-

5 Tempat Makan Enak di Yogyakarta Ini Wajib Kamu Coba!

Advertisement
Kuliner kini juga menjadi tujuan utama bagi para wisatawan, lebih-lebih yang hobi makan. Prioritasnya bukan lagi datang ke objek-objek wisata yang ada di daerah tertentu, melainkan berburu makanan khas daerah yang tidak mereka temukan di tempat lainnya. Yogyakarta yang terkenal akan obyek wisatanya juga merupakan surga kuliner dengan beragam makanan khas yang enak, menarik, lagi murah.  

Berikut ini hanya sebagian kecil acuan tempat makan dari sekian banyak rekomendasi tempat makan yang ada di Yogyakarta. Meski harganya terbilang murah, dijamin rasanya tidak murahan.

1. House of Raminten

tempat makan di yogyakarta terbaik

Restoran bergaya etnik Jawa yang menyajikan hidangan tradisional eksklusif nan berkelas. Interior ruangannya dihiasi patung-patung dan perabotan bercirikan Jawa klasik, lengkap dengan para pelayan yang berpakaian adat Jawa. Ada area terbuka berupa taman, sawah, dan kolam ikan, yang bisa Anda nikmati sambil bersantai, dijamin Anda bakal betah berlama-lama di sini meski makanan sudah habis disantap. Setiap kreasi menu yang disajikannya sanggup membawa kejutan kecil ke tengah hadapan Anda ketika diantar, ditemani wangi-wangian aroma terapi dan alunan gending Jawa yang menambah manis pengalaman kuliner Anda.

2. Jejamuran

rekomendasi tempat makan di yogyakarta terbaik

Tempat makan yang menyajikan berbagai menu olahan jamur lezat yang bervariasi. Di sini Anda bisa mencicipi sate jamur yang katanya lebih enak dan gurih dibandingkan daging ayam, baik dari segi tekstur lagi rasanya. Selain menu makan di tempat, Jejamuran juga menjual aneka olahan budidaya jamur yang cocok sebagai buah tangan. Suasana tempatnya hangat dan nyaman, lebih menarik lagi ketika malam saat lampu-lampu tamannya menyala. Jika Anda ingin lebih gembira berada di sini pesan saja minuman es soda gembira yang menjadi salah satu andalannya. Anda bisa datang ke Niron, Pandowo Harjo, Tridadi, Sleman, untuk mencicipinya.
Baca juga Inilah 7 Pesona Wisata Bali yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Gudeg Yu Djum

tempat makan di yogyakarta gudeg yu djum

Bertempat di sebuah rumah kayu di Jalan Kaliurang kilometer 4.5, Karangasem. Gudeg Yu Djum cocok untuk Anda yang merindukan masakan gudeg jenis kering, dengan perpaduan rasa manis, gurih dan sambal goreng krecek yang pedas. Warung makan gudeg ini berdiri sejak tahun 1950. Anda bisa memadukan satu porsi nasi gudeg krecek ini dengan ayam, telur pindang, ati ampela, tahu, atau tempe bacem. Anda pun bisa memilih paket penyajiannya, mau di daun pisang, besek, atau kendil.

4. Bakmi Mbah Mo

rekomendasi tempat makan yogyakarta bakmi mbah mo

Berlokasi di Desa Code, Bantul, penjual bakmi Jawa yang melegenda ini membuka warung makannya mulai jam 5 sore hingga jam 11 malam. Menu utamanya bakmi godok, bakmi nyemek, dan bakmi goreng, yang dimasak satu per satu dalam anglo bara api. Banyak pejabat negara datang dari luar daerah hanya untuk mampir makan bakmi ini. Meski butuh kesabaran menunggu makanan datang, tapi rasanya langsung terbayar pada suapan pertama di lidah Anda. Anda bisa minta ditambahkan potongan ayam, ati ampela, bahkan brutu. Nikmatnya menyantap hidangan bakmi super gurih ini bakal membuat Anda selalu mencarinya setiap datang kembali ke Yogyakarta.

5. Soto Sulung Stasiun Tugu

tempat makan soto sulung stasiun tugu yogyakarta

Meski soto ini terbilang ala Madura, tapi tenar sekali di Yogyakarta lantaran sudah melegenda sejak tahun 1968. Soto Sulung berisi daging sapi dan jeroan yang empuk, tidak amis, dengan bumbu yang meresap sempurna, plus perasan jeruk nipis dan sambal. Kuahnya pekat menampakkan rasanya yang berani bumbu. Uniknya, nasi di sini dibungkus kecil-kecil dan bukannya disajikan di piring, di mana Anda bisa mengambilnya sesuka hati. Cabang-cabang Soto Sulung ini kini kian menjamur di berbagai penjuru Yogyakarta.

Nah, lebih baik Anda membuat daftar tempat makan yang akan dikunjungi lebih dulu sebelum datang, dan perhatikan jam operasionalnya agar tidak menyesal sudah datang jauh-jauh lalu tutup. Dapatkan tiket pesawat murah menuju Yogyakarta, agar Anda bisa menyisihkan lebih banyak uang saku liburan Anda untuk mencicipi berbagai makanan khas, atau membeli lebih banyak oleh-oleh sebagai penggantinya.

Previous
Next Post »