-

Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Sendiri Tanpa Membawanya ke Bengkel

Advertisement
Mengganti oli secara rutin merupakan salah satu cara merawat mobil seperti yang pernah diulas oleh ototopik.com agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Dengan mengganti oli secara rutin maka komponen mobil khususnya mesin dan rem bisa berfungsi dengan maksimal dan tetap terjaga keawetannya. Penggantian oli dapat dilakukan di bengkel. Tetapi bila tidak ingin ribet pergi ke bengkel dan ingin menggantinya sendiri, hal tersebut bukan hal yang sulit. Berbekal beberapa peralatan Anda pun bisa mengganti oli mobil dengan mudah di rumah.

Agar Anda tau waktu yang tepat mengganti oli, Anda bisa mengeceknya sehingga tidak akan terlambat. Berikut adalah langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengecek oli mobil apakah sudah harus diganti atau belum:

Periksa oli ketika mesin masih dingin.
Keluarkan tongkat celup dan bersihkan.
Masukkan tongkat celup kembali untuk mengukur level oli. Angkat kembali tongkat celup. Jika volume oli berada di bawah garis yang menunjukkan ADD maka tambahkan oli. Bila oli sudah kotor maka tandanya oli sudah harus diganti.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti oli mobil sendiri:

Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Sendiri Tanpa Membawanya ke Bengkel


Buang oli lama. Anda bisa menggunakan dongkrak ataupun penyangga untuk mempermudah Anda mengeluarkan oli lama dari mobil Anda. Dalam hal ini Anda harus memastikan memasang dongkrak atau penyangga pada tempat serta titik yang tepat sehingga lebih aman. Anda juga harus memastikan bahwa mobil terparkir di tempat yang rata. Sebelum Anda mengeluarkan oli lama, hidupkan mesin mobil terlebih dahulu agar mesin menghangat dan oli lebih cair sehingga mudah dikeluarkan. Gunakan wadah untuk menampung oli lama dan biarkan oli keluar dalam wadah.
Ganti saringan oli. Bila Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal, penggantian oli saja belum cukup. Anda bisa mengganti saringan pada mesin yang gunanya menyaring oli. Ikuti petunjuk pemasangan yang tepat sehingga performanya maksimal.
Tuangkan oli yang tepat. Pemilihan jenis oli harus sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. Jangan sampai Anda salah memilih oli yang tepat. Di Indonesia, jenis oli sudah memenuhi standar iklim Indonesia sehingga Anda bisa memilih merk manapun yang Anda sukai. Akan tetapi, bila Anda di luar negeri yang mengalami beberapa musim, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan mesin mobil Anda pada jenis musim tertentu. Pastikan tingkat kekentalan oli pas.

Cara mudah tersebut bisa Anda lakukan tanpa harus membawanya ke bengkel. Dengan mengganti oli sendiri, Anda juga bisa mengecek keadaan mesin lainnya dan memastikan bahwa keadaannya benar-benar baik. Bila terdapat masalah dan Anda tidak bisa mengatasinya sendiri sebaiknya Anda bawa mobil Anda ke bengkel sehingga bisa diatasi dengan lebih maksimal.
Previous
Next Post »