-

Penuhi Nutrisi Tubuh Agar Tetap Sehat saat Berpuasa

Advertisement
Mengonsumsi makanan adalah cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Tubuh yang mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang cukup pasti membuat Anda jadi lebih bersemangat dan berkonsentrasi saat menjalani aktivitas sehari-hari. Bila tubuh selalu butuh nutrisi untuk melakukan proses metabolisme dan memproduksi energi, berarti Anda perlu mengonsumsi aneka makanan sehat termasuk ketika menjalani ibadah puasa. Anda pasti jadi tetap bersemangat dan bugar selama berpuasa jika Anda berhasil memenuhi asupan nutrisi berikut ini:


Penuhi kebutuhan Air Bagi Tubuh
Jumlah kebutuhan air bagi tubuh selama berpuasa sama dengan jumlah kebutuhan air pada hari lainnya, yaitu sekitar 2 liter per hari. Hal yang membedakan hanyalah waktu untuk meminum air. Kesempatan untuk mencukupi kebutuhan air bagi tubuh bisa dilakukan setelah berbuka puasa dan sebelum waktu imsak.

Jangan terlalu terburu-buru meminum air dalam jumlah berlebihan saat berbuka puasa. Berikanlah kesempatan bagi tubuh untuk beradaptasi dengan air dan zat makanan yang baru dicerna sehingga sistem pencernaan Anda tetap sehat selama berpuasa. Selingi waktu berbuka dengan konsumsi air atau hidangan lainnya yang mengandung banyak air seperti sup sayuran.


Siasati Konsumsi Sumber Karbohidrat
Karbohidrat penting bagi tubuh karena akan diolah menjadi energi dan cadangan energi. Beragam sumber karbohidrat yang bisa menjadi alternatif bahan makanan diantaranya adalah beras, beras merah, beras ketan, gandum, pasta, kentang, dan aneka umbi-umbian. Saat sahur sebaiknya Anda mengonsumsi bahan makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, supaya proses penguraian karbohidrat berlangsung lebih lama dan menimbulkan rasa kenyang yang lama. Konsumsi sumber karbohidrat tinggi serat seperti beras merah juga cocok dilakukan selama berpuasa.


Tubuh Juga Butuh Protein dan Lemak
Lemak akan diolah menjadi energi sementara protein akan membantu perkembangan otot dan proses regenerasi sel-sel tubuh. Memilih bahan makanan sehat tinggi protein seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, aneka daging dan seafood kian melengkapi nutrisi bagi tubuh Anda selama berpuasa. Mempertahankan sistem imunitas tubuh dan massa otot bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan protein secara seimbang.


Vitamin dan Mineral Pun Tak Ketinggalan
Asupan nutrisi lainnya yang tidak kalah penting adalah asupan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral membuat proses metabolisme tubuh berlangsung dengan lancar. Makanan sehat berupa aneka jenis sayur dan buah-buahan membantu tubuh Anda tetap fit, kesehatan kulit terjaga, konsentrasi jadi lebih fokus, dan daya tahan tubuh tetap kuat saat berpuasa. Dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, aktivitas berpuasa bukan lagi halangan bagi Anda untuk tetap bersemangat dan kreatif. Mari, mengajak keluarga di rumah untuk menyantap makanan sehat  setiap hari!

makanan sehat saat berpuasa
Previous
Next Post »