-

Kaca Film Murah yang Sesuai Peletakannya Pada Mobil

Advertisement
Belanja online saat ini lebih mudah dilakukan apalagi sudah banyak online shop yang menjual beragam jenis barang termasuk kaca film. Kaca film ini banyak dipergunakan untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam mobil. Harganya di pasaran beragam, tergantung dari kualitas, tingkat kegelapan hingga merknya. Dalam memilih kaca film murah tidak hanya harus ditentukan berdasarkan pada harganya namun juga pada intensitas gelap terangnya dan penempatan kaca tersebut.

Pada dasarnya ada 4 spesifikasi kaca mobil yang harus Anda ketahui sebelum membeli, yaitu:

VLT atau visible light transmission yang menandakan jumlah yang masuk sehingga semakin tinggi nilai VLT maka cahaya yang masuk ke dalam mobil semakin terang.
UVR/UVLR atau ultra violet reduction/ultra violet light rejected untuk menolak sinar UV agar tidak masuk ke dalam mobil.
IRR atau infrared reduction/rejected: semakin tinggi nilai inframerah yang ditolak maka akan semakin aman.
TSER atau total solar energy rejection dan jika angka semakin tinggi maka kaca akan semakin baik.



Pada dasarnya spesifikasi kaca film yang ideal adalah angka UVR/UVLR harus mendekati 100%, VLT yang disesuaikan dengan kenyamanan pengguna dan nilai IRR & TSER harus setinggi mungkin. Jika kaca mobil tersebut hendak dipergunakan untuk kaca di bagian tengah baik untuk row 2 atau 3 atau untuk semuanya, Anda bisa memiliki kaca mobil dengan VLT yang memiliki tingkat prosentasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Kedua adalah kaca depan. Jika kaca film murah tersebut hendak dipasang untuk kaca bagian depan, maka pilih yang nilai VLT 20% atau maksimal sebesar 40% jika 20% masih dirasa terlalu terang. Hindari untuk memilih nilai VLT yang terlalu gelap untuk kaca depan karena Anda bisa susah untuk mengendarai mobil dan melihat ke depan jika kaca tersebut terlalu gelap walaupun gangguan silau lebih bisa diminimalisir. Sedangkan jika Anda tinggal di kota atau tempat yang jalanannya masih banyak yang berlubang atau tidak bagus, sebaiknya menggunakan VLT dengan nilai 20% atau bahkan tidak menggunakan kaca film sama sekali sehingga bisa melihat kondisi jalanan dengan lebih mudah.

Ketiga adalah untuk kaca samping bagian depan. Anda bisa menggunakan kaca film dengan angka VLT sebesar 20% untuk di kaca samping kemudi atau bisa menggunakan 40% atau 60%. Jika kaca depan Anda menggunakan 20%, maka Anda bisa menggunakan yang 40% untuk kaca samping kanan kiri kemudi. Sedangkan jika Anda menggunakan 40% untuk kaca depan, gunakan yang 40% atau 60% untuk kaca di bagian samping kanan kiri kemudi. Penggunaan kaca 60% lebih disarankan sebab dirasa lebih teduh saat siang hari apalagi jika sedang terik sehingga jika di malam hari bisa mengurangi silau.

Untuk bagian belakang mobil atau di bagian kaca belakang mobil, Anda bisa mempergunakan kaca film murah dengan nilai VLT sekitar 20% dan maksimal 40% dengan catatan kaca film untuk mobil tersebut sudah dilengkapi dengan rayben mode. Sedangkan jika belum ada rayben mode, Anda bisa menggunakan kaca film dengan VLT 60%. Jangan menggunakan yang lebih dari itu misalnya 80% sebab bisa menyulitkan Anda untuk memundurkan mobil apalagi saat malam hari karena tidak terlihat jalan atau apapun yang ada di bagian belakang mobil yang bisa menyebabkan sesuatu hal yang tidak diinginkan misalnya menabrak pohon atau masuk parit.

image source google.co.id
Previous
Next Post »