-

Penyebab dan Dampak Kebakaran Hutan di Indonesia

Advertisement

Dampak Kebakaran hutan di indonesia terjadi akibat beberapa hal, misalnya udara yang sangat panas pada saat musim kemarau yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan. Selainitu, kebakaran hutan juga dapat terjadi karena ulah manusia yang tidak sadar dengan pentingnya hutan dan sikap yang ceroboh, misalnya dengan membuang putung rokok sembarangan.  Faktor  – faktor tersebut adalah suatu faktor di sengaja atau pun juga secara tidak sengaja.  
Berikut beberapa penyebab terjadi nya kebakaran hutan di Indonesia :
  1. Adanya Pembukaan lahan baru. Pembukaan lahan baru  merupakan suatu cara untuk membersihkan lahan pertanian dengan cara  membakarnya. Hal tersebut tentu merupakan suatu  tindakan vandalisme. 
  2. Ground fire. Grounfire merupakan suatu kebakaran yang  terjadi di dalam tanah. Ground fire biasanya terjadi karena di daerah hutan tersebut  mempunyai  tanah gambut. Dengan demikian akan membuat terjadinya api terutama pada musim kemarau. 
  3. Faktor alam. Faktor alam juga dapat menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan. Biasanya, hal tersebut terjadi akibat suhu panas pada musim kemarau. Selain itu, sambaran petir atau aktivitas dari gunung vulkanik juga dapat menyebabkan terjadinya kebakaran huta di Indonesia. 
  4. Kecerobohan manusia. Salah satu contoh dari kecerobohan manusia adalah dengan membuang puntung rokok sembarangan. Putung rokok yang di buat sembarangan akan membuat terjadi nya kebakaran hutan. Selain itu juga biasanya banyak orag yang  lupa mematikan api ketika melakukan perkemahan. Hal tersebut tentu akan mudah membakar hutan. 

Perlu di ingat, jika hutan merupakan sesuatu yang sangat penting. Tanpa adanya hutan, kita akan sangat sulit untuk melakukan aktifitas kita. Banyak sekali ke untungan yang akan kita dapatkan dari keadaan hutan yang sehat, seperti untuk mencegah terjadi nya banjir atau longsor. Di samping itu, apabila terjadi kebakaran hutan maka kita akan mendapatakan beberapa dampak yang sangat buruk baik untuk kesehatan atau pun hal lainnya. Oleh karena itu, mari kita lestarikan hutan yang telah menjadi salah satu ke kayaan alam di Indonesia.  Dengan begitu, kita akan terhindar dari dampak kebakaran hutan di Indonesia

Previous
Next Post »