-

Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Para Pekerja

Advertisement
Menjadi seorang karyawan atau pekerja yang mendapatkan penghasilan bulanan bisa menjadi sebuah kelebihan maupun kekurangan dalam bidang keuangan. Kelebihan yang didapatkan adalah adanya kepastian penghasilan dengan nominal kurang lebih sama di waktu yang sama sehingga Anda bisa merencanakan keuangan dengan lebih terperinci. Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh para pekerja adalah adanya keterbatasan penghasilan jika tak memiliki pekerjaan lainnya sehingga jika terdapat pengeluaran berlebih akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Dengan kelebihan dan kekurangan yang ada pada sistem keuangan pekerja, diperlukan cara untuk mengatur keuangan yang benar sehingga tidak timbul masalah dikarenakan tak ada cadangan dana selain dari gaji dan tabungan yang telah dimiliki.


Bagi Anda para pekerja yang ingin memiliki keuangan stabil namun masih bisa memiliki tabungan yang bisa diandalkan untuk keperluan mendadak, berikut ini ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari terutama saat Anda telah mendapatkan gaji bulanan:


1. Bayar kewajiban secara rutin dan tepat waktu. 

Jika Anda hanya mendapatkan penghasilan sekali dalam sebulan, maka langsung gunakan untuk membayar kewajiban yang dimiliki yaitu angsuran atau cicilan kendaraan dan rumah, hutang jika memilikinya, dan kewajiban lainnya.

2. Investasi kesehatan.

Kaya, miskin, tua dan muda perlu memiliki yang namanya investasi kesehatan. Investasi ini bisa Anda miliki dengan cara ikut asuransi kesehatan atau BPJS kesehatan baik melalui fasilitas dari perusahaan maupun secara mandiri. Belilah obat jika Anda memiliki kebutuhan akan obat rutin yang harus selalu tersedia.

3. Tabungan. 

Setelah digunakan untuk membayar kewajiban dan investasi kesehatan, Anda harus menyisihkan uang sisa penghasilan untuk digunakan sebagai tabungan. Ada baiknya untuk membuka tabungan deposito berjangka dengan besaran tetap. Namun jika tidak, Anda juga masih bisa menabung sesuai dengan besaran nominal yang dikehendaki. Yang paling penting adalah bahwa Anda tak menggunakan tabungan tersebut untuk kebutuhan konsumtif yang tidak direncanakan sebelumnya.

4.Kebutuhan bulanan rumah tangga. 

Setelah digunakan untuk kepentingan wajib di atas, saatnya Anda menggunakan gaji untuk berbelanja bulanan. Belilah apa saja yang Anda butuhkan untuk keperluan satu bulan. Ada baiknya memiliki daftar kebutuhan bulanan sehingga Anda mengetahui betul apa yang harus dibeli dan kisaran budgetnya. Point ini termasuk biaya listrik, air dan sebagainya yang Anda butuhkan setiap bulan.

Setelah memenuhi kebutuhan tersebut di atas, dan jika Anda masih memiliki uang sisa, maka gunakan untuk uang cadangan sehari-hari. Bukan berarti Anda bisa menghamburkannya karena tak memiliki kebutuhan lain namun gunakan sebagai uang kebutuhan harian misalnya untuk membeli bensin, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. semakin sedikit uang sisa yang dimiliki maka Anda semakin harus berhemat dengan kebutuhan sehari-hari Anda hingga datang waktu gajian berikutnya.

Previous
Next Post »