-

5 Cara Cantik dan Sopan Memakai Model Baju Batik ke Tempat Kerja

Advertisement
Menambah koleksi busana dengan beberapa model baju batik kini menjadi salah satu opsional yang cukup cerdas. Terlebih bagi Kita yang memang bekerja di kantoran maka baju batik menjadi busana kantor yang sangat ideal. Apalagi beberapa perusahaan terutama BUMN khusus pada hari Jumat mewajibkan karyawannya mengenakan batik. Supaya tampil segar sekaligus tetap sopan bekerja mengenakan batik ternyata ada trik atau cara tersendiri. Sehingga perlu dipahami dulu baru dipraktekkan. 


Model baju khusus batik dewasa ini semakin beragam dan beberapa dibuat dengan potongan tertentu sehingga lebih rumit dan terkesan modern. Mengenakan batik untuk ke kantor memang menjadi pemandangan lumrah sebab batik sendiri memang memberi kesan formal. Sayangnya dengan banyaknya pilihan model batik bukan berarti semua model akan pas dikenakan untuk ke kantor. Perlu teliti saat memilih dan memadukannya dengan busana lain supaya cantik sekaligus formal. Berikut beberapa cara mudahnya:

Model sederhana adalah pilihan terbaik, 

Pergi ke kantor tentu untuk urusan pekerjaan sehingga perlu memakai busana kantor yang super nyaman. Kenyamanan ini semakin mudah didapat apabila model baju yang dikenakan cukup simpel, cantik namun tetap tidak berlebihan. Model yang terlalu rumit akan membuat kesan penampilan salah tempat dan cocoknya untuk acara formal seperti pesta bukan ke kantor. Potongan dan model sederhana akan terlihat lebih cocok di tempat kerja. 

Motif garis menjadi jalan keluar, 

Selain memperhatikan model baju batik Kita pun perlu memperhatikan motif baju batik tersebut supaya terlihat sopan di tempat kerja. Motif pada batik sangat beragam dan beberapa dibuat dengan corak khas sehingga kesan yang tercipta pun berbeda-beda. Supaya tetap terkesan sopan dan formal maka dianjurkan memilih motif garis-garis sehingga kesannya tegas. Motif yang terlalu rumit akan membuat penampilan juga terlihat rumit sehingga perlu dihindari. 

Penting menambahkan aksesoris, 

Karena memilih model dan motif baju batik yang sederhana maka Kita bisa sangat cocok menambahkan aksesoris tertentu. Supaya mempercantik penampilan dan tidak selalu terlihat seperti orang tua, salah satunya menambahkan kalung. Kalung yang cukup panjang sampai ke dada ataupun kalung mungil dengan baju batik berkerah turun menjadi pilihan pas. Selain itu bisa pula menambahkan aksesoris berupa pemakaian sepatu dengan model unik, dijamin penampilan pun terlihat segar. 

Warna netral jauh lebih aman, 

Supaya kesan penampilan tetap baik saat di area kantor sekaligus tidak mengganggu kenyamanan karyawan lainnya. Baju batik dengan warna netral menjadi pilihan yang cukup ideal supaya terkesan ringan namun tidak berlebihan. Hindari warna gelap ataupun warna yang terlalu cerah, sebab akan terlihat terlalu mencolok dan kurang enak dipandang. Warna netral yang bisa dipilih seperti warna krem, coklat muda, putih, dan warna netral lainnya yang memberi kesan lembut. 

Seimbangkan dengan paduan gelap, 

Apabila lebih menyukai baju batik dengan warna yang cerah dan terlanjur membelinya, maka sebaiknya dipadukan dengan busana gelap. Misal, memiliki rok bermodel span dari kain batik bisa dipadukan dengan atasan warna gelap seperti coklat ataupun hitam. Begitu pula sebaliknya, jika memiliki atasan batik berwarna cerah dan mencolok seimbangkan dengan bawahan gelap. Seperti celana bahan berwarna hitam ataupun coklat tua, dengan demikian model baju batik apapun dengan warna mencolok akan terlihat tidak berlebihan.
Previous
Next Post »