-

Tips Menghindari Penipuan dalam Proses Jual Beli Sparepart Mobil

Advertisement
Seringkali saat melakukan pembelian suku cadang (spare part), para konsumen dituntut agar sangat berhati-hati terhadap penipuan yang kerap dilakukan oleh para produsen, distributor maupun penjual nakal yang menawarkan produk suku cadang palsu yang tampilannya sangat mirip dengan yang asli. Ketidaktahuan konsumen akan pengetahuan produk spare part kadang menjadi sasaran empuk para pelaku bisnis licik yang ingin mengejar keuntungan pribadi semata dengan merugikan konsumen produknya. Dan penipuan seperti ini dalam proses jual beli spare part mobil kerap terjadi dalam masyarakat kita. 


Untuk urusan penipuan dalam jual beli spare part mobil ini, masyarakat Indonesia yang memiliki daya beli yang amat tinggi namun memiliki pengetahuan yang rendah untuk produk-produk otomotif adalah sasaran empuk penipuan yang sangat potensial. Dan produk-produk spare part yang dibuat benar-benar mirip aslinya namun palsu dijual dengan harga yang tinggi namun tentunya dengan kualitas yang sangat rendah. Hal ini tentunya memberi keuntungan berlipat ganda untuk para penjual nakal dan memberi dampak kerugian yang cukup serius untuk para konsumen. Sayangnya kebanyakan pembeli suku cadang palsu baru sadar akan rendahnya kualitas produk yang dibeli dibelakang hari sehingga tidak lagi bisa menuntut pihak penjual akan kerugian yang dialaminya.

Agar Anda tidak mengalami kekecewaan dan tertipu saat melakukan proses jual beli spare part ini, maka sebaiknya waspada dan lebih cermat menentukan sebelum membeli. Beberapa tips berikut ini bisa jadi referensi Anda agar tak tertipu suku cadang palsu, yaitu:

1. Teliti terhadap harga produk

Salah satu faktor yang menjadi penentu konsumen memilih untuk membeli sebuah suku cadang yang dianggap berkualitas adalah harga. Saat penjual menawarkan harga yang sangat miring untuk kualitas produk yang seharusnya ada di level tinggi, maka Anda patut waspada dan berhati-hati. Meskipun belum tentu benar sepenuhnya, namun Anda perlu cermati apakah suku cadang yang ditawarkan itu kualitasnya rendah dan merupakan produk palsu.

2. Perhatikan kemasan produk

Bungkus kemasan suku cadang yang asli umumnya memiliki bentuk tampilan warna dan tulisan yang jelas dibandingkan dengan suku cadang palsu yang juga memakai bentuk kemasan yang identik sama. Biasanya kemasan suku cadang palsu memiliki kemasan yang warnanya lebih pudar dan bentuk tulisan yang tidak jelas tampilannya.

3. Periksa komponen produk

Mintalah untuk membuka kemasan dan lihat isi suku cadang. Perhatikanlah dengan cermat dan teliti bentuk dan bahan komponen suku cadang itu. Umumnya suku cadang yang palsu menggunakan bahan dasar komponen yang kualitasnya jauh lebih rendah daripada produk orisinil.

4. Pastikan Garansi produk

Umumnya spare part asli akan memberikan garansi langsung dari pabrik atau perusahaan produsen yang memproduksinya. Anda patut curiga bila penjual hanya menawarkan garansi toko atau pihak distributor. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa suku cadang yang dijual kualitasnya palsu. Sebaiknya bila Anda ingin membeli suku cadang mobil, upayakan untuk membeli di toko suku cadang yang berlabel Genuine Part. Di toko suku cadang asli para penjual sudah mendapatkan lisensi resmi untuk menjual komponen spare part produksinya.

5. Selalu melakukan perbaikan kendaraan di bengkel resmi

Untuk keamanan suku cadang mobil Anda, melakukan perbaikan berkala di bengkel resmi adalah pilihan yang tepat. Selain garansi yang diberikan secara resmi, proses jual beli spare part mobil Anda juga dipastikan akan aman dari pembelian suku cadang yang tidak orisinil dan tentunya Anda akan mendapatkan kualitas produk terbaik.
Previous
Next Post »