-

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut ? Ini Dia Jawabannya

Advertisement
Kepercayaan diri seseorang tergantung dari beberapa faktor dan salah satunya adalah keadaan mulut. Walaupun Anda memiliki bentuk tubuh yang bagus namun jika memiliki masalah dalam mulut misalnya bau mulut, gigi berlubang, banyaknya plak, gigi kuning dapat membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Bau mulut atau disebut juga dengan halitosis tergantung dari penyebabnya, misalnya karena makanan yang dikonsumsi, keadaan gigi dan gusi serta lidah. Untuk mengingatkan kepercayaan diri, tidak jarang yang mencari dan menggunakan cara mengatasi bau mulut.

Banyak cara yang dapat Anda terapkan dan biasanya menggunakan bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Cara paling mudah adalah dengan membersihkan gigi dan selalu menjaga kebersihan mulut. Dengan menggosok gigi 2 kali sehari atau 30 menit setelah makan terutama makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, dapat mengangkat sisa makanan yang ada di sela gusi dan membersihkan lidah. Sehingga bakteri dan kuman tidak berkembang sisa makanan yang tertinggal di mulut.

cara mencegah dan menghilangkan bau mulut


Selain dengan rajin sikat gigi, cara mencegah dan mengatasi bau mulut adalah dengan mengunyah permen karet sehingga produksi air ludah meningkat dan efek self cleansing pada lidah dan permukaan gigi menjadi meningkat. Walaupun mengunyah permen karet dapat membuat produksi air liur meningkat namun terlalu sering mengkonsumsinya dapat membuat masalah pada rahang dan yang berkaitan dengan rahang bawah seperti bahu dan telinga.

Anda juga dapat menerapkan tips mengatasi bau mulut dengan ramuan yang menggunakan bahan alami. Ramuan tersebut yaitu:

  • Menggunakan daun beluntas yang telah dicuci dan kemudian dikukus. Konsumsi daun beluntas tersebut sebagai lalapan saat Anda makan.
  • Mengunyah daun siri yang telah dicuci bersih. Tahan selama beberapa menit dan kemudian ludahkan. Walaupun rasanya pahit namun sebaiknya lakukan cara ini 2-3 kali sehari.
  • Menggunakan rebusan dari 5-6 lembar daun sirih kedalam 2 gelas air. Gunakan air rebusan yang telah disaring untuk berkumur di pagi dan sore hari.


Walaupun Anda melakukan cara untuk mengatasi bau mulut, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang beralkohol dan rokok. Kandungan dalam tembakau dapat menjadi pemicu bau mulut. Jika Anda memang perokok, sebaiknya dikurangi merokok, mengunyah permen karet atau dengan sikat gigi. Anda juga dapat mengkonsumsi buah seperti apel, strawberry yang dapat mengatasi bau mulut serta membersihkan gigi. Jika Anda memiliki daun mint, Anda dapat gunakan untuk mengatasi masalah bau mulut. Aroma yang segar yang terdapat pada daun mint dapat membuat mulut Anda menjadi segar sehingga tidak tercium aroma yang kurang sedap dari mulut Anda. Anda cukup mengunyah beberapa helai daun mint yang telah dibersihkan.

Akan tetapi, walaupun telah melakukan cara mengatasi bau mulut mulai dari menggosok gigi, ternyata tidak semua sisa makanan, bakteri dan kuman ikut hilang karena masih ada sisa di sela gigi atau yang tidak terjangkau dengan sikat gigi yang dapat menyebabkan bau mulut. Berkumur dapat menjadi pilihan tepat. Namun, hanya berkumur tidak membuat mulut Anda bebas dari bau dalam waktu yang lama, sehingga Anda harus menggunakan mouthwash atau obat kumur yang mengandung esensial oil yang tidak hanya sebagai antiseptik namun juga dapat menyegarkan mulut. Listerine dengan minyak esensial seperti menthol, Thymol, Methyl salicylate, eucalyptol serta menggunakan zinc dan fluoride, akan melindungi mulut secara menyeluruh sehingga tidak hanya mencegah bau mulut, namun juga menghindarkan gigi dari plak! Jadi, gunakan Listerine setelah gosok gigi untuk perlindungan menyeluruh mulut!

listerine obat kumur


Previous
Next Post »