-

Produk Imitasi Merajalela! Sebaiknya Anda Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Rugi!

Advertisement
Produk imitasi banyak disukai masyarakat Indonesia mulai dari sepatu, baju bahkan termasuk tas selempang. Penyebab masyarakat sangat menyenangi barang imitasi disebabkan beberapa faktor antara lain:
tas selempang coklat pria

  • Trend. Tak bisa dipungkiri masyarakat memakai sebuah item berbusana biasanya karena mengikuti publik figur atau artis yang mereka kagumi. 
  • Harga lebih murah. Barang tiruan sudah menempati tempat khusus di hati masyarakat Indonesia. Disadari atau tidak, faktor harga sangat berpengaruh besar terhadap minat dan daya beli masyarakat. Kita semua tahu bahwa barang tiruan dijual dengan harga lebih murah dibandingkan produk original.
  • Mudah didapatkan. Faktor lainnya yang mendongkrak popularitas barang tiruan digemari oleh masyarakat adalah karena barang tiruan sangat mudah didapatkan oleh konsumen.
  • Kualitas tak jauh berbeda. Penyebab selanjutnya, yang membuat barang tiruan semakin digemari adalah kualitasnya cukup bagus. Kualitas dari sebuah barang tiruan kerap kali dikaitkan dengan harga jualnya. Bahkan sampai muncul istilah KW dan KW super.
  • Sulit dibedakan dengan produk original. Item tiruan secara sepintas cukup sulit untuk dibedakan. Apalagi jika pertama kali dipakai, untuk membedakannya diperlukan ketelitian cukup tinggi.  

Meski begitu, popularitas produk kerajinan nyatanya semakin tinggi. Salah satunya dimulai dari kualitas produk kerajinan tersebut.

Hitam putih produk imitasi merajalela di Indonesia 

tas selempang coklat

Membeli komoditas tiruan sebenarnya merugikan produsen lokal dan konsumen. Bila kita lebih teliti lagi, produk original khususnya yang dibuat secara handmade memberikan banyak keuntungan. Dengan membeli produk handmade dapat dipastikan kualitas yang ditawarkan sangat baik, karena dibuat satu persatu oleh tangan sang ahli. 

Selain itu, keunggulan lainnya adalah unik. Produk handmade biasanya dibuat dalam jumlah terbatas. Bahkan sebagian dibuat sesuai dengan pesanan konsumen jadi sudah dipastikan tidak akan ada tiruan. Membeli produk handmade juga membuat kita lebih hemat. Hal ini karena item handmade biasanya dibuat memakai bahan berkualitas tinggi sehingga menjadikannya lebih awet. Misalnya soal tas selempang. Cukup beli sekali, kamu bisa memakainya bertahun-tahun.

Oh iya, salah satu tempat recommended untuk berbelanja tas selempang handmade adalah Qlapa.com. Marketplace ini merupakan tempat berkumpulnya para pengrajin handmade super kreatif. Di sini kamu bisa mendapatkan tas selempang berdesain unik seperti berbentuk crancang hingga bentuk oval punduk. Ada juga item berbahan dasar rotan, bahkan tas selempang bertema etnik. Ratusan inovasi tas selempang lainnya bisa kamu temukan disana.
tas selempang


Pendapat marketplace teramai di tanah air soal produk imitasi

marketplace indonesia

Beberapa dekade sebelumnya, masyarakat enggan untuk  berbelanja online dikarenakan beberapa isu dan opini publik. Misalnya seperti takut barang tidak sampai, takut penipuan ataupun mendapat barang palsu ketika berbelanja. Isu-isu tersebut khususnya mengenai safety ketika berbelanja dan keterjaminan kualitas dari item yang dipasarkan membuat 3 marketplace besar angkat  bicara, di antaranya:

  1. Bhinneka.com. Sebagai salah satu marketplace di tanah air memprioritaskan keamanan dan kenyamanan konsumennya ketika berbelanja, mereka memproteksi pelanggannya dengan melakukan seleksi terhadap item-item yang ditawarkan para pedagang. Mereka juga mengklaim bahwa hanya produk terbaik saja yang ada di Bhinneka.com

  2. Blibli.com. E-Commerce Blibli.com memaparkan bahwa semua penjual memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan menawarkan brandnya pada konsumen. Hanya saja, sebuah brand diwajibkan merupakan brand asli dan bergaransi. Selain itu,  brand tersebut harus terikat secara hukum dengan pemerintah.

  3. Blanja.com. Sementara itu dalam menanggapi isu imitasi, CEO Blanja.com mengajak dan meminta keterlibatan semua pihak untuk berpartisipasi dalam memberantas item tiruan. Memberantas item tiruan tentunya akan meningkatkan dan menciptakan e-commerce sebagai tempat yang aman dan nyaman ketika berbelanja bagi konsumen


Salah satu item fashion dengan jumlah imitasi cukup banyak adalah tas selempang. Tas selempang cukup banyak ditiru dikarenakan item ini laris dipasaran. Selain itu, saat ini tas selempang sudah hampir menjadi item must have. Apalagi jika melihat fungsinya yang dapat digunakan untuk menyimpan item-item seperti handphone, make up ataupun dompet kesayangan.

Cara kreatif bagi pengrajin untuk mengatasi permasalahan produk imitasi

qlapa hand made

Maraknya barang tiruan tak membuat para pengrajin super kreatif kehabisan akal. Salah satu brand terkenal dari Itali mengatasi banyaknya barang tiruan di pasaran dengan cara yang sangat briliant. Brand tersebut sengaja mengeluarkan sebuah produk dengan harga yang sama dengan item tiruan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat fashion dunia dapat menikmati busana dengan lebih santai. Tanpa terlalu memperhatikan merk sebagai sebuah barometer dalam berbusana. Selain itu, cara ini cukup berdampak untuk  membuat produsen barang tiruan  tidak mendapatkan keuntungan.

Cara kreatif brand asal Italia tersebut, ternyata sudah diterapkan oleh para pedagang handmade di situs Qlapa.com. Misalnya, kita hendak membeli tas selempang handmade. Kita bisa ikut menentukan sendiri harga dari produk yang hendak dibeli. Semakin tinggi kualitas bahan baku, semakin besar biaya produksi yang dibutuhkanuntuk membuatnya. 

Selain itu, untuk memperoleh hasil yang presisi pada motif tas selempang tertentu diperlukan biaya produksi yang cukup tinggi. Demikian juga sebaliknya, semakin rendah bahan baku dan semakin sederhana motif serta desain yang digunakan. Sudah tentu akan menekan biaya produksi.

Previous
Next Post »