-

6 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
Sebelum menjelajahi Kota Lumpia ini, ketahui dulu yuk di mana aja nih tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke sana. Jadi kamu bisa buat rencana perjalanan yang rapi dan bikin tenang.

Membuat perencanaan ini juga bisa memudahkan kamu cari hotel murah dan pesan di Reservasi.com dari jauh hari. Selain itu, kamu jadi bisa jalan-jalan dengan mementingkan efisiensi waktu. Jadi, tidak ada lagi sisa waktu yang terbuang, deh.

Yuk, mari langsung kita bahas tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi satu per satu. 

1. Masjid Agung Jawa Tengah

mesjid agung jawa tengah semarang

Masjid yang berlokasi di Jalan Gajah Raya Semarang ini harus masuk ke dalam daftar kunjungan tempat wisata yang kamu susun nanti. Masjid yang memiliki area seluas lebih dari 7.500 meter persegi ini bisa menampung sekitar 16.000 jamaah. 

Dengan berbentuk kompleks, masjid ini memiliki beberapa area. Nah, kalau kamu mau menikmati pemandangan kota Semarang seutuhnya kamu bisa menapaki Tower Asmaul Husna lantai delapan belas. 

Tidak cuma berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi Masjid Agung Jawa Tengah ini juga jadi tempat wisata yang ciamik. Ada museum, perpustakaan, penginapan, toko cindera mata, hingga restoran pun tersedia di sini.

Melalui masjid ini, kamu juga bisa lho mengobati rasa rindu akan Masjid Nabawi di tanah suci. Ya… meskipun perbandingannya jauh, setidaknya kamu bisa merasakan teduhnya berdiri di bawah payung raksasa di pelataran masjid. 

2. Lawang Sewu

lawang sewu

Tempat wisata yang memiliki arti nama Seribu Pintu ini menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Memang, pintu yang berada di Lawang Sewu tidak sampai seribu buah, tapi kenyataannya jendela yang ada di sana ada banyak dan berbentuk tinggi dan lebar sehingga menyerupai pintu.

Jika kamu berkunjung ke sini, dijamin kamu akan dapat pengalaman dan hasil foto yang unik. Dengan mengedepankan bangunan bergaya gotik, bangunan peninggalan masa pemerintahan Belanda ini sangat cocok buat kamu yang suka hal-hal vintage.

Lawang Sewu ini juga bisa dibilang kalau letaknya strategis. Nah, kalau kamu ada rencana menginap di Semarang sambil jalan-jalan kamu bisa nih menginap dan pesan hotel di Ibis Budget Semarang. Dari situ kamu hanya perlu jalan kaki kurang lebih lima menit menuju Lawang Sewu.

3. Pantai Maron

pantai maron semarang

Pantai ini berlokasi di barat Semarang. Lokasi tepatnya adalah di sekitaran muara sungai Cilandak. Untuk menunju ke pantai ini kita bisa menempuhnya dari dua tempat. Pertama, dari Bandara Ahmad Yani. Kedua, dari Perumahan Graha Padma di area Krapyak. Dari kedua tempat tersebut jaraknya kira-kira seitar tiga kilometer menuju Pantai Maron.

Seperti halnya kebanyakan pantai lainnya, Pantai Maron menyuguhkan wisata alam yang eksotis. Keindahannya saat matahari terbenam rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Konon, nama Pantai Maron diambil dari singkatan Marina Kulon. Harga tiket masuk yang dikenakan cukup lima ribu rupiah saja. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bersantai di pantai, bukan.

4. Pantai Tirang

pantai tirang semarang

Ada satu lagi nih pantai yang bisa jadi pilihan wisata kamu. Pantai Tirang. Pantai ini letaknya persis bersebelahan langsung dengan Pantai Maron. Lokasi pasti pantai ini adalah di Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugu.

Di sekitar pantai ini kita bisa menjumpai pohon-pohon bakau yang memang sengaja dibudidayakan untuk menyelamatkan pantai dari abrasi.

Ombak yang ada di sini juga tidak terlalu besar, lho. Jadi, sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Pantai ini juga bisa jadi tempat yang pas untuk kamu melakukan pelarian dari ingar bingar ibu kota.

Pantai ini memang letaknya agak tersembunyi, makanya jadi agak sulit dicapai dengan kendaraan roda empat. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saat menuju ke sini.

5. Air Terjun Kali Pancur

air terjun kali pancur semarang

Wisata kota, sudah kita bahas. Wisata pantai juga sudah. Kali ini kita akan bahas wisata air terjun yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Semarang.

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu destinasi yang wajib kamu sambangi saat main ke Kota Lumpia. Udara yang segar di sekitarnya bisa membuat kamu melakukan relaksasi sejenak. 

Tempat yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan berlokasi di wilayah Gunung Telomoyo. Selain dihiasi dengan relief bebatuan alam yang indah, di sini juga kamu bisa menemukan banyak gua-gua kecil tempat burung walet bersarang.

6. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong semarang

Nah, kali ini kita kembali lagi membahas tempat wisata yang berjenis city tour. Pagoda ini merupakan vihara tempat beribadah para umat Buddha. Pada tahun 2006 lalu, pagoda ini dinyatakan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI.

Pagoda ini merupakan ikon yang terkenal dan menjadi ciri khas bagi Vihara Buddhagaya ini. Yang paling terkenal adalah Pagoda Avalokitesvara atau yang biasa disebut juga Pagoda Metakaruna yang artinya cinta dan kasih sayang.

Sangat disarankan sekali kalau kamu mengunjunginya di sore hari karena lampu-lampu yang menyala di sepanjang pagoda bisa jadi latar foto yang amat menarik sekali.

Previous
Next Post »