-

Cara Alami Mengatasi Luka Bakar Dan Menghilangkan Bekasnya

Advertisement
Pada umumnya semua orang ingin memiliki penampilan kulit yang bersih dan indah. Namun tidak semua orang memiliki kulit mulus seperti itu. Beberapa sebab bisa terjadi terutama peristiwa di waktu kecil seperti kena cipratan minyak panas, kena knalpot atau juga bermain api yang menyebabkan bekas luka menempel hingga dewasa. Nah sebagai orang tua yang baik, kita harus bisa tentang cara mengatasi luka bakar pada anak kita, baik dalam penyembuhannya ataupun dalam menghilangkan bekas luka tersebut.

Mungkin anda telah mengetahui cara penyembuhan luka bakar dengan menggunakan berbagai bahan alami seperti madu, cuka ataupun lidah buaya. Namun anda juga mesti mengetahui cara mengatasi luka bakar tersebut dengan cara alami menghilangkan noda bekasnya yang biasanya berwarna hitam. Nah untuk menghilangkan noda bekas luka tersebut, banyak orang yang sampai berani melakukan operasi plastik dan laser untuk mendapatkan kulit yang mulus kembali. Mereka berani mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk masalah ini.

cara alami mengatasi menghilangkan luka bakar ringan


Luka bakar ringan bisa kita atasi sendiri dengan menggunakan rempah-rempah yang ada disekitar kita, namun jika lukanya besar dan serius, maka sebaiknya kita bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan yang lebih optimal. Bahan obat tradisional memang manjur dan sudah terbukti, namun dalam penyembuhannya membutuhkan proses yang cukup lama. Namun walaupun begitu, kita perlu mengetahui beberapa bahan dan cara mengatasi luka bakar seperti :

1.   Buah mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang memiliki banyak khasiat terutama bagi kesehatan kulit. Selain dapat menangkal radikal bebas, mentimun juga mampu meningkatkan kolagen pada kulit karena mengandung silika yang dapat mengencangkan kulit terutama kulit wajah. Maka tak heran jika mentimun sering dipake untuk bahan masker, perawatan wajah, melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, bahkan sampai menghilangkan bekas luka pada kulit. Jadi jika anda memiliki bekas luka bakar, maka sebaiknya anda mencoba membuat masker dari mentimun ini. Adapun caranya yaitu dengan menghaluskan mentimun hingga halus, kemudian lulurkan pada bekas luka tersebut. Lakukan hingga beberapa hari dan hasilnya akan anda rasakan.

2.   Madu

Cairan kental dan manis yang banyak disukai anak-anak ini memang rajanya obat herbal. Madu memiliki banyak khasiat terutama bagi luka bakar. Baik menyembuhkan atau pun menghilangkan bekas lukanya pun madu adalah ahlinya. Dengan cara mengoleskannya pada luka, maka luka bakar akan reda sakitnya dan sembuh. Jika dilakukan terus, maka noda bekas luka tersebut akan hilang karena tersamarkan.

3.    Buah pepaya muda

Buah pepaya yang masih muda ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar. Adapun caranya yaitu siapkan satu buah pepaya muda, kapur sirih dan juga minyak kelapa. Irislah pepaya muda tersebut sehingga mengeluarkan getah berwarna putih seperti susu, kemudian tampung getah tersebut pada piring kecil dan campurkan kapur sirih dan juga minyak kelapa. Setelah itu, oleskan campuran bahan tersebut pada kulit yang mengalami luka bakar sebanyak dua kali sehari. Lakukan sampai luka sembuh.

4.    Minyak lavender

Tumbuhan lavender mudah sekali ditemukan karena biasa hidup disemak-semak. Tumbuhan ini dipercaya dapat meredakan rasa sakit sekaligus mengobati luka bakar. Adapun caranya yaitu campurkan minyak lavender, lidah buaya dan juga minyak zaitun secukupnya. Oleskan pada kulit yang terluka hingga terasa reda sakitnya. Lakukan terus hingga rasa sakit hilang dan luka menjadi sembuh.

5.    Teh hijau

Selain sebagai minuman segar yang menenangkan, teh hijau juga memiliki khasiat untuk mengobati luka bakar. Adapun caranya yaitu dengan menyeduhnya dan mengopreskannya pada luka dengan kain bersih. Selain menyembuhkan luka bakar, teh hijau juga dapat mencegah peradangan pada kulit.

Sumber artikel : www.deherba.com

Previous
Next Post »