-

Cara Mudah Bedakan yang Asli dan Palsu di Tempat Jual Spare Part Mobil

Advertisement
Kendaraan sama halnya seperti tubuh manusia yang juga bisa mengalami kerusakan di karenakan berbagai faktor, mulai dari konsumsi makanan yang kurang tepat, hingga kinerjanya yang terlalu diforsir. Sehingga jika dibiarkan begitu saja tentunya ia akan menyebabkan tarikan mesin juga kurang maksimal, jadi harus diganti dengan yang baru kembali, dampaknya bisa membahayakan ketika tengah dikendarai. Di kawasan manapun sebenarnya ada banyak tempat jual spare part mobil, hanya saja masalah kualitas dan keaslian produknya memang belum bisa dijamin.


Sekarang ini kenyataannya juga tak hanya populer penjualan spare part langsung di toko saja, melainkan juga ada banyak penjualan via online, memudahkan konsumen tentunya jika mencari barang-barang yang tak ada do toko terdekat. Namun juga harus menunggu hingga nantinya barang yang dipesan sampai ke rumah Anda. Harga yang ditawarkan untuk seri-seri spare part ini memang cukup bervariasi, mulai dari yang paling murah hingga tergolong sangat mahal. Namun apakah harga mahal sudah menjamin barang yang dijual asli?

Kenyataannya tidak, ada banyak sekali para oknum nakal yang pintar dalam meracik barang-barang bekas sehingga tampilannya bisa kembali mulus, kemudian dijual dengan harga yang tinggi, padahal kualitasnya tentu akan berbeda jauh dengan pabrikan resmi. Jadi alangkah baiknya sebagai konsumsi Anda bisa berhati-hati dalam memilih membeli di tempat jual spare part mobil. Adapun beberapa tips mudah yang sebenarnya bisa dilakukan untuk membedakan antara spare part yang asli dengan palsu, diantaranya adalah:

  1. Label, Anda bisa memulai melihat dari bagian label, sangat mudah salah satunya teliti dalam melihat satuan yang digunakan, dalam beberapa produk akan tertulis per biji dalam bentuk 1 PC yang terpisah, namun juga ada yang menuliskan 1PCS tanpa menggunakan spasi. Maka yang asli dan tidak? Barang yang asli hanya ditulis dengan spasi atau di pisah antara angka dengan hurufnya. Mudah bukan membedakan yang asli dan tidak.
  2. Ada keterangan pada bagian label yang menunjukkan bahwa sparepart yang dijual khusus untuk jenis kendaraan tertentu, berbeda dengan barang asli yang akan ditulis dengan bahasa Inggris, maka untuk produk palsu umumnya ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Pabrikan yang asli memang berasal dari luar negeri, sehingga otomatis jika keterangan-keterangan yang ada juga akan ditulis menggunakan bahasa Inggris.
  3. Kemudian juga ada tulisan ‘Diedarkan oleh’ ini menunjukkan siapa yang mengeluarkan barang tersebut, barang yang asli tulisan ini akan diapit dengan pengedar spare part nya. Sedangkan khusus untuk produk palsu berbeda, ia akan lebih dekat dengan pengedar spare part yang termasuk dalam satu kesatuan. Jika Anda kurang perhatian pada hal-hal semacam ini tentunya akan sangat mudah tertipu.
  4. Khusus untuk beberapa merk terkenal, terkadang ada tulisan yang dibarengi sebuah garis bawah, ini bukan garis bawah biasa, melainkan jika Anda lihat secara seksama sebenarnya memiliki tulisan yang dapat dibaca, ia menandakan produsen dari penjual spare part tersebut. Sedangkan khusus untuk seri palsu tak akan bisa membuatnya. Ia hanya akan membuat garis bawah hitam biasa.

Mudah bukan bedakan hanya dari label saja, tanpa harus melihat harganya atau bahkan sudah terlanjur membeli dan membukanya. Tempat jual spare part mobil yang resmi bisa Anda temukan secara langsung di toko dengan nama gerai atau merk kendaraan tersebut, meskipun agak mahal namun jaminan kualitas dan tahan lama.
Previous
Next Post »