-

Tips Memilih Sepatu Gunung Murah Berkualitas

Advertisement
Tracking, hiking, camping adalah kegiatan yang berat namun mengasyikkan. Ada kepuasan tersendiri apabila kita dapat menjelajahi tempat-tempat yang dianggap ekstrem oleh kebanyakan orang. Terlebih jika kita bersama dengan teman-teman, tentu akan jauh lebih mengasyikkan. Sepatu yang dipakai harus sepatu khusus untuk mendaki gunung. Akan tetapi sebagai pemula, tak ada salahnya jika mencoba membeli sepatu gunung murah lebih dahulu. Karena ada banyak sepatu gunung yang murah namun berkualitas.


Sebelum membeli sepatu gunung, pastikan medan apa yang akan Anda tempuh sehingga Anda tidak keliru dalam memakai sepatu gunung yang cocok dengan medan lintasan nantinya. Di bawah ini adalah jenis-jenis sepatu gunung yang ada di pasaran:

- Hiking boots

Hiking boots adalah sepatu boots yang bentuknya tinggi. Sepatu ini memberikan perlindungan lebih pada engkel kaki. Sepatu ini lebih berat dan kokoh dibanding tipe sepatu gunung yang lain sehingga lebih awet dalam jangka panjang. Tipe ini dapat Anda gunakan untuk menjelajah medan yang bertekanan tinggi seperti bukti yang berlumpur atau bersalju. Lebih baik pakai yang non waterproof karena batu-batu tajam dapat merusak lapisan waterproof pada sepatu.

- Hiking shoes

Sepatu ini juga dipakai untuk hiking, namun sepatu ini memiliki model seperti running shoes, yaitu bentuk rendah ke medium. Tidak memiliki lapisan untuk melindungi engkel, sehingga masih diperlukan kaos kaki yang cukup tebal sebagai pelindung engkel. Tipe yang ini cocok untuk medan yang tidak terlalu curam, berbatu dan basah serta light backpacking(ringan).

- Trail running shoes

Solnya nampak seperti bergerigi jika dilihat dari samping. Tipe ini cocok untuk Anda yang sehari-harinya nyaman dengan running shoes. Lebih ringan dan fleksibel. Namun sepatu ini tidak cocok untuk trek berbatu dan beban bawaan yang terlalu berat. Sehingga akan menyiksa si pemakai jika salah penggunaannya. Cocoknya dipakai di medan yang cukup licin dengan beban yang tidak berat.

- Approach shoes

Sekilas approach shoes ini terlihat mirip dengan hiking shoes atau trail running. Tapi sepatu ini didesain khusus untuk yang senang olahraga panjat tebing. Dalam artian, dipakai dalam medan yang tingkat kemiringan hampir 90 derajat (hampir tegak)

Tidak masalah jika ingin membeli sepatu gunung murah. Yang terpenting adalah tepat dalam penggunaannya dan perhatikan kualitasnya sebelum benar-benar membeli. Berikut ini yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu gunung:

  1. Bahan. Sepatu gunung berbahan kulit sintetis atau suede lebih kuat dibanding bahan kanvas.
  2. Sol sepatu. Pilih sepatu gunung dengan tumit yang lentur, besar namun kuat. Jahitan pada sol juga harus rapi dan mengikuti bentuk kaki.
  3. Jenis sepatu. Pilih dan gunakan sepatu sesuai medan yang akan ditempuh. Jenis sepatu dapat dilihat di atas.
  4. Untuk ukuran sepatu gunung yang baik adalah yang ukurannya lebih besar atau longgar daripada sepatu yang biasa Anda pakai sehari-hari. Misalkan biasanya Anda memakai sepatu sehari-hari dengan ukuran 40, pilih sepatu gunung yang berukuran 41 atau 42. Hal ini untuk meminimalisir lecet pada kaki. Karena mendaki gunung memerlukan pijakan dan langkah kaki yang lebih kuat.
Demikian ulasan mengenai sepatu gunung, yang terpenting adalah jangan lupa untuk merawat sepatu gunung Anda jika sudah tidak dipakai. Jadi sekalipun Anda memiliki sepatu gunung murah, akan lebih awet jika Anda bisa merawatnya dengan baik. Persiapkan juga fisik dan mental Anda sebelum mendaki, jaga kesehatan Anda sehingga hobi mendaki Anda tidak terganggu.
Previous
Next Post »