-

Konsultasi Keuangan Keluarga untuk Mengelola Uang dengan Efektif

Advertisement
Soal keuangan adalah hal selalu menjadi topik utama banyak keluarga. Dari soal kebutuhan hidup sehari-hari, biaya sekolah, tagihan, dan juga keperluan rekreasi, semua itu tentunya membutuhkan uang. Masalahnya adalah, di banyak keluarga, uang seakan terus-menerus keluar, bahkan semakin bertambah, sementara penghasilan masih saja standar atau tetap. Jika Anda sudah mencapai tahap di mana besar pasak daripada tiang, konsultasi keuangan keluarga haruslah dilakukan.

konsultais keuangan keluarga

Konsultasi seputar keuangan keluarga tersebut bisa mencakup banyak hal, tapi terutama adalah bagaimana caranya agar keluarga kecil Anda tersebut bisa mengatur keuangannya dengan baik. Sebenarnya, jika dipikir-pikir lagi, gaji Anda seharusnya sudah cukup untuk hidup dengan normal, termasuk membayar tagihan dan biaya lain. Pertanyaannya, kenapa bisa jadi keteteran? Ini biasanya disebabkan karena kesalahan dalam pengelolaan uang tersebut.

Agar Anda bisa mengelola uang Anda dengan benar di dalam keluarga, ini yang perlu Anda perhatikan:


1. Tahu kondisi keuangan

Anda harus tahu persis berapa simpanan tabungan Anda, kredit yang sedang diangsur, tagihan-tagihan, pengeluaran, dll.

2. Menyusun anggaran

Susun dulu rencana untuk keuangan Anda selama sebulan, dari jumlah pendapatan yang Anda terima, kemudian penggunaannya. Tuliskan secara rinci dan obyektif, bahkan untuk hiburan, selama Anda bisa mematuhi anggaran tersebut.

3. Jangan berhutang

Jika Anda tidak terdesak atau sedang sangat perlu, maka sebaiknya jangan berhutang lebih dahulu. Atau kalau Anda memang ingin membangun sejarah kredit, lakukan di saat kondisi keuangan sehat dan angsuran sedikit.

4. Ada target finansial

Misalnya target untuk biaya pendidikan anak, target untuk membeli kendaraan, dll. Ini akan memotivasi Anda untuk menabung, berhemat, dan merancang keuangan.

5. Investasi

Selain menabung, Anda bisa menambah simpanan dengan melakukan investasi, seperti reksadana misalnya. Nantinya, Anda akan menghasilkan dana yang lebih besar.

Lakukan konsultasi keuangan keluarga ke lembaga keuangan yang terdekat dan handal. Anda bisa membacanya dari buku-buku tentang cara menghemat, bagaimana hidup sederhana, dan juga bertanya langsung pada orang-orang di sekitar Anda yang Anda kenal sebagai seorang yang sukses dalam mengatur keuangan sendiri. Belajarlah agar Anda mendapatkan ilmu mengelola uang dari mereka.

Previous
Next Post »