-

Memilih Helm Motor Tak Boleh Sembarangan, Ini Tips-Tipsnya!

Advertisement
Mengendarai motor tentu belum lengkap tanpa menggunakan helm berkualitas. Jangan sampai menggunakan helm hanya menjadi sebuah formalitas. Karena helm merupakan perangkat keselamatan yang sangat penting ketika mengendarai motor.

Untuk mendukung keamanan dan kenyamanan selama mengendarai motor, tentu saja kita wajib memilih helm berkualitas. Sekarang, banyak pusat perbelanjaan maupun toko online yang jual model helm terbaru dengan standar keamanan yang memadai. Hal ini mempermudah kita membeli helm berkualitas sesuai kebutuhan.

menggunakan helm


Namun ternyata memilih helm tak boleh sembarangan. Beberapa tips ini mesti kita cermati supaya bisa memperoleh helm berkualitas:

Ukuran Helm Sangat Penting


Walaupun ukuran helm dewasa tampak sama, sebenarnya setiap merek helm memiliki standar ukuran tersendiri. Jangan memilih helm yang terlalu longgar sebab hal tersebut justru membahayakan keselamatan. Jika helm terasa nyaman dan tak menimbulkan sakit kepala bila dipakai selama beberapa menit, berarti ukuran helm tersebut cocok dengan kepala kita.

Pilih Helm dengan Pengait di Bagian Leher


Bukankah semua helm dilengkapi dengan pengait di bagian leher? Rupanya tidak juga. Alangkah lebih baik jika kita memilih helm dengan pengait di bagian leher. Karena helm ini tak akan mudah terlepas saat kita berkendara dengan kecepatan tinggi. Kita pun tak akan kerepotan memperbaiki posisi helm saat mengendarai motor. Helm akan terpasang dengan benar dan nyaman pada kepala kita.

Mempertimbangkan Bobot Helm


Bukan cuma ukuran helm yang menjadi penentu kenyamanan saat menggunakannya. Kita juga wajib memilih helm yang bobotnya ringan. Helm yang berkualitas biasanya memiliki daya tahan super kuat tetapi bobotnya tetap ringan. Sehingga kepala tak akan terbebani dengan bobot helm yang berat. Perjalanan jauh pun membuat kita tetap merasa nyaman saat menggunakan helm.

Warna Kaca Helm Juga Penting


Kaca helm yang dikenal dengan sebutan visor sebaiknya berwarna bening. Agar jarak pandang kita tetap aman bila kita mengendarai motor di malam hari. Ada helm yang dilengkapi dengan visor berwarna gelap supaya kelihatan teduh. Namun jenis helm tersebut hanya cocok digunakan pada siang hari untuk menghalau paparan sinar matahari berlebihan.

Teknologi Anti Maling pada Helm


Ternyata helm canggih masa kini juga dilengkapi dengan sistem anti maling (anti theft system). Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan helm biasa, tentu kita bisa memperoleh manfaat istimewa. Kita tak perlu khawatir meninggalkan helm saat parkir di tempat umum. Karena sistem tersebut membuat helm aman dari rencana pencurian. Helm kesayangan yang berkualitas akan senantiasa menemani perjalanan kita ketika mengendarai motor.

Kalau masih menggunakan helm usang sewaktu mengendarai motor, berarti sudah saatnya kita membeli helm baru. Pilihlah aneka helm berkualitas yang akan membuat perjalanan kita jadi aman dan nyaman. Mari cari tahu referensinya terlebih dahulu sebelum memilih yang terbaik!

Previous
Next Post »