-

Tips Berburu Makanan Kuliner Saat Bulan Ramadhan

Advertisement
Melakukan wisata kuliner bagi beberapa orang merupakan hobi yang tidak bisa dipisahkan. Tak jarang mereka rela merogoh kocek yang begitu dalam untuk bisa mencicipi beraneka ragam makanan yang menarik untuk disantap. Saat Ramadhan tiba, kegiatan berburu makanan ini tentu tidak bisa dilakukan seperti hari-hari biasanya. Untuk yang muslim, biasanya melakukannya menjelang waktu berbuka ataupun sahur. Sehingga kegiatan ini bisa sekalian sebagai ajang ngabuburit, disamping menuntaskan keinginan untuk berkuliner. 
 
 
Saat Ramadhan biasanya akan banyak penjaja makanan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang berbuka puasa atau yang biasa disebut dengan takjil. Aneka makanan maupun minuman lezat dari harga yang murah hingga yang mahal sekalipun menjadi sangat menggoda untuk dibeli. Hal ini tentu membuat kegiatan berburu makanan menjadi lebih seru. Berkuliner makanan di waktu Ramadhan memang akan memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Terlebih jika dilakukan di luar kota. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat berburu makanan untuk buka di kota-kota yang Anda kunjungi:

Mencari informasi seputar santapan lokal.

Sebelum berangkat ke kota tujuan wisata kuliner, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu makanan atau minuman apa yang menjadi ciri khas kota tersebut. Sehingga sampai di kota tujuan, Anda sudah memiliki bayangan akan makanan dan minuman yang ingin dibeli.

Mengetahui waktu berbuka puasa dan sahur di kota tujuan.
 
 
Mengingat waktu berbuka dan imsak tiap daerah berbeda-beda, maka tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu waktu akurat untuk jam-jam tersebut. Sehingga Anda bisa berburu makanan di waktu yang tepat pula.

Tidak datang terlalu sore.
 
 Pada waktu sore hari biasanya banyak digunakan oleh orang-orang yang berpuasa untuk mencari makanan berbuka dari pedagang takjil. Sehingga suasana ramai pengunjung yang membanjiri pedagang takjil menjadi hal yang sudah biasa saat Ramadhan. Agar tidak kehabisan makanan yang ingin Anda buru, sebaiknya langsung berangkat setelah ashar. Jika datang terlalu sore dan terkena macet di jalanan, bisa saja nantinya Anda malah akan berbuka di jalan, bukan di rumah atau restoran.

Selalu sedia air putih.

Membawa air putih sangat berguna terlebih jika Anda berburu di jam-jam mendekati waktu berbuka. Antrian pesanan yang membludak di warung maupun restoran terkadang membuat makanan maupun minuman yang Anda pesan belum bisa diantarkan. Padahal jam sudah memasuki waktu berbuka. Untuk itu air putih yang Anda bawa bisa digunakan untuk membatalkan puasa sekaligus menghilangkan dahaga sambil menunggu pesanan Anda datang.

Mencari tahu masjid atau mushola terdekat.


Setelah berbuka tentu Anda harus menyegerakan untuk sholat maghrib. Untuk itu cari informasi terlebih dahulu lokasi masjid atau mushola terdekat dari tempat kuliner yang Anda tuju. Sehingga setelah selesai menyantap makanan berbuka, Anda tidak perlu kebingungan mencari tempat untuk ibadah.
Previous
Next Post »