-

Apa Itu Keluarga Sakinah dan Bagaimana Cara Membentuknya ?

Advertisement
Pernahkah Anda mendengarkan kata keluarga yang sakinah? Menurut artinya keluarga sakinah adalah keluarga yang saling mengasihi antara satu dengan lainnya, harmonis serta saling menyayangi. Telah dapat kita rasakan bahwa keluarga adalah tempat kita berbagi keluh kesah, menceritakan semua masalah serta tempat yang paling baik untuk membagi kasih sayang. Untuk menciptakan suasana tersebut tentu saja bukan hal yang mudah tetai juga tidak sulit untuk di terapkan. Diperlukan kesadaran antara seluruh anggota keluarga untuk memiliki rasa saling memiliki dan menjaga antara satu dengan lainnya. Untuk membangun hal tersebut mulailah dengan membangun komunikasi yang baik dengan cara menyisihkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Disitu Anda dapat saling bercerita dan berbagi canda tawa bersama mereka sehingga kerukunan dalam rumah tangga dapat tercipta.

Didalam kehidupan berumah tangga jadikan kepentingan bersama sebagai prioriras utama. Kita menyadari bahwa setiap orang memiliki kepentingan masing-masing. Namun demikian usahakan waktu berkumpul dengan keluarga menjadi prioritas karena tentu saja bila waktunya berkumpul dengan keluarga kehadiran setiap anggota keluarga sangat di harapkan oleh anggota keluarga lainya.

apa itu keluarga sakinah

Selanjutnya yang menjadi penting dalam mewujudkan rumah tangga sakinah ialah tidak membesar-besarkan masalah yang sedang dihadapi bersama. Keluarga yang mampu hidup harmonis dengan kebersamaan yang kuat dan erat tentu saja saling menjaga antara satu dengan lainnya. Permasalahan dalam rumah tangga adalah hal yang biasa, namun untuk menghindari terjadinya masalah yang lebih besar, hendaknya tidak membesar besarkan masalah yang sedang di hadapi. Selesaikan dengan tanpa melibatkan ego masing-masing agar masalah yang terjadi dapat segera di selesaikan.

Memiliki keluarga sakinah tentu saja menjadi idaman setiap orang yang telah berumah tangga. Tetapi tidak sedikit pula yang gagal dalam mewujudkan hal tersebut. Keluarga adalah tempat kita berbagi segala kasih sayang serta masalah yang sedang di hadapi. Oleh karena itu jadikanlah keluarga anda sebagai tempat yang paling nyaman bagi setiap anggota keluarganya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif sebagai pelarian karena mungkin bagi sebagian orang keluarga mereka tidak dapat membantu masalah mereka.

Pondasi Membentuk Keluarga Sakinah

Saat Anda memutuskan untuk membina sebuah rumah tangga dengan pasangan hal utama yang diharapkan tentunya terbentuk keluarga sakinah mawadah sesuai dengan yang dianjurkan dalam islam, namun pada kenyataannya mengarungi bahtera rumah tangga yang semudah yang dibayangkan, akan ada banyak godaan yang menjadi rintangan Anda dengan pasangan, tak jarang juga pada akhirnya berbuah ke pengadilan untuk bercerai, tentunya Anda tak mengharapkan hal tersebut bukan.

pondasi membentuk keluarga sakinah

Membentuk rumah tangga sakinah sesuai dengan islam tentunya harus dilandasi dengan beberapa hal yang memang sangat dianjurkan oleh islam juga, nah berikut ini ada beberapa landasan yang akan mewujudkan keinginan tersebut, yaitu:

  1. Iman, memiliki iman yang kuat dan paling penting adalah memiliki keyakinan yang sama, tanpa hal ini sangat mudah dalam menghancurkan sebuah pondasi rumah tangga. Untuk itu sebagaimana yang tertera dalam al-quran alangkah baiknya mencari pasangan berdasarkan harta, rupa atau juga akhlak, namun yang paling diutamakan memang akhlaknya.

  2. Diimbangi dengan rasa saling menghormati, meskipun Anda sudah lama mengenal pasangan bahkan sejak masa pacaran namun bagaimanapun ini adalah orang yang sudah menjadi pasangan hidup Anda dan sama baik secara agama maupun negara sehingga keakraban tetap harus diimbangi dengan rasa saling menghormati.

  3. Sering-seringlah lakukan shalat bersamaan, seorang single dengan yang sudah berkeluarga tentunya berbeda, Anda yang sudah memiliki suami atau sebaliknya juga mulai merubah kebiasaan shalat sendiri, jika memang ada waktu tak ada salahnya selalu melakukan rutinitas shalat berjama’ah.

  4. Jangan hanya menerima kelebihan pasangan saja, melainkan juga harus mau menerima kekurangannya, saat dirasa ada goncangan dalam rumah tangga, maka jangan buru-buru Anda menyerah dan berpisah, hadapi dengan kepala dingin.


Keluarga sakinah mawadah wa rahmah adalah rumah tangga yang paling dicintai oleh Allah SWT, mereka yang membina keluarga tersebut tak hanya bahagia di dunia melainkan juga nantinya dijamin hingga ke akhirat bahkan akan dipertemukan kembali dengan pasangan semasa hidup tersebut, tentunya Anda dan pasangan mengharapkan hal serupa bukan.
Baca cerita keluarga lainnya, Indahnya Kebersamaan Bersama Orang Terdekat

Tips Bangun Keluarga Sakinah

tips bangun keluarga sakinah

Dalam rumah tangga yang di jalaninya setiap orang pasti menginginkan untuk menjadi keluarga sakinah. Namun demikian untuk mewujudkan hal tersebut memerlukan usaha dan kerja sama dari seluruh anggota keluarganya. Dengan begitu akan tercipta keharmonisan dalam rumah tangga serta rasa nyaman bagi setiap anggota keluarga. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan sehingga keinginan tersebut dapat terwujud.

Membiasakan dengan tradisi kecil. Mulailah dengan membuat sebuah tradisi atau kebiasaan baik yang dapat di manfaat sebagai waktu berkumpul dan bercengkrama dengan seluruh anggota rumah tangga. Misalkan seperti makan malam bersama. Momen ini dapat Anda mafaatkan untuk saling bercerita tentang apa saja yang telah terjadi di luar rumah sehingga tercipta suasana yang akrab dan hangat antara satu dengan lainnya.

Keseimbangan di dalam dan di luar rumah. Dalam rumah tangga sakinah Anda dapat merasakan ketentraman, kedamaian serta suasana yang harmonis di dalamnya. Tetapi untuk memberikan kesimbangan dlam kehidupan berumah tangga kehidupan di luar tentu saja tidak boleh terabaikan dan tetap harus berjalan lancar. Anda atau anggota keluarga lainnya tetap harus bergaul dengan lingkungan di sekitar Anda untuk membangun hubungan sosial dengan masyarakat.

Bangun komunikasi yang baik. Dalam hal ini, komunikasi merupakan hal yang sangat penting agar dapat terhindar dari kesalah pahaman dengan anggota keluarga. Biasakan untuk selalu bercerita dan membagi keluh kesah keada keluarga Anda agar mereka dapat memahami apa yang sedang terjadi pada diri Anda. Dengan begitu mereka juga akan lebih terbuka dan tidak sungkan untuk bercerita dengan Anda. Sehingga timbullah rasa saling menjaga dan menyayangi antara satu dengan lainnya. Selain ituu komunikasi juga dapat memecahkan masalah yang sedang terjadi kaena akan sama-sama mencari jalan keluuar untuk masaha yang sedang d hadapi baik di dalam maupun di luar rumah.

Saling intropeksi diri dan tidak egois. Dalam keluarga sakinah Perselisihan juga bisa dapat terjadi dan merupakan sesuatu hal yang wajar terjadi. Tinggal bagai mana Anda menyikapinya. Jika Anda sedang berselisih paham dengan anggota keluarga lainnya, hilangankan lah rasa ego bahwa Anda ingin selalu benar coba dengarkan juga mereka kemudian saling intropeksi diri. Ciptakan suasan yang nyaman di dalam keluarga Anda.

Alhamdulillah, semoga ulasan artikel dari saya dapat bermanfaat untuk Anda. Mohon maaf jika ada tulisan yang keliru, yang salahnya dari saya dan yang benar hanya dari Allah SWT. Sampai jumpa di artikel berikutnya.
Previous
Next Post »