-

Apa Itu Batu Ginjal dan Bagaimana Cara Mengobatinya ?

Advertisement
Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang sering menjadi keluhan bagi sebagian orang. Lalu apa sebenarnya penyakit batu ginjal itu, apa penyebabnya dan seperti apa cara mengobati batu ginjal yang bisa ditempuh. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita kenali dulu apa itu batu ginjal. Penyakit batu ginjal secara medis disebut dengan penyakit nefrolitiasis. Jadi, ada benda atau material yang keras yang terbentuk di bagian dalam ginjal. Material yang mirip seperti batu ini berasal dari sisa zat limbah dalam tubuh kemudian mengendap dan mengkristal di dalam ginjal. Penyakit ini banyak dialami oleh orang yang berusia sekita 30 tahun sampai dengan 60 tahun baik itu wanita maupun pria.

penyakit batu ginjal

Endapan yang berupa material keras seperti batu ini biasanya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti diantaranya adalah karena makanan atau karena beberapa masalah kesehatan lainnya. Ada beberapa jenis batu ginjal yang kerap dialami oleh beberapa orang seperti diantaranya adalah jenis batu ginjal batu kalsium, batu ginjal jenis struvit, batu ginjal jenis asam urat dan juga batu ginjal jenis sistin. Apabila batu ginjal yang ada dalam tubuh seseorang masih kecil, biasanya tidak ada gejala yang akan dirasakan oleh si penderita. Akan tetapi jika batu yang ada sudah berukuran besar maka di penderita ini baru akan merasakan gejalanya seperti urin yang berdarah, bahkan bisa menyebabkan pembengkakan. Pinggang yang nyeri atau bagian perut bisa menandakan gejala batu ginjal.

Untuk mengobati batu ginjal ini biasanya akan dilakukan dengan beberapa cara tergantung dari ukuran batu ginjal yang ada dalam tubuh. Langkah-langkah pengobatannya diantaranya adalah:

1. Minum air putih akan sangat dianjurkan oleh dokter jika kondisi batu ginjal masih kecil dan kemungkinan terdorong keluar. Jika memang ada gejala yang membuat si penderita tidak nyaman maka dokter biasanya akan memberikan obat untuk meredakan rasa sakit. Baca di Kenapa Sih Kita Harus Minum Air Putih ? Nih Jawabannya Sob!

2. Jalan operasi, laser atau ultrasound biasanya akan diambil jika ukuran batu sudah berukuran besar sebagai cara mengobati batu ginjal.

Iutlah kedua langkah dari pengobatan yang dapat dilakukan apabila anda memiliki batu ginjal. Dan perlu di ingatkan hal ini tergantu dari seberapa besar ukuran batu ginjal tersebut. Sebaiknya hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter Anda karena penyakit ini bisa dikategorikan yang berbahaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dan kami selaku penulis semoga anda dijauhkan dari segala penyakit dan juga jangan lupa tetap melakukan pola hidup sehat yang benar. :)

Untuk cara penyembuhan lainnya seperti cara mengobati penyakit tbc dan lainnya bisa disini.
Previous
Next Post »