-

Keanekaragaman di Taman Nasional Komodo Indonesia

Advertisement
Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman yang sangat berlimpah, tidak hanya pulau, bahasa, budaya namun juga flora dan fauna. Dari keanekaragaman tersebut, menjadikan suatu daya tarik sehingga wisatawan tidak hanya yang berasal dari dalam negeri namun juga dari luar negeri datang ke Indonesia. Salah satu tempat yang menjadi minat para wisatawan adalah di Taman Nasional Komodo Indonesia.

Taman Nasional Komodo berada di ujung barat dari Pulau Flores tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat. Taman nasional ini terbagi atas 3 pulau besar yaitu Pulau Komodo, Rinca dan Padar dan beberapa pulau kecil. Dengan luas total 1.817 km2, Taman Nasional yang ada di wilayah Timur Indonesia ini merupakan salah satu tempat yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991, menjadi simbol Nasional oleh Presiden RI di tahun 1992, kawan perlindungan laut di tahun 2000 dan salah satu dari Taman Nasional Modern di tahun 2006.

pulau komodo

Di Taman Nasional Pulau Komodo Indonesia terdapat spesies khas yang disebut juga termasuk dalam salah satu hewan purba yaitu Komodo. Dengan nama latin Varanus komodensis hewan ini hanya ada di Pulau Komodo, Gili Motang, Rinca dan Pulau Nusa Kode. Hewan yang disebut juga dengan nama Ora dalam bahasa Manggarai ini termasuk sebagai binatang karnivora. Selain komodo, terdapat hewan lain yang hidup di taman nasional ini, diantaranya yaitu 1000 spesies ikan, 70 spesies spons, 260 spesies terumbu karang, 14 spesies paus, mangrove, rusa, kura-kura, lumba-lumba, hiu, ikan duyung, ikan pari manta, 34 jenis reptil dan 111 jenis burung.

Selain hewan, di Taman Nasional Komodo terdapat tipe vegetasi sebagai habitat asli dari hewan dan tumbuhan yang ada di taman nasional yaitu:

Padang rumput dan hutan savanna yang luasnya mencapai 70% dari luas Taman Nasional Komodo yang merupakan habitat berbagai jenis rumput.
Hutan tropis musim yang luasnya sekitar 25% dari luas taman nasional ini berada di tempat dengan ketinggian kurang dari 500 mdpl. Tempat ini menjadi habitat dari vegetasi seperti pohon asem, pohon kepuh dan kesambi.
Hutan yang berada di atas 600 mdpl dan banyak lumut akan sering ditemukan di tempat ini.

Untuk menjelajahi Taman Nasional Komodo Indonesia, sebaiknya Anda harus membaca panduan mengenai bagaimana cara untuk berwisata ke tempat tersebut terutama jika Anda ingin ke pulau tempat habitat Komodo seperti di Pulau Komodo atau pulau Rinca. Anda juga akan dapat mencari tempat mana saja yang menjadi destinasi wisata favorit Anda di sini sehingga wisata Anda akan menjadi semakin menyenangkan. Semoga ulasa tentang taman nasional komodo di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Previous
Next Post »