-

Kenapa Sih Kita Harus Minum Air Putih ? Nih Jawabannya Sob

Advertisement
Banyak orang tidak terlalu suka untuk mengkonsumsi air putih dikarenakan rasanya yang hambar. Namun, untuk hidup sehat, salah satu kuncinya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Biasanya, dalam sehari disarankan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter per harinya. Penelitian yang dilakukan di Inggris mengemukakan jika mengkonsumsi air putih dapat membantu untuk menurunkan berat badan Anda sehingga bagus bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Baca juga Ada Masalah Dengan Program Diet Anda ? Solusinya Ada Disini

minum air putih manfaatnya

Penelitian di Inggris tersebut melibatkan 84 orang yang termasuk ke dalam golongan penderita obesitas. Dari 84 dibagi menjadi 2 kelompok yang dimana kelompok 1 diminta untuk meminum air putih sebelum makan dan yang kedua hanya diminta untuk membayangkan dirinya kenyang. Hasil dari penelitian tersebut adalah kelompok 1 mengalami penurunan berat badan sekitar 1,3 kg dibandingkan dengan kelompok kedua. Penelitian lainnya dilakukan oleh peneliti dari Jerman dan membuktikan jika konsumsi air putih dapat membantu untuk menurunkan berat badan karena kalori lebih banyak terbakar.

Namun, banyak tidaknya jumlah air yang dikonsumsi dalam penerapan pola hidup yang sehat terdapat beberapa faktor yang memperingati yaitu:
  1. Jenis kelamin. Laki-laki membutuhkan air putih sebanyak 3 liter sedangkan wanita membutuhkan 2,2 liter per harinya.
  2. Hamil dan menyusui. Untuk ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air putih kurang lebih 2,3 liter atau 10 cangkir per harinya. Sedangkan jika sedang menyusui maka konsumsi air yang dianjurkan sebanyak 3,1 liter per harinya atau 13 cangkir.
  3. Aktivitas yang dilakukan misalnya ketika berolahraga dan membutuhkan tambahan hingga 1,5-2,5 cangkir.
  4. Suhu lingkungan.
  5. Penyakit yang diderita misalnya penyakit diare atau masalah ginjal dan gagal jantung.
Manfaat dari mengkonsumsi air putih selain untuk menurunkan berat badan yaitu:
  1. Menjaga kadar air dalam tubuh.
  2. Menjaga sistem saluran pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi ginjal.
  3. Menjaga suhu tubuh tetap normal.
  4. Memberikan energi pada otot sehingga sendi tetap lentur dan terhindar dari kelelahan otot.
  5. Mengendalikan asupan kalori tubuh.
  6. Menjaga kelembaban dan kesegaran kulit.
  7. Membantu untuk melindungi jaringan sensitif pada tubuh dan saraf tulang belakang.
  8. Membantu proses detoksifikasi.
Konsumsi air putih dapat dilakukan dengan cara:
  1. Diimbangi dengan mengkonsumsi salad karena salad yang kaya serat sehingga dapat memaksimalkan proses metabolisme tubuh.
  2. Konsumsi air di pagi hari yaitu 2 gelas per paginya dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan membantu proses detoksifikasi.
  3. Minum sebelum makan dapat membuat Anda kenyang lebih cepat.
  4. Memadukan dengan teh hijau karena teh hijau mempunyai senyawa antioksidan aktif untuk menangkal radikal bebas dan proses detoks untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.
Selain harus minum air putih setiap harinya agar memperoleh hidup sehat, Anda juga harus mengimbanginya dengan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi untuk tubuh misalnya vitamin C. Vitamin yang banyak ditemukan di dalam buah seperti jeruk ini tidak hanya bagus karena memiliki antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari radikal bebas namun juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur ataupun dengan jus buah dan sayur, dan jangan lupa untuk terus konsumsi air putih setiap hari minimal 2 liter sehari atau 8 gelas/hari dan kesegaran buah dan sayur agar kesehatan tetap terjaga maksimal!
Previous
Next Post »