-

Inilah 4 Macam Tabungan Masyarakat Indonesia

Advertisement
Saat ini berbagai kalangan masyarakat Indonesia banyak menyimpan tabungan sebagai investasi karena bersifat konvensional dan dengan mudah ditemukan di berbagai bank seluruh Indonesia. Kecilnya resiko yang di hadapi bagi nasabah yang memiliki tabungan membuat tabungan menjadi solusi terbaik untuk menyiapkan masa depan. Membiasakan diri untuk menabung dapat melatih kita hemat menggunakan uang yang kita hasilkan dari pekerjaan kita. Selain itu, budaya menabung dpat mengurangi budaya konsumtif masyarakat Indonesia. Sebenarnya banyak sekali macam-macam tabungan bagi si penabung yang di sesuaikan dengan kebutuhannya. Adapun penjelasan macam-macam tabungan sebagai berikut:

tabungan masyarakat indonesia

1. Tabungan Pembangunan Nasional atau yang di singkat Tabanas. 

Tabungan ini merupakan tabungan yang tidak memiliki batas waktu penyetoran uang. Penabung bebas menabung kapanpun. Tabungan tabanas terdiri dari 3 bagian, yaitu tabanas umum, tabanas pemuda/ pelajar /pramuka , dan tabanas pegawai. Tabanas umum yaitu tabungan yang diperuntukan untuk menabung perorangan oleh si penabung yang sesuai dengan namanya di buku tabungan. Tabanas pemuda/pelajar/pramuka atau yang disingkat tappelpram merupakan jenis tabanas yang khusus di kelola oleh suatu organisasi pramuka atau kepemudaan atau sekolah. Sedangkan tabanas pegawai merupakan tabanas yang diperuntukkan bagi pegawai baik pegawai pemerintahan maupun pegawai swasta. Dalam melaksanakan penyetoran, tabanas pegawai ini dilakukan secara kolektif atau bersam – sama. 

2. Tabungan ONH 

Tabungan ini digunakan bagi umat muslim yang akan melaksanakan ibadah haji. Tabungan ini atas nama jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Mekkah Baitullah. Besaran setoran di muka telah di atur menggunakan prinsip diskonto pada musim haji di setiap tahunnya. Adanya tabungan ini sangat memudahkan kita untuk menyicil besarnya biaya untuk ibadah haji. 

3. Taska

Taska merupakan salah satu jenis tabungan yang berkaitan dengan berbagai asuransi. Baik asuransi kesehatan, pendidikan, bangunan, kendaraan, dll. 

4. Tabungan lainnya

Merupakan tabungan yang bukan tabanas, ONH, atau  Taska yang banyak diadakan oleh bank – bank swasta dengan berbagai kelebihan – kelebihan yang ditawarkan. 

Previous
Next Post »