-

Mengenal 4G LTE di Indonesia Apa itu dan Apa Manfaatnya

Advertisement
Selama beberapa tahun belakangan, ketika banyak negara sudah berlomba-lomba untuk memberikan akses internet yang super cepat bagi para penduduknya, Indonesia benar-benar sudah tertinggal. Infrastruktur yang buruk, kecepatan internet yang tidak bisa diandalkan, dan belum lagi masalah soal kestabilan. Negara lain sudah menggunakan jaringan 4G, Indonesia masih bermasalah bahkan dengan jaringan 3G dan 3,5G. Tapi untungnya, sekarang ini semakin banyak provider yang menyadari manfaat 4G LTE di Indonesia, dan mulai menyediakan layanannya tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kenapa jaringan 4G LTE sudah sepantasnya menjadi bagian dari kehidupan internet di Indonesia, mari lihat dulu, apa sebenarnya 4G LTE itu? Secara singkatnya:

  • Sistem jaringan 4G adalah jaringan menggunakan pita lebar ultra yang digunakan untuk peralatan elektronik dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada jaringan 2G dan 3G.

  • LTE adalah kependekan dari Long Time Evolution, yang merupakan standar untuk komunikasi akses data dengan cara nirkabel dengan basis jaringan ala GSM/EDGE.

  • Dengan teknologi 4G ini, secara teori, Anda bisa mencapai kecepatan internet unduhan hingga 300 Mbps, dan kecepatan unggahan sampai 75 Mbps.

  • LTE menggunakan transmisi data Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) pada spektrum radio 1800 MHz.


Pada intinya, jaringan 4G adalah jaringan internet nirkabel yang harus menggunakan jaringan antar muka sendiri yang terpisah dari 2G/3G, dan merupakan jaringan dengan kecepatan tertinggi yang ada sekarang ini. Jelas, dengan internet yang lebih cepat, banyak orang Indonesia yang akan bisa merasakan manfaatnya, dan ini tidak hanya berhubungan dengan urusan streaming video tanpa buffering atau sekedar loading foto di aplikasi ponsel dalam sedetik saja.

Manfaat Jaringan 4G LTE di Indonesia Untuk Para User

Ada banyak alasan kenapa akses internet kecepatan tinggi menguntungkan bagi warga suatu negara. Beberapa manfaat jaringan 4G LTE di Indonesia untuk para user adalah sebagai berikut ini:

1. Menambah aktivitas
Aktivitas ini tidak hanya terbatas pada aktivitas di media sosial saja. Internet berkecepatan tinggi yang dimiliki negara akan memberikan celah bagi para startup kecil untuk tumbuh, menambah jumlah entrepreneur muda yang mampu memanfaatkan dunia digital untuk membuka peluang usaha mereka, dan menambah lapangan kerja.

2. Waktu yang dihemat
Waktu-waktu tak produktif yang terbuang sia-sia karena harus menunggu loading atau streaming yang terlalu lama bisa dikurangi. Prosedur seperti mendaftar universitas, registrasi mobile banking, ataupun registrasi untuk pajak online, paspor, dll. bisa lebih ditingkatkan.

3. Keperluan publik
Ada banyak inovasi teknologi di ruang publik yang memerlukan internet dengan kecepatan tinggi. Misalnya saja CCTV di jalanan, ataupun perangkat keamanan untuk device tracking di ponsel. Semua itu memerlukan internet berkecepatan tinggi.

Manfaat dari Jaringan 4G untuk Para Operator

Selain itu, manfaat dari jaringan 4G LTE sendiri tidak hanya terbatas untuk para user saja. Sebenarnya, operator dan provider internet sendiri pun akan mendapatkan keuntungan dari internet berkecepatan tinggi yang stabil. Ini tentu terlepas dari kenyataan bahwa menjadi penyedia layanan jaringan 4G yang stabil dan bisa diandalkan akan memberikan tambahan pelanggan yang cukup banyak.

Beberapa manfaat dari jaringan 4G untuk para operator antara lain adalah:

  • Layanan yang lebih baik – dengan jaringan yang lebih efisien dan juga lebih cepat, maka operator bisa menghemat biaya yang terbuang sia-sia, dan juga bisa melayani pelanggan dengan lebih baik.

  • Konten lebih kaya – jaringan 4G juga memberikan kesempatan bagi operator untuk menawarkan konten yang lebih kaya, terutama multimedia, dengan nyaris tanpa halangan.

  • Kestabilan – jaringan 4G meliputi semua macam jaringan komunikasi, sehingga tak perlu adanya perpindahan jaringan untuk internet maupun telepon dan komunikasi, sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan.

Dari sekian banyak operator yang mulai menyadari manfaat 4G LTE di Indonesia, Indosat Ooredoo merupakan salah satu dari provider yang memberikan layanan tersebut dengan efektif. Untuk Anda yang sudah memiliki perangkat dengan support untuk jaringan 4G LTE, Anda mendapatkan kesempatan untuk mencoba menggunakan paket internet unlimited yang berkecepatan tinggi dan stabil, dengan pilihan yang bervariasi, dari paket harian murah meriah hingga paket bulanan dengan kuota besar.

Baca artikel menarik 4g lte lainnya, inilah daftar hp smartphone yang mendukung jaringan 4g lte.

Previous
Next Post »