-

Menghemat Uang Sekaligus Menjalankan Hobi? Tentu Bisa!

Advertisement
Menyenangkan sekali kalau bisa menjalankan hobi secara teratur bersama teman-teman dengan hobi yang sama. Menjalankan hobi memang bisa membuat Anda menjadi rileks sekaligus menjadi lebih kreatif. Tidak ada yang salah dengan hobi Anda selama hobi tersebut tidak membuat pengeluaran Anda jadi makin boros.

Sebenarnya Anda bisa menghemat uang sambil tetap menjalankan hobi secara teratur. Tips berhemat ini akan menjadi kiat ampuh bagi Anda untuk menghemat pengeluaran dan menyisihkannya untuk hobi secara cermat.



Jangan Lupa untuk Menyisihkan Kebutuhan Utama

Setelah memperoleh pendapatan, alangkah baiknya bila Anda menyisihkan pendapatan tersebut untuk kebutuhan utama. Beragam kebutuhan utama seperti barang-barang kebutuhan sehari-hari, tagihan listrik dan air, biaya transportasi, tagihan asuransi serta tabungan tentu harus menjadi prioritas. Selanjutnya, jika Anda masih memiliki pendapatan yang berlebih maka kelebihan pendapatan tersebut bisa digunakan untuk menikmati hobi. Lihat tips rahasia cara belanja hemat


Cermat Memilih Hobi yang Tepat

Pada umumnya hobi seseorang berkaitan erat dengan bakat atau minat dari orang tersebut. Tentu tidak ada salahnya kalau Anda memilih hobi yang nantinya bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan bagi Anda. Hobi mengoleksi diecast mobil mungkin tampak kekanak-kanakan. Tapi, ternyata hobi ini cukup menjanjikan bila koleksi deicast langka diburu orang lain dengan harga selangit. Begitu juga dengan hobi fotografi, hobi desain, memasak, membuat kue atau hobi bermain bermain bulutangkis. Suatu saat investasi yang Anda keluarkan untuk mendalami hobi bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan di masa depan.


Tak Perlu Malu untuk Meminjam

Ketika Anda memiliki hobi yang tergolong mahal, tidak perlu merasa gengsi atau malu untuk meminjam peralatan hobi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Misalnya saja ada kamera keluaran terbaru dengan teknologi yang sangat canggih dan promosi besar-besaran.

Anda tidak perlu langsung kalap untuk membelinya, karena Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan meminjam dari teman-teman komunitas Anda. Jika kamera tersebut ternyata memang canggih dan sesuai dengan kebutuhan Anda, barulah Anda bisa mulai menabung untuk memiliki kamera pribadi.


Catatlah Pengeluaran untuk Hobi

Kesenangan yang tidak bisa dibeli dengan apapun tentu sering membuat Anda enggan untuk mencatat pengeluaran yang sudah dihabiskan untuk hobi Anda. Tips cara berhemat yang terakhir ini akan menyarankan Anda untuk mencatat setiap pengeluaran yang digunakan untuk mendukung hobi Anda.

Dengan demikian, Anda jadi bisa memperkirakan apakah pengeluaran tersebut sebanding dengan kepuasan dan manfaat yang sudah Anda terima selama ini. Jangan sia-siakan pendapatan Anda hanya untuk hobi mahal yang tidak membuat kreativitas Anda berkembang.

Menjalankan hobi yang menyenangkan akan semakin membuat Anda senang bila Anda mahir menyisihkan pendapatan. Jalankan tips berhemat ini, dan jangan sampai hobi Anda mengganggu prioritas kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Lihat disini untuk tahu tentang tips keuangan lainnya.

Previous
Next Post »