-

Keunikan Tradisi dan Budaya Bali Ini Menggemparkan Dunia

Advertisement
Selain keindahan alam dan kemudahan akomodasinya, pulau Bali banyak dijadikan sebagai tujuan wisata karena tradisi ataupun kebudayaan yang dimiliki oleh penduduk aslinya. Berbagai tradisi mulai dari upacara keagamaan hingga upacara pemakaman banyak dijadikan sebagai salah satu atraksi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan. Upacara tradisional yang banyak diselenggarakan oleh masyarakat Bali pada umumnya lebih menarik bagi wisatawan manca negara yang sedang berkunjung ke Pulau Bali. Mereka lebih banyak menyebut upacara tersebut sebagai The amazing tradition in Bali Indonesia.

tradisi budaya bali

Budaya dan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Bali terkenal dengan keunikan dan kesakralan dalam setiap pelaksanaannya. Pelaksanaan upacara yang dilakukan dengan tradisi-tradisi tertentu dan penyertaan bunga ataupun kelengkapan upacara lainnya, turut menjadikan pelaksanaan upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat Bali terasa semakin sakral dan suci. Masing-masing daerah yang ada di Bali pun mempunyai tatacara dan ciri khas tersendiri dalam melaksanakan upacara tradisional di daerahnya.

Baca juga Tempat Pesta Pernikahan di Bali Paling Terbaik

Berikut ini beberapa upacara yang menjadi tradisi di Bali Indonesia yang mungkin dapat Anda temukan, ketika berada di Pulau Bali. Beberapa upacara tersebut, antara lain adalah:

1. Upacara Ngaben

Upacara Ngaben merupakan upacara yang diselenggarakan oleh umat Hindu untuk memperingati roh-roh leluhur mereka yang telah meninggal. Prosesi utama dari upacara Ngaben adalah pembakaran mayat dari leluhur yang telah meninggal, prosesi upacara ini telah dilakukan oleh masyarakat Bali secara turun temurun.

2. Upacara Melasti

Upacara Melasti merupakan salah satu rangkaian upacara yang diselenggarakan 3 hari sebelum hari raya Nyepi, dimana upacara ini mempunyai makna untuk membersihkan diri manusia, alam dan benda-benda yang dianggap sakral, dengan menghanyutkan kotoran yang ada di dalamnya.

3. Upacara Omed-omedan

Upacara tradisi yang berasal dari Banjar Kaja, Sesetan Denpasar ini merupakan upacara tarik menarik yang dilakukan oleh muda-mudi ataupun seorang dewasa yang belum menikah. Tujuan dari upacara ini adalah agar mereka yang melaksanakan upacara tersebut dapat memperoleh jodoh dalam upacara tersebut.

Selain beberapa upacara tradisional yang ada di Pulau Bali, upacara keagamaan pun dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi pulau ini. Upacara keagamaan yang dilaksanakan masyarakat Bali ini selalu menggunakan ritual dan pakaian khusus dalam penyelenggaraannya. Sehingga kesan sakral dan suci selalu Kita peroleh ketika menyaksikan upacara keagamaan tersebut.

Semoga informasi di atas dapat memberikan anda pengetahuan tentang tradisi dan budaya yang ada di bali. Cintai tanah air kita dengan mengenal setiap budaya yang ada di indonesia. 
Previous
Next Post »