-

Tahapan Mendidik Tumbuh Kembang Anak Yang Tepat

Advertisement
Mendidik anak adalah sebuah hal yang tidak dapat dikatakan menjadi sebuah hal yang mudah, faktanya banyak rintangan dan juga tantangan yang akan kita temui sebagai seorang orang tua dalam mendidik anak-anak kita. Apalagi pada saat anak beranjak remaja yang menjadikan anak dalam usia tersebut memiliki rasa ingin mencoba dengan banyak perilaku yang terkadang tidak dapat kita bayangkan. Namun semua hal ini tidak lantas menjadikan kita berkecil hati dan membiarkan anak tumbuh dengan sendirinya. Hal ini menuntut kita untuk dapat bersabar dan terus mendampingi anak dan mendidiknya supaya mendapatkan tumbuh kembang yang baik. Dan berikut adalah tips mendidik anak yang baik bagi tumbuh kembang anak.

tumbuh kembang anak

Berikan Contoh Yang Baik Pada Sang Anak

Memberikan sebuah contoh merupakan sebuah hal yang lebih mudah dimengerti oleh anak dibandingkan dengan nasihat yang disampaikan melalui lisan. Sebagai sebuah contoh anda dapat memberikan contoh tentang cara makan yang baik bagi anak, sehingga hal ini memungkinkan anak untuk mengerti dan mengikuti perilaku apa yang anda contohkan. Usahakan untuk mencontohkan hal-hal yang baik di depan anak anda, karena anak dalam masa pertumbuhan biasanya mempunyai perilaku menirukan apa yang dilihatnya. Hal ini juga erat kaitannya dengan kepribadian anak yang akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

Bantu Anak Dalam Melakukan Pekerjaan Rumah

Kedekatan yang kita bangun merupakan sebuah hal yang dapat mendukung tumbuh kembang buah hati kita. Kedekatan yang dijalin dapat diaplikasikan dengan berbagai bentuk tindakan. Sebagai salah satu contoh, anda dapat membantu anak anda dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa anda peduli dan ada untuk anak anda. Sehingga hal ini dimaksudkan agar anak anda merasa senang dan bahagia, dan lebih jauhnya dapat mempengaruhi tumbuh kembang mereka ke arah yang lebih positif. Selain itu anda dapat membangun kebersamaan dengan menggunakan tea sariwangi, tea keluarga yang mampu meningkatkan kebersamaan diantara mereka. Dan itulah beberapa tips mendidik anak yang baik dalam membantu tumbuh kembang anak yang positif. Semoga dapat bermanfaat.

Jalinlah Kedekatan Dengan Anak

Tidak semua orang tua bisa memperhatikan tumbuh kembang anak setiap waktu bahkan untuk  berkumpul pun mereka sangat sulit karena sebagian orang tua ada yang bekerja di luar rumah yang hanya bertemu anaknya di waktu pagi dan malam saja, apalagi untuk orang-orang yang berada di kota-kota besar pulangnya terjebak macet sampai rumah anaknya sudah tidur, karena tuntutan hidup semakin tinggi biaya hidup pun semakin besar dan juga semakin meningkat, sehingga memaksa para orang tua sibuk bekerja sepanjang hari, sehingga peran orang tua untuk mengasuh pun berpindah tangan pada seorang baby sister atau pun kepada neneknya yang harus memperhatikan anaknya setiap waktu.

Peran Orang Tua Kunci Perkembangan Tumbuh Kembang Anak

Namun untuk menyiasati agar kita masih bisa menjalankan peran orang tua yang masih peduli dengan perkembangan anak kita, kita manfaatkan waktu untuk berbagi cerita dengan anak, atau juga kita bisa bercerita tentang kisah-kisah dari buku agar anak bisa menambah wawasan, menambah pembendaharaan kata dan melatih anak dalam menanggapi cerita, orang tua juga bisa mengajarkan anak berkomunikasi untuk menceritakan kembali tentang isi ceritanya seperti apa, perbuatan mana yang baik dan yang buruk dan sebaiknya cerita yang di berikan kepada anak yaitu tentang kisah-kisah nabi atau tentang sahabat-sahabat nabi agar anak bisa merekam perbuatan yang benar dan yang salah, perbuatan terpuji suri tauladan yang bisa di tanamkan secara tidak langsung melalui buku cerita, karena kisah-kisah nabi bukan dongeng atau hayalan tapi suatu kisah nyata yang pernah terjadi karena ketika anak di beri cerita imajinasinya sambil membayangkan apa yang sedang terjadi pada cerita tersebut sehingga orang tua pun harus berhati-hati  dalam memberikan cerita kepada anak.

Buatlah Keakraban Dengan Sang Anak

Tidak hanya lewat bercerita saja kita mengakrabkan atau juga usaha untuk menjalin kedekatan antara anak dengan orang tua tetapi sambil bercengkarama dengan di temani minuman teh sariwangi pun kita bisa menjalin kedekatan antara orang tua dan anak  karena seorang ibu yang biasanya paling banyak berperan dalam memperhatikan tumbuh kembang anak di mulai dari bayi sampai menginjak dewasa.

Related Artikel Anak :
3 Manfaat Mainan Anak Yang Sifatnya Edukatif

Previous
Next Post »