-

Simulasi untuk Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Advertisement
Biaya pendidikan anak jelas tidak bisa dibilang murah. Apalagi tren sekarang ini adalah uang sekolah yang terus naik di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, biaya pendidikan bisa naik sampai dengan 15% hingga 20% setiap tahun. Ini jelas bukan sesuatu yang bisa ditepis begitu saja. Jika Anda tak bersiap-siap bahkan sebelum anak lahir, bisa jadi, Anda akan kesulitan dalam membiayai pendidikan si buah hati.


Jika Anda ingin menyiapkan biaya pendidikan untuk anak, maka Anda harus bisa memperkirakan berapa kira-kira biaya yang bisa Anda sisihkan, dan berapa perkiraan biaya sekolah anak nantinya. Setidaknya, pikirkan hingga 18 tahun ke depan, sampai di saat anak Anda masuk ke perguruan tinggi. Ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Masukkan biaya inflasi ke dalam penghitungan Anda, sehingga biaya yang Anda simpan masih bisa mengejar kenaikan harga tersebut.
  • Lakukan survei di sekolah-sekolah di mana Anda berharap anak bisa masuk, dan hitung uang pangkal dan bulanannya.
  • Hitunglah semua itu dengan menggunakan rumus di bawah ini: Future Value (FV) = B (1 + inflasi)n FV = biaya masa depan B = biaya yang sekarang N = jangka waktu

Sekarang, mari simulasikan berapa biaya pendidikan yang akan diperlukan anak Anda. Contoh kasusnya, dalam waktu 18 tahun mendatang, anak Anda akan masuk kuliah. Universitas pilihan Anda tahun ini mempunyai uang pangkal Rp20.000.000,00, dengan inflasi biaya 20% (0,2), maka hitungannya adalah:

  • FV = B (1 + inflasi)n FV = Rp20.000.000,00 (1 + 0,2)18 FV = Rp20.000.000,00 x 26,6 = Rp532.000.000,00


Bukan angka yang kecil, bukan? Ini berarti dalam waktu 18 tahun, Anda setidaknya harus mengumpulkan dana Rp500 juta lebih untuk bisa memasukkan anak Anda ke universitas yang Anda inginkan. Tentu saja, ini belum lagi mencakup biaya pendidikan anak tambahan seperti fasilitas dan biaya per semesternya. Selain itu, Anda juga harus berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ternyata Anda tak bisa bekerja, atau terjadi kecelakaan.

estimasi biaya pendidikan anak
Previous
Next Post »