-

6 Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil yang Kotor dan Berkarat

Advertisement
Pada dasarnya tampilan utama kendaraan memang dilihat dari segi eksterior atau bagian luarnya, namun kualitas kendaraan tentunya tidak hanya dipandang hanya dari bagian kebersihan luar saja, tak kalah dengan itu adalah tarikan mobil yang nyaman. Maka Anda juga harus mempertimbangkan kebersihan dari mesin kendaraan. Pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan bagian yang satu ini, mesin modif mobil memiliki peranan yang sangat penting karena berhubungan dengan kualitas pemakaiannya.

Jika kondisi mesin tengah tidak bagus alias kotor, tentunya akan berdampak pada kenyamanan dalam penggunaannya, mobil jadi sulit untuk dinyalakan, hingga terkadang memicu kerusakan yang cukup berat pada beberapa komponen vital. Kondisi semacam ini nyatanya tidak hanya bisa terjadi pada mobil yang sudah tua saja, melainkan juga mobil yang masih baru, jika tidak pernah melakukan pembersihan pada bagian mesinnya sudah pasti rentan mengalami masalah.

Membersihkan mesin mobil sebenarnya tidak harus dilakukan di bengkel, melainkan cukup dari rumah saja Anda bisa melakukan kegiatan tersebut sendiri. Berikut ini diantara beberapa tips melakukan pembersihan tersebut, diantaranya adalah:

6 Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil yang Kotor dan Berkarat


1. Pilihlah lokasi yang tepat, karena berhubungan dengan mesin dalam, maka ada beberapa pertimbangan lokasi, diantaranya adalah tempat yang sejuk, tidak terkena sinar matahari, juga bersih. Sehingga memungkinkan proses pembersihan jadi lebih nyaman tanpa resiko seperti kebakaran pada mesin.
2. Mulailah dengan membongkar bagian mesin dalam tersebut, sebelumnya Anda juga harus mempersiapkan beberapa macam sarana untuk melakukan pembersihan ini, jenis pembersihan mesin ini bervariasi, ada yang cukup dilakukan dengan menghilangkan debu saja, namun ada yang lebih kompleks, misalnya pada beberapa kendaraan yang bagian dalamnya sudah berkarat. Maka cara membersihkannya lebih lama.
3. Untuk mengatasi karat pada mesin kendaraan, maka siapkan juga amplas, bahan yang satu ini secara efektif bisa membantu menghilangkan karat yang menempel dan umumnya berwarna kecoklatan pada komponen mesin tersebut. Hati-hati dalam menggosoknya jangan sampai bagian dalamnya sampai terkikis. Lakukan perlahan sampai benar-benar bersih.
4. Mesin tersebut nantinya bisa direndam menggunakan cairan asam, misalnya adalah cuka atau lemon, kedua jenis zat tersebut mampu membersihkan karat secara sempurna pada mesin kendaraan, sambil disikat kemudian dicuci lagi hingga bersih.
5. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihannya dari debu, meskipun jumlahnya sedikit, namun jika dibiarkan terus menerus pastinya bisa memicu penumpukan, bahkan menghambat kinerja beberapa jenis mesin, tentunya akan sangat berbahaya.
6. Setelah melakukan pembersihan tersebut nantinya bisa langsung memasang kembali komponen-komponen yang sudah dilepas. Pastikan semuanya terpasang dengan benar dan erat.

Mudah bukan, membersihkan tidak harus ke bengkel, meskipun pada bagian dalam mesin. Anda bisa melakukannya di rumah tanpa harus keluar biaya.
Previous
Next Post »