-

Kue Lapis Legit Karena Belanda

Advertisement
lapis legit

Lapis legit adalah kue lokal yang awalnya berasal dari pengaruh masa kolonial Belanda di Indonesia. Namun kemudian resep spekkoek diadaptasi dengan bahan asli Indonesia dan sekarang telah menjadi salah satu kekayaan kudapan nusantara.

Kue Lapis legit disebut juga spekkoek. Kata “Spek“ dalam bahasa Belanda yang berarti lapisan lemak babi. Tetapi bahan baku kue lapis legit tidak berbahan babi. Hanya karena terlihat seperti lapisan lemak babi yang berlapis-lapis, lapis legit dalam bahasa Belanda disebut “Spek”.

jelajah gizi

Lapis legit adalah sejenis kue berlapis-lapis yang terbuat dari adonan tepung dan telur, dengan aroma bumbu yang harum. Umumnya, spekkoek berwarna kuning dan coklat. Lapis legit juga dapat dihidangkan saat acara pesta. Lapis legit kaya akan rasa rempah-rempah, karena bahan pendukungnya adalah cardamom, kayu manis, cengkih, dan adas manis. Itu sebabnya disukai orang Eropa. Di Belanda lapis legit sering dijadikan makanan penutup. Sedangkan di Indonesia lebih dipandang sebagai kudapan.

Membuat kue lapis legit tidak sulit tapi perlu sedikit ketelatenan karena kue harus dipanggang selapis demi selapis. Di acara promosi Indonesia di luar negeri, seperti di Milan Expo, kue lapis legit adalah salah satu yang ditampilkan. Pengunjung dapat mencoba merasakan kenikmatan kue tersebut. Ini bukti kue lapis legit sudah diakui sebagai makanan khas Indonesia.
Previous
Next Post »