-

Mari Mengenal Tentang Mainan Anak Lebih Dalam Yuk, Bunda!

Advertisement
Mainan adalah salah satu barang yang sangat dibutuhkan sekali oleh banyak orang salah satunya adalah anak-anak. Mainan anak online adalah salah satu kebutuhan anak yang saat ini harus dipenuhi dengan cepat dan juga dengan cermat. Ada banyak orang yang ingin sekali membeli mainan dengan harga murah namun tidak tahu tempatnya. Membeli secara online merupakan pilihan yang tepat dimana ada banyak jenis mainan yang bisa kita pilih. Mainan yang baik adalah mainan yang mengedukasi anak kita.

Sesuai dengan topiknya akan kita ulas secara mendetail mulai dari mainan anak yang mengedukasi, lalu ke bagian manfaat bermain mainan anak, selanjutnya ciri-ciri mainan anak yang aman dan berbahaya dan terakhir yaitu bahaya permainan gadget untuk anak.

Berbagai Model Mainan Anak yang Bisa Mengedukasi

model mainan anak mengedukasi

Ada beberapa jenis mainan anak secara online yang bisa mengedukasi anak kita menjadi anak yang lebih baik lagi. Berikut ini adalah daftar nama mainan yang bisa kita beli untuk mengedukasi anak kita antara lain:
  1. Pasak warna silinder, mainan ini banyak sekali digemari anak-anak karena warnanya yang lucu dan juga bentuknya yang sangat unik.
  2. Puzzle timbul, mainan ini bisa melatih daya pikir anak dalam menyusun mainan yang akan menjadikan sebuah gambar.
  3. Menara huruf, mainan ini bisa mengajarkan anak untuk menghafalkan huruf-huruf yang ada dengan warna.
  4. Sortir house, anak akan belajar mengenal bentuk-bentuk yang akan dimasukan pada sebuah rumah.
  5. Bricks Blocks, alat ini digunakan untuk membuat bangunan dengan berbagai bentuk dan juga ukuran.
Mainan diatas adalah beberapa mainan yang merupakan mainan yang akan membantu melatih mengasah otak anak untuk membuat sesuatu dari mainan. Ada banyak orang tua yang saat ini lebih memilih mainan jenis ini untuk anak-anak mereka. Harga mainan diatas juga terbilang cukup terjangkau da n juga akan sangat bermanfaat untuk anak-anak.

Bagi yang ingin membeli beberapa mainan anak diatas maka bisa membeli secara online. Mainan ini akan membuat anak cerdas. Mainan anak online sendiri sudah menjadi daya tarik bagi beberapa orang yang tidak terbiasa membeli mainan menggunakan internet. Pembayaran untuk mainan ini juga sangat mudah dan bisa diproses dalam waktu yang sangat cepat. Jadi buruan beli mainan edukasi untuk anak.

Manfaat Bermain Mainan Anak untuk Buah Hati

manfaat bermain mainan anak

Semakin mudah menemukan tempat jual mainan anak dengan adanya toko online, jika dulu kita harus bersusah susah datang ke tempat perbelanjaan yang jaraknya tak bisa dikatakan dekat maka sekarang ini berbeda karena dari rumah pun Anda tetap bisa membeli segala macam kebutuhan yang diinginkan. Sebagai orang tua sudah selayaknya kita memperhatikan tumbuh kembang mereka, tak hanya dengan memberikan makanan setiap hari saja, melainkan juga dengan mengajaknya bermain, karena sebenarnya dengan bermain ada begitu banyak manfaat yang bisa mereka dapatkan, apalagi dengan permainan yang tepat.

Mainan untuk anak berbagai usia, nyatanya tak semua mainan memang dikhususkan untuk segala usia, sejak balita memang sudah sewajarnya bagi orang tua untuk mengajak mereka bermain, namun dengan permainan yang tepat, fungsinya sendiri adalah untuk:
  • - Melatih mereka untuk belajar mengenal warna, di usia paling dini mainan yang sangat cocok untuk digunakan adalah yang kaya akan warna, karena bagaimanapun kemampuan balita hanya sebatas melihat tanpa melakukan gerakan.
  • - Merangsang syaraf motorik, misalnya dengan memberikan mainan untuk dipegang dan juga yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian, bayi tak akan segan untuk belajar meremas hingga memasukkannya ke dalam mulut, namun jangan khawatir selama mainan tersebut aman untuknya.
  • - Sebagai bentuk hiburan, seorang bayi menangis bukan hanya karena lapar maupun buang air, namun juga bisa jadi karena bosan, keadaan yang terlalu sunyi membuat mereka menjadi takut, bermain adalah cara tepat untuk menenangkan dan menghiburnya.
  • - Merangsang perkembangan syaraf yang ada di dalam otak, salah satunya adalah untuk inteligensi, membuat mereka merekam segala macam yang diingat, perkembangan syaraf yang optimal membuat kecerdasan dimasa yang akan datang juga semakin meningkat.

Ternyata banyak sekali manfaat bermain mainan anak bagi seorang balita, hal inilah yang membuat sebagian besar orang tua bahkan membelikan berbagai mainan sebelum si buah hati lahir ke dunia.

Ciri-ciri Mainan Anak yang Aman dan Berbahaya

mainan anak yang berbahaya

Siapa orang tua yang tak bangga jika memiliki anak yang sehat dan juga pintar, tentunya semua juga mengharapkan hal tersebut bukan. Ternyata intelegensi anak bisa diasah sejak dini loh, caranya cukup mudah, yaitu dengan memberikan bentuk permainan yang mengedukasi mereka, ternyata selain dijadikan sebagai bentuk hiburan bermain juga bisa menjadi tahap awal mereka untuk mengembangkan syaraf-syaraf otak, agar jauh lebih peka dan dapat meningkatkan inteligensi, banyaknya tawaran jual mainan anak tentunya mempermudah Anda untuk memberikan apa yang mereka butuhkan.

Namun ternyata dari banyaknya tempat jual mainan untuk anak ternyata tak semua barang yang ditawarkan aman, tentunya Anda sudah pernah mendengar mengenai bahaya mainan yang banyak mengandung zat kimia berbahaya bukan, apalagi jika sampai tertelan, untuk mengatasi hal tersebut berikut ini ada beberapa ciri untuk membedakan antara mainan yang aman dan tidak, yaitu:
  • - Warna, dari segi warnanya sendiri mainan yang aman memang tak begitu menarik karena warna cenderung lebih kusam atau tak begitu ngejreng, justru Anda patut waspada pada mainan dengan warna sangat menarik, karena bisa jadi cat yang digunakan berbahaya bagi mereka.
  • - Bau, mainan yang aman tak mengeluarkan bau apapun, berbeda dengan mainan berbahaya yang akan mengeluarkan bau menyengat, umumnya seperti bau bahan kimia dan jika terus-terusan dihirup menimbulkan rasa pusing.
  • - Cek pala label kemasan, mainan yang aman selalu disertai dengan bagaimana cara pemakaian dan juga keamanan, seperti boleh untuk digigit dan sejenisnya, sedangkan mainan berbahaya terkadang hanya digantung begitu saja dalam plastik tanpa disertai label kemasan.
  • - Untuk mainan balita biasanya ditawarkan dengan bahan yang lunak sehingga memudahkan mereka untuk menggigit.

4 cara mudah tersebut bisa Anda gunakan sebelum membeli mainan untuk si buah hati. Tunjang kecerdasan mereka sedini mungkin dengan memberikan mainan yang kaya akan nilai edukasi, semakin mudah menemukan tempat jual mainan anak dengan banyaknya toko online yang ada, hanya tinggal pesan dan bayar maka barang yang diinginkan bisa langsung sampai.

Bahaya Permainan Dalam Gadget untuk Anak

bahaya gadget pada anak

Jika ada yang mengatakan bahwa terlalu banyak bermain membuat mereka menjadi bodoh maka jangan didengarkan karena semua anggapan tersebut ternyata salah besar, nyatanya bermain bukan hanya sekedar hiburan melainkan dapat merangsang kecerdasan mereka. Kecerdasan inteligensi bahkan bersosialisasi jika jenis permainan yang dilakukan adalah berkelompok. Semakin banyak tempat jual mainan anak semakin memudahkan orang tua untuk memberikan hiburan bagi mereka.

Namun sayangnya perkembangan teknologi sudah merubah beberapa hal, dulunya anak-anak hanya memainkan permainan tradisional namun sekarang ini banyak yang sudah beralih menggunakan teknologi, bermain menggunakan gadget dan sejenisnya tempat jual mainan untuk anak jauh lebih sepi dibandingkan toko gadget, sebenarnya boleh-boleh saja, namun jenis permainan seperti ini menyimpan beberapa dampak negatif bagi mereka, yaitu:
  • - Mengurangi kemampuan mereka dalam bersosialisasi, bayangkan saja jika banyak orang tua yang hanya memberikan gadget kepada anak mereka dan melarang untuk bermain di luar bersama teman-teman, akibatnya ia akan menjadi seorang penyendiri, tak mudah bergaul dengan lingkungan bahkan orang lain.
  • - Merusak mata, salah satu alasan banyaknya anak yang memakai kacamata bahkan di usia yang belum terlalu dewasa adalah pengaruh gadget, sebagian banyak waktunya dihabiskan di rumah hanya dengan memandang layar ponsel, padahal kita tau sendiri bahwa tingkat radiasi dari alat elektronik tersebut sangatlah tinggi.
  • - Mudah terkena penyakit, tak melakukan gerakan sama sekali karena hanya mata dan tangan yang digunakan sama artinya dengan menumpuk penyakit, beberapa organ tubuh mengalami kemunduran ditunjang lagi dengan jarangnya melakukan olahraga.
  • - Menjadikan mereka malas belajar, kebanyakan orang yang sudah kecanduan terhadap pengunaan teknologi menjadi malas untuk melakukan sesuatu termasuk belajar, karena semuanya sudah bisa di dapatkan dengan mudah lewat internet.

Sudah saatnya Anda sebagai orang tua berlaku lebih selektif terhadap apa yang boleh mereka gunakan dengan yang tidak. Penggunaan teknologi boleh-boleh saja, namun nanti saat usianya sudah cukup, untuk sekarang lebih baik kembali pada permainan tradisional, kembali mendatangi jual mainan anak.

Bahasan tentang mainan anak lainnya di dwiaditya.web.id :

  1. 3 Manfaat Mainan Anak yang Sifatnya Edukatif
  2. Kumpulan Action Figure Miniatur Gundam
Previous
Next Post »