-

3 Manfaat Mainan Anak yang Sifatnya Edukatif

Advertisement
Mencegah anak rewel di rumah, maka kebanyakan orangtua akan membanjiri rumah dengan mainan anak yang bisa membuat anak terhibur. Mainan menjadi salah satu media bagi anak untuk menikmati jam jaganya di luar jam tidur sebab anak mudah sekali merasa bosan. Meskipun keberadaan mainan ini sangat bermanfaat baik bagi anak maupun ibu dan ayah di rumah. Namun akan jauh lebih baik jika menyediakan mainan yang juga memberikan kesempatan anak belajar.

mainan anak edukatif


Sekarang ada banyak sekali jenis mainan yang memiliki sifat edukatif, sehingga mengajari anak untuk belajar di saat bermain. Adapun manfaat penting dari mainan untuk anak jenis ini cukup banyak, antara lain:

  1. Membuat anak lebih fokus dan berkonsentrasi dengan apa yang ada di hadapan nya, sehingga mengasah kemampuan anak untuk berpikir cerdas.
  2. Mengajari anak untuk memahami konsep dari sebab dan akibat, jika melakukan sesuatu pasti ada sesuatu yang lain yang akan timbul sehingga lebih peka.
  3. Ada mainan yang melatih anak berbahasa dengan baik.


Besarnya manfaat dari sebuah mainan yang memiliki tujuan awal untuk menyenangkan anak tentunya layak untuk dipertimbangkan. Mainan yang membantu anak menjadi pribadi yang cerdas adalah sebuah hal yang sangat dibutuhkan orangtua zaman sekarang. Ada mainan edukatif yang dijual dengan harga mahal namun ada pula yang sangat terjangkau. Anda bisa memilih mainan anak edukatif sesuai dengan kebutuhan seperti Puzzle.

Puzzle Sarana Mainan Anak Edukatif

puzzle mainan anak edukatif

Ketika menyediakan mainan anak yang juga menjadi sarana belajarnya, maka sangat dianjurkan ketika bermain Anda pun ikut serta. Bermain bersama anak tentunya menjadi pilihan yang tepat sebab selain membantu anak bermain dengan benar. Kedekatan fisik dan emosional dengan anak pun semakin mudah terbentuk sehingga anak menjadi lebih dekat dengan orangtua. Apalagi jika menyediakan mainan yang mendidik seperti permainan puzzle.

Ketika Anda juga ikut berada di samping si kecil saat memainkan puzzle ini, maka ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat dari jenis mainan untuk anak tersebut antara lain:

  1. Melatih kemampuan anak untuk menganalisa sesuatu agar bisa tepat dan membentuk sebuah tujuan yang jelas.
  2. Keterampilan motorik anak menjadi semakin terasah dengan baik, sebab bermain puzzle membuat anak mudah mengatur gerakan tangan dan matanya.
  3. Membantu menyeimbangkan antara gerakan tangan dengan mata, sebab belajar melihat potongan gambar dan meletakkan potongan tersebut di tempat yang tepat.

Kali pertama memperkenalkan anak dengan mainan puzzle maka reaksi pertama anak umumnya adalah bingung mengetahui cara memainkannya. Maka disinilah peran orangtua untuk ikut ambil bagian dalam mengajak anak belajar memainkan puzzle dengan benar. Namun, usahakan Anda memang memiliki waktu luang untuk bermain bersama anak sehingga menikmati moment tersebut. Mengajak anak bermain menggunakan mainan anak berupa puzzle ini akan membuat anak semakin cerdas.

Sekian dari artikel yang bisa saya sampaikan semoga dapat bermanfaat dan menjadikan referensi bagi mainan untuk buah hati Anda. Baca juga Kumpulan Mainan Action Figure Miniatur Gundam. see u again :)

Previous
Next Post »