-

Cara Mengobati Alergi Pada Anak Secara Cepat dan Tepat

Advertisement
Kadang orangtua merasa kebingungan dalam mencari bagaimana cara mengobati alergi pada anak yang baru pertama kali terjadi, apalagi dengan kondisi baru pertama kali terjadi seperti ini Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal baik yang masuk ke tubuh buah hati maupun berada di dekatnya. Mengenali allergen menjadi tantangan tersendiri untuk mengatasi gejala alergi yang muncul dan membuat si kecil kurang nyaman. Kebingungan ini sebaiknya segera ditepis dengan pikiran positif dan lebih tenang agar menemukan cara terbaik.

Sebelum membawa si kecil berobat ke puskesmas atau ke rumah sakit, ada baiknya orangtua paham bagaimana mengatasi alergi yang muncul sebagai upaya pengobatan pertama pada sang anak. Adapun tindakan yang bisa diambil adalah:

bagaimana cara mengatasi alergi pada anak

Memberikan minum ke anak lebih banyak,

Kondisi kesehatan anak akan cepat sekali menurun tatkala alergi muncul, dan gejala berikutnya akan muncul berurutan. Anda tidak perlu bingung jika tidak memungkinkan dibawa ke dokter atau rumah sakit anak. Maka berikan minum air putih sebanyak mungkin agar tidak dehidrasi dan lebih mudah menetralisir alergi yang muncul. Dan ini merupakan salah satu pengobatan pertama pada anak yang mengalami alergi.

Menghindari barang-barang yang sulit dibersihkan,

Semua orang tentu menghendaki menyediakan karpet yang bersih di kamar anak sekaligus selimut yang tebak. Manfaatnya ialah untuk menjaga anak tetap dalam kondisi yang hangat sehingga tidak mudah demam atau jatuh sakit. Sayangnya keberadaan karpet, selimut tebal, dan bahan lain yang mudah menyimpan debu bisa membuat alergi anak semakin parah. Karena orang yang terkena alergi biasanya sangat sensitif terhadap debu. Ketika anak menunjukkan gejala alergi sebaiknya menyingkirkan beberapa barang tersebut hingga alergi membaik. Bila diperlukan sebaiknya tidak memakai barang tersebut kembali. 

Melihat kondisi pernafasan si kecil,

Alergi biasanya juga ditunjukkan oleh pernafasan anak yang mulai sesak, dan perlu diperhatikan dengan seksama. Ketika anak menghirup udara dan keluar bunyi yang tidak seperti biasanya maka ganti posisi tidur anak. Carilah posisi yang tepat hingga pernafasan anak sedikit membaik atau kembali normal sehingga tidak kehabisan nafas. Jika kondisi semakin parah segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan di instalasi gawat darurat. Penanganan dan cara mengatasi alergi pada anak dengan cepat memerlukan ketenangan orangtua.

Ketiga pengobatan kecil di atas bisa menjadi pertolongan pertama kepada sang anak yang terkena alergi. Sehingga setelah anak mulai mendingan segera sebaiknya di bawa kerumah sakit terdekat atau ke puskesmas dekat rumah untuk pertolongan lebih lanjut. Semoga artikel di atas dapat membantu para orang tua dalam menangani anak Anda yang sedang mengalami alergi.

Previous
Next Post »