-

Mengulas Beragam Manfaat Menabung dan Tabungan Berencana

Advertisement
Tabungan atau simpanan dapat Anda miliki dengan cara menyimpannya sendiri di rumah misalnya di celengan atau di bank. Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang dapat Anda peroleh jika Anda memiliki simpanan di bank. 
 
 
Pertama adalah aman. Jika Anda menabung di bank, akan ada perlindungan atas harta yang disimpankan di bank tersebut dari LPS atau lembaga penjamin simpanan dengan jumlah maksimal Rp 2 milyar.

Kedua
adalah mudah. Anda dapat menabung ataupun mengambil uang dengan mudah misalnya hanya melalui ATM. Selain itu, jika ada urusan seperti transfer uang, Anda dapat lebih mudah untuk mengirimkan uang dengan melalui teller, ATM ataupun ibanking atau mobile banking hingga 24 jam dalam 7 hari. Ketiga adalah memperoleh bunga di bank konvensional atau mendapatkan bagi hasil jika Anda menabung di bank syariah. Semakin besar jumlah simpanan yang dimiliki maka semakin besar bunga atau bagi hasil yang diperoleh.

Keuntungan dan manfaat lainnya dengan memiliki tabungan di bank yaitu:

  1. Adanya kesempatan memperoleh hadiah misalnya saat bank sedang ulang tahun.
  2. Pengelolaan keuangan menjadi lebih terencana karena saat ini ada jenis simpanan rencana atau simpanan untuk jangka panjang ataupun jangka pendek.
  3. Lebih praktis karena dapat juga digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, untuk asuransi ataupun untuk berbelanja jika Anda tidak membawa uang tunai.
  4. Cadangan untuk kebutuhan yang mendesak.

Sedangkan Tabungan rencana adalah tabungan jangka panjang yang dapat membantu Anda untuk mempersiapkan masa depan seperti saat Anda sudah pensiun. Ada beberapa mekanisme yang berbeda dengan tabungan biasa yang uangnya dapat Anda tarik kapan saja di ATM terdekat atau di kantor bank tersebut. Mekanisme pertama adalah adanya sistem autodebet. Sistem ini memungkinkan dana untuk simpanan rencana diambil atau ditarik langsung setiap bulannya dari rekening utama Anda yang Anda gunakan sebagai ‘sumber’ pemasukan di bank konvensional yang sama. Dengan sistem ini, Anda tidak akan lupa atau terlupa untuk membayar simpanan terencana. Sehingga, pastikan terlebih dahulu jika tabungan utama Anda memiliki saldo yang lebih besar dibandingkan iuran atau masukan yang harus Anda setorkan ke tabungan jangka panjang tersebut.

Mekanisme selanjutnya untuk tabungan rencana, yaitu:

  1. Setoran awal untuk membuka tabungan minimal adalah Rp 100.000 dan setoran akan diambil otomatis dari rekening tabungan Anda di bank tersebut.
  2. Memiliki jangka waktu tertentu sehingga Anda tidak dapat mengambil uang simpanan tersebut sebelum masa perjanjian atau kesepakatan habis. Namun jika harus diambil maka konsekuensinya adalah Anda menanggung biaya denda.
  3. Memiliki bunga yang lebih besar dibandingkan dengan bunga tabungan biasa.
  4. Memiliki asuransi untuk melindungi kesehatan dan jiwa Anda dan nilai klaimnya tergantung dari pihak bank.
Previous
Next Post »