-

Waspadai Intaian Gejala Si Silent Killer Penyakit Meningitis!

Advertisement

Anda sering mengalami sakit kepala?

Sakit kepala biasanya menjadi gejala dari jenis-jenis penyakit yang sangat beragam. Bukan cuma diakibatkan karena kelelahan atau gejala stres, rupanya sakit kepala juga bisa menjadi salah satu indikator penyakit yang lebih serius.

Salah satu penyakit serius yang ditandai dengan gejala sakit kepala adalah meningitis. Dengan gejala penyakit yang agak samar, indikasi penyakit meningitis harus diwaspadai sejak dini supaya tindakan pencegahannya bisa segera dilakukan dengan tepat.

Apa itu Meningitis?

Jenis-jenis penyakit yang menyerang organ otak memang tergolong berbahaya, salah satunya adalah meningitis. Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian selaput dan cairan yang melapisi organ otak. Penyebab penyakit meningitis cukup beragam, mulai dari infeksi virus, bakteri hingga kontaminasi jamur.

Mengenal Gejala Meningitis

Gejala meningitis yang dirasakan oleh para penderitanya kerap kali diabaikan dan dianggap sebagai gejala penyakit yang sepele. Akibatnya, penyakit meningitis baru bisa didiagnosa saat sudah memasuki stadium lebih lanjut.

Akan jauh lebih baik jika Anda bisa mengenali gejala meningitis dengan seksama dan mengambil langkah medis yang cepat untuk mengatasi penyakit tersebut. Gejala-gejala meningitis yang dirasakan oleh penderita biasanya cukup beragam, mulai dari sakit kepala yang begitu menyiksa dan sulit disembuhkan, demam tinggi, leher terasa kaku, mual dan muntah, nafsu makan berkurang, lebih sensitif terhadap cahaya, kejang, dan sulit berkonsentrasi.

Pada kasus meningitis yang disebabkan oleh bakteri meningococcal meningitis, penyakit ini juga bisa menimbulkan ruam pada permukaan kulit.

waspadai penyebab gejala penyakit meningitis

Akibat Fatal yang Ditimbulkan Meningitis

Penyakit meningitis yang tidak diobati secara intensif akan meningkatkan risiko kerusakan otak bahkan menimbulkan kematian. Oleh sebab itu, perawatan secara intensif berupa pengawasan medis, waktu istirahat yang cukup dan pemberian antibiotik menjadi salah satu solusi untuk menyembuhkan penyakit membahayakan yang satu ini.

Penyakit yang bisa menyerang semua kalangan umur ini memang patut untuk selalu diwaspadai. Tak cuma menjaga kebersihan dan menjalani pola hidup yang sehat, cek up kesehatan  secara teratur juga bisa membantu menjauhkan Anda dari risiko penyakit meningitis. Bukankah Anda tak perlu menunggu hingga jatuh sakit untuk melakukan cek up kesehatan?

Mulai dari sekarang, lindungi diri Anda dan keluarga Anda dari meningitis dan penyakit berbahaya lainnya melalui prosedur cek up kesehatan secara berkala, ya!

sumber :
comomeningitis.org/facts-about-meningitis/
nfid.org/idinfo/meningitis/consumers-myths.html
mayoclinic.org/diseases-conditions/meningitis/basics/symptoms/con-20019713

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
August 22, 2015 at 12:07 AM ×

Salam mas Dwi Aditya..
Salam kenal dari saya.

Reply
avatar
October 27, 2016 at 10:48 PM ×

Hallo salam kenal juga mba noorma :)

Reply
avatar