-

Cara Memilih Radiator Mobil di Bukalapak Berkualitas yang Tahan Lama

Advertisement
Mengendarai mobil dalam kondisi panas dan juga macet memang sangat berbahaya, hal ini sering kali menyebabkan emosi bagi pengendaranya, hingga tak jarang juga berujung pada kecelakaan akibat kurang sabar dalam mengendarai. Itulah mengapa sebagian banyak kendaraan roda empat, khususnya adalah mobil pribadi hingga bus-bus besar juga dilengkapi dengan sistem pendingin udara atau yang dikenal sebagai AC. Sebenarnya bukan hanya ruangan saja yang butuh didinginkan dalam kendaraan, melainkan juga mesinnya, khusus untuk pendinginan bagian mesin ini sendiri ada alat yang namanya radiator. Tak jauh berbeda pada komputer ataupun laptop yang dibekali bagian pendingin, kendaraan pun juga sama sebagai penunjang daya tahannya sehingga tak mudah terbakar. Radiator mobil di Bukalapak tersedia cukup lengkap bagi Anda yang tengah mencarinya untuk kebutuhan mengganti pendingin yang sudah tidak berfungsi lagi.

Seperti yang diketahui bahwa sebenarnya sebuah mesin ketika bekerja akan mengeluarkan radiasi, bentuknya sendiri adalah panas dari mesin tersebut, ketika panas tersebut terus dibiarkan akan berbahaya karena bisa memicu kebakaran kendaraan. Untuk itu secara otomatis ketika mesin panas dan tidak kunjung mendingin ada titik dimana mesin akan mati, hal ini diamankan juga sebagai overheating atau panas melebihi titik maksimal.

Ketika kondisi mobil Anda mudah mengalami mogok yang disebabkan karena panas ini artinya memang bagian radiator yang bermasalah. Bisa diatasi salah satunya adalah dengan mengganti menggunakan radiator baru. Cari radiator mobil di Bukalapak, produk baru sesuai dengan keinginan Anda. Agar radiator ini sendiri tidak boleh-balik diganti karena mengalami kerusakan, maka ketahui juga beberapa cara dalam perawatannya, diantaranya adalah:

Cara Memilih Radiator Mobil di Bukalapak Berkualitas yang Tahan Lama

1. Pastikan bahwa kisi-kisi yang ada pada bagian tersebut juga selalu dalam kondisi yang bersih, dalam sebuah radiator terdapat beberapa bagian penting, diantaranya adalah jalur udara yang melewati bagian kisi-kisi tersebut, ketika kondisinya selalu bersih maka memungkinkan udara juga keluar masuk secara mudah, namun ketika kondisinya kotor menyebabkan ia tak bisa bekerja efektif dalam mendinginkan, sehingga mesin jadi cepat panas.
2. Oleskan pelumas hingga tidak mudah mengkarat, selain kotoran yang menempel maka ada masalah lainnya yang sering kali dialami, diantaranya adalah pengkaratan yang menyebabkan beberapa komponen tidak bisa berfungsi dengan baik, khusus untuk masalah yang satu ini sebenarnya langkah untuk mengatasinya mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan pelumas saja pada mesin tersebut.
3. Lakukan pengkurasan secara teratur, khususnya pada mobil yang sudah tua, karena sering kali hal yang rentan bermasalah, namun pengkurasan hendaknya tidak dilakukan sendiri, melainkan oleh tangan-tangan yang sudah ahli sehingga hasil bersihnya juga jadi maksimal. Karena pengkurasan jika dilakukan secara salah justru akan menyebabkan beberapa komponen di dalamnya tersumbat.
4. Pastikan selang radiator juga berfungsi dengan baik, khususnya adalah tidak ada bagian yang berlubang atau bocor, cairan pendingin atau coolant sering kali tidak bekerja secara maksimal ketika saluran yang dilewatinya bocor, akibatnya tidak berfungsi untuk mendinginkan mesin justru akan menetes ke bagian oli, oli tercampur dengan air menyebabkan kinerjanya kurang maksimal.
5. Pastikan tutup radiator juga berfungsi dengan baik, khususnya adalah bagian pegas dan karet yang merekatkan, ketika sudah sobek tidak akan mampu menutup secara rapat kembali.

Perawatan yang tepat akan membuatnya tahan lebih lama, penting juga untuk membeli radiator mobil di Bukalapak yang berkualitas sehingga tak mudah rusak.
Previous
Next Post »