3. Istirahat yang cukup.

Jika Anda memiliki aktifitas yang padat meski waktu sudah larut malam, maka mulai sekarang kurangi aktifitas untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Dengan memiliki waktu istirahat cukup, organ tubuh Anda akan mendapatkan waktu untuk melakukan regenerasi sel yang telah mati sehingga menjadi baru dan lebih segar. Hal ini akan sangat terlihat di bagian kulit terutama di wajah.

4. Makan teratur.

Pastinya sudah umum diketahui bahwa dengan makan teratur Anda akan terhindar dari banyak masalah pencernaan mulai dari maag hingga gangguan usus. Selain dengan mengatur jadwal makan, Anda juga perlu memperhatikan menu makanan agar melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Itulah beberapa cara mudah untuk mulai membiasakan diri melakukan kebiasaan baik agar mendapatkan badan yang sehat. Tingkatkan kebiasaan Anda menjadi kegiatan yang lebih besar lainnya misalnya berolahraga, melakukan check up kesehatan rutin dan sebagainya untuk memaksimalkan kesempatan memiliki tubuh yang sehat tanpa ada gangguan penyakit yang mungkin bisa menyerang.
Previous
Next Post »