-

Teknik Transplantasi Propagasi untuk Penyelamatan Terumbu Karang di Lovina Bali

Advertisement
Lovina Bali yang berada di wilayah Bali utara saat ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang tidak hanya menawarkan atraksi lumba-lumba di laut lepas Lovina ataupun pemandangan matahari terbit namun juga keindahan dalam laut misalnya terumbu karang. Kawasan Lovina menjadi ekosistem terumbu karang dan aktivitas manusia mempengaruhi pertumbuhan dari terumbu karang tersebut sehingga perlu dilestarikan dan membantu untuk menjaga ekosistem laut Lovina.
sumber gambar lovinabaliku .com

Terumbu karang yang hidup di kawasan Lovina adalah jenis fringing reefs atau terumbu karang tepi yang merupakan terumbu karang yang hidup di sepanjang pantai. Jenis terumbu karang ini memiliki manfaat yaitu dapat membantu untuk melindungi daratan dari ancaman abrasi atau pengikisan karena gelombang laut. Terumbu karang termasuk sumber perikanan karena terdapat 32 jenis ikan yang hidup dan beberapa diantaranya termasuk ikan karang komoditi ekspor. Ketidakseimbangan ekosistem membuat tidak optimalnya flora fauna yang hidup di kawasan Lovina.

Salah satu cara untuk membantu penyelamatan terumbu karang yang ada di kawasan Pantai Lovina adalah dengan transplantasi propagasi. Upaya rehabilitasi tersebut dilakukan dengan cara pencangkokan atau dengan pemotongan terumbu karang hidup dan kemudian ditanam di tempat lain atau di kawasan lain yang mengalami kerusakan sehingga tidak hanya dapat memperbaiki namun juga dapat menciptakan habitat yang baru. selain itu dengan transplantasi propagasi, dapat membantu untuk mempercepat regenerasi pertumbuhan dari terumbu karang yang sudah rusak, untuk konservasi plasma serta untuk pengembangan populasi karang.

Penerapan metode dari propagasi transplantasi untuk terumbu karang di kawasan Lovina yaitu:

  • 1. Penyempitan lambat yang banyak dilakukan untuk karang lunak.
  • 2. Cutting dengan menggunakan pisau, gunting atau alat tajam lainnya untuk menyebarkan karang.
  • 3. Menggergaji untuk karang yang bercabang keras dengan menggunakan pisau tipis sehingga koloni kecil dengan koloni yang lebih besar.
  • 4. Breaking untuk karang bercabang keras dan metode ini menggunakan palu kecil dan pahat kecil sehingga tidak merusak karang yang lainnya.
  • 5. Potongan dengan menggunakan gunting yang tajam atau snops timah.
  • 6. Pengeboran/etching dengan menggunakan bor dan merupakan metode paling modern diantara dengan metode yang lainnya.
  • 7. Memasang karang fragmentasi yang sebelumnya telah disiapkan dan dipisahkan dari koloni induknya.
  • 8. Penempatan harus disesuaikan dengan tempatnya sehingga dapat tumbuh dan terpelihara secara maksimal dan membantu untuk memperbaiki ekosistem.


Dari pelestarian terumbu karang dengan propagasi transplantasi tersebut, terumbu karang di Lovina Bali tetap dapat dilestarikan dan dijadikan rumah oleh ikan karang. Keindahan tersebut dapat Anda nikmati saat Anda datang dan snorkeling di Taman Laut Lovina. Selain taman laut, Anda dapat mengunjungi destinasi wisata lainnya yang ada di bali, kami telah mengulas beberapa ulasan mengenai tempat wisata di bali yang wajib anda kunjungi. Semoga menjadi inspirasi tempat liburan beserta keluarga tercinta.

Baca di 
Previous
Next Post »