-

Tips yang Bisa Anda Terapkan untuk Membuat Anak Gemar Membaca

Advertisement
Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku kita dapat mengetahui berbagai hal yang tadinya sama sekali tidak kita ketahui. Dari bukulah kita dapat belajar berbagai hal dengan mudah, tanpa biaya yang besar. Mengingat fungsi penting dari buku inilah, sudah sewajarnya bagi kita para orang tua untuk dapat menerapkan pola gemar membaca pada putra putri kita. Selain akan melatih daya baca dan pemahaman dalam diri kita, dengan menerapkan pola didik gemar membaca sejak dini, baik secara langsung ataupun tidak langsung kita telah membekali putra putri kita dengan pengetahuan yang lebih luas. Berikut ini bahasan mengenai cara untuk dapat membuat putra putri kita gemar membaca sejak dini.


Mengenalkan anak pada berbagai buku cerita bergambar, sejak usia mereka balita akan membawa dampak yang cukup baik bagi siklus ketertarikan mereka pada buku bacaan. Dengan cerita buku bergambar inilah, imajinasi mereka juga akan berkembang menjadi lebih luas, sehingga rasa ingin tahu pun akan menjadi lebih besar, dan pada akhirnya buku cerita lainnya pun akan menjadi menarik bagi mereka. Biasakanlah, anak untuk dapat mendengarkan cerita dari buku bergambar yang Anda berikan, dengan cara Anda membacakan cerita tersebut dan memberikan penjelasan mengenai gambar yang tercantum didalamnya.

Hal lain yang mungkin dapat Anda lakukan untuk menciptakan budaya gemar membaca pada diri putra putri Anda sejak dini, antara lain adalah:

  1. Isilah kamar tidur putra putri Anda dengan rak buku, dimana rak buku tersebut Anda isi dengan berbagai jenis buku cerita dongeng bergambar, dan sedapat mungkin sempatkanlah Anda untuk membacakan buku tersebut setiap harinya.
  2. Ceritakanlah kepada putra putri Anda dengan bahasa yang mudah untuk dipahami mengenai manfaat dari membaca buku bagi masa depan mereka.
  3. Usahakan untuk membentuk pola gemar membaca dengan memberikan daya tarik tersendiri pada berbagai buku yang Anda berikan pada putra putri Anda, serta kenalilah terlebih dahulu ketertarikan anak pada sebuah latar cerita.

Usahakan untuk memberikan anak pengetahuan mengenai manfaat membaca buku dengan hal-hal yang menarik, dan tidak memaksakan mereka untuk memahami apa yang Anda maksudkan dengan cepat atau dengan kata lain memaksakan kehendak Anda, karena hal tersebut justru akan membuat anak merasakan ketidak nyaman. Buatlah anak nyaman dalam melakukan kegiatan membaca mereka, sehingga kebiasaan membaca buku dapat tercipta dengan sendirinya.

Berikanlah anak hadiah berupa buku dan berbagai perangkat terkait dengan kegiatan membaca buku, setiap mereka melakukan berbagai hal positif ataupun pada saat mereka merayakan hari bahagia mereka. Pemberian hadiah yang berupa buku ini, langsung ataupun tidak langsung akan membentuk pola kesenangan anak akan buku-buku baru yang dapat memberikan mereka pengetahuan yang baru pula.
Previous
Next Post »