-

Inilah 4 Alat Kontrasepsi Paling Aman Nyaman Untuk Wanita dan Pria

Advertisement
Hamil merupakan momen yang paling berharga bagi setiap wanita di seluruh dunia. berbagai cara dilakukan untuk bisa mendapatkan momen tersebut. Salah satunya dengan menunda kehamilan untuk mendapatkan momen hamil yang tepat. Hal ini dilakukan ketika wanita mempersiapkan mental dan fisiknya untuk masa kehamilannya. Sebelum kita memilih alat kontrasepsi, kita mesti mempertimbangkan beberapa hal seperti kemananannya, efek samping dan lain sebagainya. Berikut ada beberapa alat kontrasepsi paling aman diantaranya:

alat kontrasepsi


1. Birth control patch
Alat penunda kehamilan yang satu ini berupa lembaran seperti plester atau koyo yang di tempelkan pada kulit. Biasanya alat ini berbentuk tipis dan berwarna coklat. Birth control patch bekerja dengan cara melepaskan hormon tertentu melalui kulit, dan kemudian masuk melalui aliran darah. Hormon inilah yang nantinya dapat mencegah kehamilan pada wanita.

2. Vasektomi
Metode kontrasepsi ini dilakukan pada pria dengan cara menutup saluran sperma pria melaui operasi. Cara ini sering kita kenal dengan istilah sterilisasi. Banyak yang beranggapan bahwa pria tidak bisa membuahi lagi setelah melakukan kontrasepsi ini. namun beberapa alhi menyatakan bahwa seorag pria masih bisa mebuahi dengan cara membuka kembali saluran sperma tersebut.

3. IUD
Alat kontrasepsi yang satu ini merupakan yang paling populer. Karena sangat efektif dan bisa bertahan selama lima sampai delapan tahun bahkan ada yang sampai dua belas tahun. IUD merupakan alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rongga rahim wanita. 

4. Vasalgel
Alat ontrasepsi yang satu ini hanya digunakan oleh pria. Alat ini berupa gel yang disuntikan ke dalam tabung yang membawa sperma. Namun tidak semua pria dapat menggunakan alat ini, karena sebagian dapat mengalami alergi terhadap gel tersebut. Untuk itu perlu konsultasi dengan dokter sebelum anda memakainya.

Itulah beberapa alat kontrasepsi paling aman yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Pilihlah yang menurut anda paling nyaman saat digunakan, jangan terlalu memaksakan jika dirasa tidak cocok pada tubuh anda. Dan yang terpenting adalah konsultasikan dulu pada bidan atau dokter kandungan anda. Sediakan juga alat termometer jika badan anda atau keluarga anda panas atau demam.

Previous
Next Post »