-

Mari Kita Mengenal Tentang Wisata Raja Ampat Disini !

Advertisement
Raja Ampat ialah sebuah pulau yang sangat indah dan terletak di Papua Barat, Indonesia. Keindahan Raja Ampat menjadikan pulau ini sebagai ikon pariwisata bawah laut paling terkenal di Indonesia. Ada satu hal paling menarik di Raja Ampat yaitu pemandangan menakjubkan di bawah laut. Dengan pemandangan indah bawah laut tersebut, Raja Ampat selalu menjadi pemikat para wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke Raja Ampat untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota bawah laut yang mempesona. Bahkan banyak wisatawan yang berkata bahwa pulau Raja Ampat ini mempunyai banyak sekali keanekaragaman terumbu karang dan biota laut terbanyak di dunia. Bahkan boita laut yang langka pun bisa Anda temukan di pulau ini. Menarik bukan? 

Keindahan Raja Ampat Sebagai Icon Kota Wisata di Papua

Banyak sekali rutinitas jika berkunjung ke Raja Ampat mulai dari berlayar, memancing, wisata kuliner, diving, naik perahu, snorkeling dan sebagainya. Hal yang paling wajib Anda rasakan ketika mengunjungi Raja Ampat yakni diving. Kegiatan diving merupakan kegiatan menyelam yang pastinya suatu rutinitas yang sifatnya menarik dan menantang, terlebih bila ditemani penyu, ikan pari dan warna-warni terumbu karang yang indah. Tentu hal demikian ini menjadi sebuah pengalaman paling mengesankan ketika menyelam di kepulauan Papua. Sedikitnya terdapat 565 spesies koral serta hewan yang tidak memiliki tulang belakang sekitar 699 spesies. 

Tidak hanya keindahan bawah laut saja yang mempesona, tetapi terdapat keindahan Raja Ampat lainnya yang pastinya memikat hati Anda untuk berkunjung ke kepulauan ini. Beberapa elemen penting untuk menunjang keindahan Raja Ampat juga ikut andil seperti indahnya pemandangan hutan lebat, warna warni batu kapur, sarang penyu yang indah di tepi laut, spesis flora dan fauna langka dan sebagainya. Selain itu, kalian juga berpeluang untuk menikmati lezatnya makanan khas Papua yang disajikan melalui resto di tepi pantai. Jadi, jangan ragu untuk menyambangi kepulauan Papua Raja Ampat. Simak video singkat tentang Raja Ampat di papua.

Tiga Fakta Tentang Raja Ampat Sebagai Objek Wisata Paling Menarik di Dunia

Perlu diketahui, sebenarnya Raja Ampat ialah semacam kabupaten yang berlokasi di Kepulauan Papua. Kabupaten tersebut terdiri atas 610 pulau, diantaranya Pulau Misool, Waigeo, Salawati dan juga Pulau Batanta. Keindahan pesona laut Raja Ampat sangatlah menakjubkan, sehingga membuat kepulauan ini semakin terpopuler di pelosok dunia. Bahkan dasar laut Raja Ampat menjadi surga nyata untuk para penyelam yang melakukan diving di Kota Waisai tersebut. Memang sejak tahun 2000-an, Raja Ampat paling terkenal sebagai spot menyelam terbaik untuk para penyelam-penyelam Internasionl demi menyalurkan hobbi mereka diving maupun snorkeling. Di spot ini para penyelam-penyelam bisa melihat pemandangan cantik bawah laut dan beragam spesis biota di dalamnya. Berikut fakta tentang Raja Ampat:

fakta tentang raja ampat

Penemuan Lokasi Destinasi Raja Ampat

  • Lokasi destinasi Raja Ampat dahulu ditemukan pada tahun sekitar 1990 secara tak sengaja oleh penyelam asal Belanda, sebut saja Max Ammer. Ia bermaksud berkunjung ke Raja Ampat untuk menyelam ke dasar laut untuk mencari peninggalan kapal laut dan pesawat Perang Dunia Ke-II. Setelah melakukan penyelaman di Raja Ampat, ternyata penyelam asli Belanda tersebut terpesona dan terpukau dengan keindahan Raja Ampat. Dan setelah kembali ke daratan, Max Ammer mengajak temannya Gerry Allen dari Australia untuk meneliti tempat ini. Sejak itulah, Raja Ampat semakin terkenal di dunia, bukan hanya karena kekayaan biota lautnya saja tetapi juga karena kekayaan historisnya. Klik untuk menuju Map Raja Ampat.

Keberadaan Hutan Amazon

  • Di tempat ini para penyelam dapat berjumpa dengan Papuan Epaulette, kuda laut, ikan bersayap lima meter dan rombongan ikan-ikan Barakuda. Bahkan Raja Ampat bisa kita ibaratkan sebagai perpustakaan koleksi biota laut dan lengkapnya jenis terumbu karang. 

Spot Menyelam Paling Terbaik dan Terindah di Dunia

  • Fakta tentang Raja Ampat selanjutnya adalah terdapat spot menyelam paling terbaik dan terindah di dunia, seperti spot Mike Point, Shark Point, Manta Poin dan juga Sardine Reef.

Keunggulan Tempat Wisata di Raja Ampat Papua

pulau misaool raja ampat

Bagi Anda yang hobi traveling tentu tidak asing dengan Raja Ampat Papua yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya sehingga banyak turis lokal maupun asing yang berkunjung ke Raja Ampat untuk menikmati keindahannya secara langsung. Banyak sekali keunggulan dari tempat wisata di Raja Ampat yang harus traveler ketahui. Apa sajakah itu? berikut uraiannya:

1. Memiliki gugusan karang terlengkap di dunia

Selain memiliki keindahan alam yang sangat eksotis, ternyata Raja Ampat juga memiliki gugusan karang terlengkap dan terbesar di dunia yaitu hampir 75 persen dari seluruh spesies karang yang ada di dunia berada di tempat ini. Raja Ampat memiliki 540 karang keras, 1000 ikan karang, 700 molusca, dan 90 persen terumbu karang.

2. Memiliki flora dan fauna terlengkap di dunia

Raja Ampat memiliki biota laut yang sangat lengkap, berbagai fauna lain cendrawasih, kakatua, waigelo, maleo, dan lainnya, selain itu juga memiliki flora yang beranekaragam seperti anggrek. Kelengkapan flora dan fauna Raja Ampat didukung oleh kondisi alam yang masih asri dan memiliki hutan mangrove, pantai tebing, dan padag lamun.

3. Kaya akan peninggalan sejarah

Tidak hanya keindahan alam yang dimiliki Raja Ampat tetapi tempat ini juga kaya akan peninggalan sejarah seperti cap tangan yang ada di pegunungan Misool dan diperkirakan telah berusia sekitar 50.000 tahun. Selain itu di pulau Wai traveler juga dapat melihat peninggalan sejarah perang dunia II yaitu pesawat-pesawat yang karam.

4. Memiliki atraksi menarik

Untuk memanjakan para wisatawan, Raja Ampat juga memiliki berbagai atraksi menarik seperti suling tambur dan festifal bahari yang diadakan di pusat kota, Waisai, dan pulau Waigeo.

5. Memiliki kuliner unik

Raja Ampat Papua memiliki kuliner unik dan lezat yang harus dicicipi oleh wisatawan yaitu papeda. Papeda merupakan kudapan khas Papua yang terbuat dari tepung sagu dan disajikan dengan ikan asam, sambal, dan bumbu kuning. Belum lengkap jika wisatawan belum mencicipi minuman segar ala Papua yaitu saguer minuman yang terbuat dari kelapa murni yang mengegarkan.

Tempat Wisata Pulau di Raja Ampat Yang Paling Indah

Berwisata merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama keluarga di saat musim liburan. Perasaan penat setelah melakukan pekerjaan sehari hari rasanya terbayar tuntas saat disuguhi pemandangan alam yang memukau. Mungkin anda sudah terbiasa berlibur ke Bali ataupun Lombok dan ingin mencoba pengalaman wisata yang baru, bisa mengunjungi tempat wisata di Raja Ampat yang paling indah.

Wow jauh sekali jika harus datang ke Raja Ampat, mungkin kalimat itu yang akan terlintas dipikiran kita ketika diajak berkunjung ke provinsi Papua Barat ini. Namun jangan skeptis dulu, karena pesona wisata Raja Ampat sangatlah indah dan layak bersaing dengan objek wisata kelas dunia lainnya seperti Phuket Thailand ataupun Hawaii.

Jika anda sudah memutuskan untuk datang ke Raja Ampat saat musim liburan tiba nanti. Jangan lupa siapkan daftar tempat tempat wisata terbaik yang bisa anda kunjungi saat mengunjungi Raja Ampat seperti berikut ini.

Kepulauan Wayang

kepualauan wayang

Untuk mengunjungi kepulauan Wayang, anda harus menempuh perjalanan menggunakan kapal cepat selama 6 jam dari Sorong. Saat tiba di kepulauan Wayang, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu memukau, perpaduan hijau pepohonan sangat kontras dengan warna air laut biru muda dan adanya pulau karang menjadikan kepulauan Wayang sebagai salah satu tempat diving laut terbaik di Indonesia.

Pulau Salawati

pulau salawati

Anda juga bisa mengunjungi pulau Salawati yang menyuguhkan pemandangan laut yang tidak kalah menarik. Disana anda bisa diving dan melihat reruntuhan kapal dan pesawat sisa peninggalan perang dunia kedua puluhan tahun silam. Anda bisa bersandar di dermaga kecil jika ingin mengunjung pulau Salawati ini dimana dari kejauhan terlihat warna laut biru muda yang jernih sebagai spot terbaik melakukan penyelaman untuk melihat aneka biota laut Raja Ampat.

Selain kepulauan Wayang dan pulau Salawati sebenarnya masih banyak tempat wisata di Raja Ampat yang sangat indah dan layak anda kunjungi seperti perairan pulau Misol, Waitanta dan lainnya.


Keindahan Pantai Di Raja Ampat Sebagai Destinasi Wisata Terfavorit Di Dunia

Terfavorit karena eksotisme alamnya, kini berdatangan para turis yang hijrah ke Raja Ampat. Hal demikian ini menjadi tanda sekaligus indikasi bahwa keindahan Raja Ampat memang berpotensi sebagai destination wisata paling terpopuler dan terfavorit di dunia. Sehingga dampak positif akan diperoleh pariwisata Indonesia, terutama Papua. Sebenarnya keberadaan pulau Raja Ampat bisa dibilang kabupaten paling terluar di Papua. Untuk berkunjung kesana, dibutuhkan biaya dan tenaga yang cukup, karena letak Raja Ampat begitu jauh. Bahkan belum terdapat sarana transportasi yang memadai. Bila kalian berada di pulau Sumatera atau Jawa dan berniat berkunjung ke Papua maka disarankan untuk mempersiapkan biaya dan fisik yang kuat. Namun biaya dan rasa lelah yang kalian keluarkan akan terbayar seimbang dengan keindahan kepulauan Papua.

Keindahan Raja Ampat begitu alami dan terkesan nautural. Sehingga keindahan alam Raja Ampat dipastikan mengundang Anda merasa kagum, terlebih wisatawan asing. Dengan demikian, Raja Ampat dipastikan akan menjadi destinasi wisata terfavorit di dunia untuk wisatawan lokal ataupun domestik. Tentu hal ini harus diimbangi dengan penyediaan akomodasi serta transportasi yang efisien. Sementara untuk destinasi wisatanya, Raja Ampat terkenal spot paling baik untuk menyelam karena air lautnya yang begitu jernih. Sehingga pemandangan bawah lautnya terlihat begitu jelas dan mempesona. Anda bisa melihatnya secara jelas seperti keindahan terumbu karang bahkan banyaknya spesies ikan laut yang warna warni. Dengan indahnya lautan yang memukau, inilah penyebab utamanya destinasi wisata ini menjadi terfavorit di dunia.

Nah, untuk pantai terfavorit di Raja Ampat yang bisa Anda kunjungi diantaranya  : 

Pantai Yeben 

pantia yeben

Pantai ini airnya begitu jernih, jadi bila Anda ingin melihat dasar laut tanpa menyelam pun bisa terlihat secara jelas seperti ikan warna warni dan tumbuhan karangnya. Tapi jika Anda tertarik untuk menyelam, juga bisa Anda lakukan. Namun tetap waspada dan perhatikan selalu perlengkapan menyelam Anda. 

Pantai Cemara 

pantai cemara

Pantai ini memang sangat menjanjikan untuk keindahan Raja Ampat. Pantai ini dinamakan dengan nama Pantai Cemara, dikarenakan sekitar pantai tersebut terdapat banyak tumbuh pohon cemara.

Buat anda yang masih belum puas, liat di postingan sebelumnya saya share tentang foto foto terkeren raja ampat, surga tersembunyi di indonesia.

Bagaimana, apa anda sudah mengenali tentang Raja Ampat sepenuhnya ? Dari ulasan di atas tidak terasa artikel yang bisa saya sampaikan sampai sini. Di Artikel berikutnya akan kita share artikel menarik lainnya yah. Semoga Bermanfaat.

Previous
Next Post »