-

Menilik Serba-serbi Hukum Melakukan Qurban Online

Advertisement
Berqurban merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat islam yang memang memiliki kelebihan dalam pendapatannya. Ibadah qurban ini, dilaksanakan pada saat hari raya idul adha, dimana qurban diberikan dengan cara menyembelih hewan ternak yang ada pada daerah domisili umat muslim tersebut. Di Indonesia sendiri, hewan yang identik untuk dijadikan sebagai hewan qurban pada saat Idul Adha tiba adalah hewan ternak yang berupa sapi, kambing, domba ataupun kerbau, yang biasanya dibeli sesuai dengan kemampuan para pemberi qurban.

hukum berkurban

Untuk melaksanakan ibadah qurban ini sendiri, kita umat muslim tidak dapat begitu saja dalam memberikan hewan yang akan kita jadikan sebagai qurban. Beberapa hal yang termasuk dalam sunnah dalam berqurban, harus secara jelas kita ketahui, agar nantinya ibadah qurban yang kita jalankan dapat memiliki manfaat yang baik dalam kehidupan beragama kita. Berikut ini beberapa sunnah dalam melakukan ibadah qurban, yang antara lain adalah:

•> Melihat bentuk nyata dari hewan yang akan di qurbankan dan melihat serta berzikir pada waktu penyembelihan hewan qurban.•> Memiliki 1/3 bagian dari hasil penyembelihan hewan qurban, dan memakan sebagian dari hasil tersebut.•> Tidak memotong kuku dan rambut, sampai hewan qurban disembelih.

Sunnah tersebut memang tidak dapat dilaksanakan bagi Anda yang memang melaksanakan ibadah qurban dengan sistem online, sebagaimana yang banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga zakat, yang memang menawarkan sistem qurban secara online. Namun demikian qurban yang Anda lakukan dengan sistem online tetap diperbolehkan dalam kaidah Islam, karena tidak terdapat aturan baku yang melarang sistem tersebut. Selain itu qurban yang dilakukan dengan sistem online pun, tetap dapat membawa manfaat dan keberkahan bagi sesama umat muslim, karena panitia qurban tidak akan sembarangan dalam membagikan daging qurban yang telah Anda berikan secara online tersebut.

Dengan mengutamakan pembagian daging qurban kepada yang lebih membutuhkan, daripada diri kita sendiri, maka kita secara otomatis telah melakukan amalan kebaikan lainnya, yang Insya Allah akan mendatangkan kebaikan baik bagi diri kita sendiri maupun umat lainnya. Yang harus menjadi catatan penting dalam ibadah qurban ini bukanlah cara kita memberikan qurban, namun makna dari ibadah qurban yang harus secara mendalam kita ketahui.

Oleh karena itu apabila kita akan melaksanakan ibadah qurban dan kesulitan untuk mendapatkan hewan qurban, yang biasanya dialami oleh masyarakat perkotaan, tak ada salahnya jika kita melakukan qurban online, karena sistem inipun dapat membawa manfaat bagi kita dan umat muslim lainnya. Namun dalam melakukan ibadah qurban dengan sistem online ini, pastikan Anda memilih lembaga penyalur dan penyelenggara qurban dengan sistem online, yang terpercaya, agar nantinya daging qurban dapat tersampaikan pada masyarakat yang memang membutuhkan.

Previous
Next Post »