-

Rahasia Manajemen dan Mengelola Keuangan Keluarga Yang Baik

Advertisement
Si Adi kemarin minta uang untuk membayar les futsal di sekolahnya. Si Nanda kemarin minta uang lebih untuk traktir teman kampusnya. Si papa minggu kemarin merayu minta mengambil uang dari tabungan untuk membeli aksesoris mobil. Aduh, jika begini terus bisa bangkrut. Ada tidak ya cara mengelola keuangan keluarga yang mudah?

Anda dan banyak orang lainnya tentu saja geram jika melihat buah hati terus merengek minta dibelikan tablet baru seperti temannya. Anda juga terkadang kerap mencuri-curi sedikit uang tabungan untuk membayar arisan. Mau tahu cara mengelola keuangan keluarga yang efektif? Duduk manis dan baca artikel kami dengan seksama. 

tips cara mengelola dan mengatur keuangan keluarga


Menurut para financial planner bahwa orang tua kerap dipusingkan oleh urusan pengeluaran yang tak terduga ketimbang pengeluaran rutin mereka. Selalu ada saja hal yang di luar rencana keuangan keluarga tiba-tiba saja dialami. Jika anda merasa sama seperti itu, artinya anda harus patuhi langkah berikut.

  1. Ajarkan buah hati untuk menabung untuk membeli apa yang mereka mau. Ajarkan juga kepada mereka bahwa uang tidak pernah jatuh dari langit jadi semua orang harus bekerja dan menabung.
  2. Batasi acara makan bersama di luar rumah. Cukup lakukan sekali dalam sebulan saja. Sisanya tentuntu lebih hemat jika anda mengajak si kecil untuk memasak bersama di akhir pekan.
  3. Coba untuk mengurangi produk makanan kemasan yang belum tentu sehat dan juga boros serta hanya menimbun di dalam kulkas anda.
  4. Asuransi jiwa dan kesehatan ternyata juga bisa membawa dampak baik bagi keuangan keluarga karena anda tak tahu kapan musibah akan datang dan belum tentu anda dan pasangan memiliki uang cash saat salah satu anggota keluarga jatuh sakit dan membutuhkan dana segar.
  5. Buatlah pos pengeluaran rutin setiap bulan seperti tagihan, uang sekolah dan lainnya. Sisakan untuk dana darurat agar tidak mengganggu tabungan keluarga anda.
  6. Coba ajarkan semua anggota keluarga untuk lebih disiplin menabung. Tak salah rasanya jika anda menempelkan Post It atau catatan kecil di pintu kulkas bertuliskan "ayo jangan lupa menabung".
  7. Anda dan pasangan juga harus saling mengenal tentang pola pengeluaran masing-masing sehingga bisa diatasi sejak dini agar tidak mengganggu keuangan keluarga anda.

Tak sulit bukan cara manajemen dan mengelola keuangan keluarga jika anda dan keluarga mulai disiplin hari ini serta cermat dalam mengatur keuangan keluarga sedini mungkin. Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti semoga dapat menginspirasi dan Artikel kami dapat memberikan manfaat untuk Anda. 

Nah kadang Anda yang memiliki hobi Travelling atau koleksi mainan atau hobi lainnya susah untuk bisa hidup hemat. Nih saya sudah siapkan artikel yang semoga bisa menginspirasi Anda dalam Menghemat uang sekaligus menjalankan hobi ? Tentu bisa !

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
April 14, 2016 at 7:27 PM ×

wah sangat bermanfaat gan thanks infonya
Thanks

Congrats bro achmad misbachul you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar