-

Cara Titip Jual Mobil Bekas Anda di Dealer Atau Showroom

Advertisement
Dealer atau showroom mobil bekas saat ini sudah menjamur di setiap kota. Tak hanya kota besar namun juga kota-kota kecil. Namun yang harus Anda ketahui adalah bahwa di setiap dealer atau showroom ini ternyata tidak semua kepunyaan pemilik dealer. Ada juga yang menitipkan mobil mereka untuk dijual disana. Cara ini juga dapat kita lakukan jika kita ingin jual mobil bekas kita. Jika memang tidak sempat atau malas menjualnya sendiri lebih baik titip jual saja di dealer atau showroom.

Dalam kesepakatan titip jual seperti ini, ada 2 cara dalam pembagian keuntungan. Dalam artian Anda dan dealer sama-sama untung. Sistem bagi hasil yang pertama adalah sistem bagi hasil. Dalam sistem ini mekanismenya adalah pihak dealer akan menaksir berapa harga mobil Anda, misalkan mobil Anda ditaksir seharga 100 juta rupiah, maka patokan harganya adalah sebesar itu, tidak kurang. Apabila mobil terjual dengan harga 120 juta, maka 20 juta nya akan dibagi dua sesuai kesepakatan awal.

Ada lagi sistem setoran. Sistem setoran adalah Anda mematok harga sendiri sedangkan dealer nantinya akan mencari untung sendiri, yaitu dengan menaikkan harganya saat menjualnya. Misal Anda tentukan harga mobil Anda 150 juta rupiah maka pihak dealer akan mengambil keuntungan sendiri misalkan menjualnya dengan harga 160 juta atau 170 juta terserah pihak dealer. Namun pada kasus mobil yang tak laku misalkan sudah 3 atau 4 bulan dipajang, Anda bisa menariknya kembali. Saat menarik mobil Anda kembali sebaiknya memberi pihak dealer atau showroom sejumlah uang sebagai ganti biaya perawatan mobil Anda selama berada di dealer. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda lakukan saat titip jual mobil Anda di dealer:

1. Kelengkapan surat.

Siapkanlah surat-surat mobil Anda dengan lengkap agar dealer mudah menerima mobil Anda, karena tentu saja pihak dealer akan memeriksa kelengkapan surat-surat mobil Anda untuk memastikan apakah benar milik Anda atau bukan dan tidak ada masalah.

2. Perjanjian.

Buatlah perjanjian yang win-win solution atau berarti sama-sama menguntungkan. Karena bisa saja suatu saat nanti Anda akan bekerjasama kembali dengan dealer tersebut dan sebagai tanda hubungan baik. Sebaiknya cari dealer yang benar-benar mau melakukan perjanjian seperti ini, bukan yang mau untung saja. Buatlah juga perjanjian berapa Anda harus membayar dealer saat menarik kembali mobil Anda jika mobil Anda sudah tak laku selama 3 hingga 4 bulan.

3. Tanda bukti.

Jangan lupa untuk selalu minta benda ini, tanda bukti yang resmi dari pihak dealer atau showroom jika Anda menitipkan mobil Anda atau dalam istilah lain adalah surat serah terima yang ditandatangani oleh pengelola atau pemilik dealer langsung dan ada stempel dan kop resmi sebagai jaga-jaga jika terjadi suatu hal.

4. Pilih showroom atau dealer yang terbaik.

Agar cara titip jual mobil Anda cepat berhasil, sebaiknya hal ini wajib Anda lakukan. Memilih dealer atau showroom yang sudah baik dan terpercaya setidaknya akan sangat membantu Anda agar mobil Anda cepat laku serta mendapatkan win-win solution seperti tadi. Selain itu, dealer atau showroom yang Anda pilih untuk titip jual berada di lokasi yang strategis sehingga mudah dilihat orang. Tak masalah jika Anda menjual kendaraan bekas Anda di dealer yang beda kota dengan Anda.
Previous
Next Post »